People Innovation Excellence
 
Feature Image

Adventure Capitalist: Game Stratetgi Untuk Jadi Jutawan

Menjadi seorang jutawan tentunya diinginkan oleh semua orang. Sebagai manusia pasti salah satu tujuan utama dalam kehidupanya adalah mencari uang agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ketika kita mendapatkan sejumlah uang pasti kita akan merasakan sensasi kesenangan yang luar biasa.

Apa jadinya bila kita sebagai manusia bisa menjadi jutawan dalam waktu yang cepat? Hal ini sangat mungkin dilakukan dalam game “adventure capitalist”. Game ini memungkinkan para player menjadi jutawan, atau mungkin lebih tinggi lagi. Dalam game ini, untuk menjadi jutawan kita akan berperan menjadi bisnisman atau pengusaha di segala bidang. Tentunya kita diminta untuk mengatur bisnis kalian semaksimal mungkin untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Cara mengembangkan setiap usaha kalian pun sangat mudah. Kita hanya perlu untuk memperbanyak outlet atau cabang pada setiap bisnis yang di jalani. Semakin banyak cabang di setiap usaha yang di jalani, akan semakin banyak juga keuntunganya.

Diawal permainan kita akan memulai usaha dalam berdagang limun. Dalam game ini kita tidak dapat mengatur bagaimana kualitas limunya, namun difokuskan untuk memperbanyak cabang dari toko limun itu sendiri. Caranya adalah membeli cabang dengan tap pada gambar limun untuk memperbanyaknya, tentunya hal ini hanya dapat di lakukan saat uang kita cukup.

Bila lelah untuk terus tap pada toko tertentu, kita bisa merekrut manajer. Manajer ini bisa mengatur usaha kita secara otomatis. Artinya kita tidak perlu tap secara terus menerus untuk mendapatkan uang.

Ada dua hal dalam keuntungan memperbanyak cabang pada suatu usaha yang dijalani. Pertama, seperti yang sudah di katakan tadi, kita dapat memperbanyak keuntungan apa bila cabang kita semakin banyak. Kedua kita juga bisa mempercepat pendapatan atau uang pada setiap usaha yang dijalani. Setiap usaha yang dijalani membutuhkan waktu agar bisa mendapatkan keuntungan, apa bila cabang kita telah banyak, kita bisa mempersingkat waktu agar kita tidak perlu menunggu lama.

Jika sudah memainkan game ini cukup lama, maka kita bisa menukarkan semua pendapatan kepada investor. Apa yang dimaksud investor? Investor dalam game ini, satuanya bisa diukur dalam angle. Artinya semakin banyak angle, semakin banyak investor kita. Semakin kita mendapatkan keuntungan dengan jumlah banyak, investor yang berupa angle pun akan semakin banyak. Kita dapat menariknya dengan cara klik pada kolom investor. Namun saat kita telah menarik para investor, kita harus mengulang permainan dari awal. Itu artinya kita harus berjualan limun lagi dari awal permainan. Tapi jangan salah, semakin banyak angle yang kita miliki, semakin meningkat juga keuntungan yang kalian dapat. Tentunya hal ini sangat berguna.

Setelah kita memiliki uang sebanyak 1 milyar, kita dapat mengembangkan usaha tidak hanya di bumi, namun juga ke mars ataupun bulan. Setiap planet yang kita singgahi memiliki bentuk usaha yang bebeda – beda, namun intinya sama saja dengan yang ada di bumi.

Game ini memiliki 1 hal yang menjadi kelemahan sekaligus kelebihan, yaitu sebagai pemain tidak dapat mengatur kualitas atau mengatur usaha kita. Ini tentunya menjadi senjata atau malah menjadi kelemahan. Desain game ini dapat disukai oleh orang yang tidak mau susah untuk mengatur usaha, namun juga beriringan dengan tidak disukai oleh orang suka dengan gameplay yang kompleks.

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Muhammad Efath

Published at :
Written By
Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
Subject Content Coordinator - Game Art & Design | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close