People Innovation Excellence
 
Feature Image

Mahabharat Warior: Game dengan Elemen Budaya Indonesia

Indonesia adalah negara yang masih sangat kental akan adat istiadatnya. Banyak budaya yang masih dilestarikan di negara ini. tidak sedikit dari warga indonesia yang memiliki darah suatu suku, namun mengenal adat istiadat dan budaya suku lain. Bagi segelintir orang adat istiadat dan budaya ini harus lah dilestarikan ke anak cucu mereka nanti.

Salah satu budaya indonesia yang terkenal adalah wayang. Dalam wayang, terdapat salah satu karakter yang berjudul “Mahabharata”. Cerita ini adalah salah satu kisah yang terkenal selain, “Arjuna Dan Shinta”. Kisah itu sendiri mengisahkan suatu keluarga pandawa, yang memiliki 5 orang anak dari 1 orang ayah dan 2 ibu (versi lain mengatakan 1 ibu). Para anak ini harus berselisih dengan sepupu mereka yaitu keluarga Kurawa. Hal ini dikarenakan perebutan kekuasan dari kerajaan Hastinapura. Keluarga Kurawa digambarkan sebagai tokoh antagonis dalam cerita ini. mereka pun berperang untuk menempati posisi sebagai prabu dalam kerajaan Hastinapura.

Dalam era yang modern ini, salah satu developer indonesia mengambil latar belakang cerita tersebut sebagai dasar dari game “Mahabharat Warriors”. Game ini memiliki cerita yang sama, yaitu peperangan antara keluarga pandawa dan kurawa.

Gameplay dari game ini sangat sederhana. Game ini menggunakan sistem tower deffense, dimana player sebagai keluarga pandawa harus mempertahakan tower mereka sambil menghancurkan tower lawan, yaitu keluarga kurawa. Di sini player bisa memilih berbagai hero dimana karakter dari hero tersebut diambil dari keluarga pandawa. Karakter ini memiliki skill yang berbeda beda, sehingga player dapat menyesuaikan dengan skill yang paling mereka sukai. Selain hero player juga dapat memainkan prajurit – prajurit kecil yang memiliki skill rendah namun dapat dikeluarkan dengan jumlah yang cukup banyak.

Sebagai game single player, musuh dari player juga memiliki hal serupa. Musuh memiliki 1 hero yang diambil dari tokoh keluarga kurawa, dan memiliki berbagai prajurit kecil. Cukup mudah untuk mengerti bagaimana jalanya sistem permainan ini.

Untuk dapat mengelurakan hero ataupun prajurit kecil, kita harus membayar sejumlah uang dalam game, yang dimana uang itu akan terkumpul seiring dengan berjalanya waktu. Di sini player dituntut untuk memilih, antara ingin cepat cepat mengeluarkan hero yang kuat atau ingin mengeluarkan banyak prajurit kecil terlebih dahulu, atau ingin mempercepat penghasilan uang mereka. Tentunya setiap level memiliki kondisi yang berbeda, sehingga player pun harus dapat menyesuaikanya.

Setiap hero pun dapat mengeluarkan skill mereka masing masing. Tentunya setelah mereka mengeluarkan skill tersebut, mereka harus menunggu agar dapat mengeluarkan skill itu lagi. Walaupun tidak lama tapi hal ini membuat player harus mengatur kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan skill hero tersebut.

Game ini tidak memiliki batasan waktu dalam menyelesaikan setiap stagenya. Disisi lain juga memiliki konsep dan gameplay yang sangat seru dengan nuansa lokal. Dengan adanya hal ini warisan budaya yang telah lama ada tidak tergerus olej zaman dan dapat dilestarikan.

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Muhammad Efath

Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close