History of Gamebryo
Gamebryo awalnya diciptakan oleh Numerical Design Limited (NDL) sebagai mesin Gamebryo pada tahun 1991. NDL digabungkan menjadi Emergent Game Technologies (EGT) pada tahun 2004. Gamebryo kemudian berkembang menjadi Gamebryo LightSpeed. Gamebryo dan LightSpeed telah diperbarui dan dipasarkan. Selama tahun 2009 staf pengembangan Gamebryo dirampingkan, dan pada bulan Juli 2010 kantor teknik di Chapel Hill, North Carolina ditutup. Pada tanggal 11 November 2010, aset Emerent Game Technologies, Inc., ditawarkan untuk akuisisi, termasuk Kekayaan Intelektual (IP), secara keseluruhan atau sebagian.
Pada bulan Desember 2010, Gamebase Co., Ltd. yang berbasis di Korea, mitra lama Emergent, menyelesaikan akuisisi aset dan teknologi emergent, dan membentuk perusahaan A.S. yang baru saja dikapitalisasi, Gamebase USA. Gamebase USA berbasis di wilayah Research Triangle Park di North Carolina dan difokuskan pada pengembangan mesin permainan Gamebryo secara terus-menerus. Versi terbaru, Gamebryo 4.0, diperkenalkan pada bulan Maret 2012.
Sistem Gamebryo adalah seperangkat library C++ modular. Pengembang game dapat menggabungkan dan memperluas perpustakaan untuk memodifikasi mesin untuk permainan tertentu. Desain Gamebryo menekankan pendekatan prototyping yang cepat yang ditujukan pada proses pengembangan berulang.
Mesin Gamebryo saat ini mendukung beberapa platform penyebaran termasuk Microsoft Windows (DirectX 6, 7, 8, 9, 10 dan 11), Linux / Mac OS X (OpenGL), Nintendo GameCube, Wii / WiiWare, PlayStation, PlayStation 2, PlayStation Portable, PlayStation 3, PlayStation 4 / PSN, Xbox, Xbox 360 / XBLA, dan Xbox One.
Gamebryo 4.0 adalah versi terbaru dari mesin, yang dirancang untuk menggabungkan sistem Gamebryo asli dengan spin-off LightSpeed-nya.
Sumber:
Penulis:
- Yogi Udjaja
- Terrence Sukri