Topik Skripsi
Semester Genap 2020/2021

Topik Nama Dosen Sub- Topik / Judul Topik Deskripsi Topik
TI – Multimedia and Game Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I. (hadypranoto@binus.ac.id) Augmented reality/Virtual Reality for moseum visit Sebuah Aplikasi Augmented Reality untuk memperkenalkan benda-benda sejarah dalam musium, ketika melihat benda tersebut applikasi akan menampilkan keterangan atau cerita benda tersebut, , syarat harus menguasai game engine unity
TI – Multimedia and Game Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I. (hadypranoto@binus.ac.id) Board game to introduce indonesian culture Sebuah Game bertipe board game, untuk memperkenalkan budaya indonesia, syarat harus menguasai game engine unity
TI – Multimedia and Game Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I. (hadypranoto@binus.ac.id) 3D game to introduce tourism in indonesia Sebuah Game 3D untuk memperkenalkan tempat-tempat wisata di indonesia, , syarat harus menguasai game engine unity
TI – Multimedia and Game Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I. (hadypranoto@binus.ac.id) 3D hidden quest game to introduce indonesian culture Sebuah game 3d bertipe pencarian petunjuk teka-teki sambil memperkenalkan budaya indonesia, , syarat harus menguasai game engine unity
IT – Artificial Intelligence Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I. (hadypranoto@binus.ac.id) Pengenalan ekspresi pengemudi menggunakan deep learning Pengenalan ekspresi penggemudi apakah dalam kondisi mengantuk, terjaga, mabuk, syarat menguasai python dan memiliki notebook yang setidaknya ada GPU nya
IT – Artificial Intelligence/IOT I Gede Putra Kusuma Negara, B.Eng., PhD (i.negara@binus.ac.id WA: 082122770499) Indoor Positioning System for Indoor Navigation Application Indoor Positioning System for Indoor Navigation Application, dukungan berupa alat-alat IOT sudah akan disediakan pembimbing, syarat mahasiswa menguasai bahasa pemrograman java/C/C++
IT – Artificial Intelligence/IOT I Gede Putra Kusuma Negara, B.Eng., PhD (i.negara@binus.ac.id WA: 082122770499) Object Recognition Using Deep Learning Pengenalan object menggunakan Deep Learning, dukungan server deep learning graphical processing unit (GPU) sudah disediakan pembimbing, syarat : menguasai bahasa python
IT – Artificial Intelligence/IOT I Gede Putra Kusuma Negara, B.Eng., PhD (i.negara@binus.ac.id WA: 082122770499) Fine-Grained Object Recognition Pendeteksian dan pengenalan object yang bersifat kecil, dukungan server deep learning graphical processing unit (GPU) sudah disediakan pembimbing, syarat : menguasai bahasa python
IT – Artificial Intelligence/IOT I Gede Putra Kusuma Negara, B.Eng., PhD (i.negara@binus.ac.id WA: 082122770499) Low Resolution Face Recognition Pendeteksian dan pengenalan wajah, pada gambar, tangkapan cctv/kamera yang beresolusi rendah/atau object yang ditangkap jarak jauh, , dukungan server deep learning graphical processing unit (GPU) sudah disediakan pembimbing, syarat : menguasai bahasa python
TI – Artificial Intelligence Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI (tjeng.cenggoro@binus.ac.id; wawan.cenggor@binus.ac.id) Analisa performa model deep learning dalam kasus transfer learning Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan akurasi transfer learning dari model-model deep learning dengan menganalisa perilaku layer-layer di dalam model secara teoritis.
TI – Artificial Intelligence Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI (tjeng.cenggoro@binus.ac.id; wawan.cenggoro@binus.ac.id) Analisa informasi yang terkandung di dalam vektor yang dibentuk oleh model deep learning untuk representation learning Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami informasi yang dikandung oleh vektor yang dibentuk oleh model deep learning yang dilatih dengan metode representation learning. Analisa dilakukan secara matematis atau dengan melihat pola vektor dalam ruang euclidean menggunakan berbagai teknik visualisasi.
TI – Artificial Intelligence Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI (tjeng.cenggoro@binus.ac.id; wawan.cenggoro@binus.ac.id) Deep learning untuk data geospasial Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun berbagai model deep learning menggunakan data geospasial.
TI – Artificial Intelligence Dr. Ir. Yaya Heryadi, M.Sc. (YayaHeryadi@binus.edu) Semantic segmentation atau instance segmentation menggunakan model deep learning dan data inputnya data penginderaan jauh Semantic Segmentation atau instance segmentation menggunakan model deep learning dan data inputnya data penginderaan jauh, Mahasiswa diharapkan mampu menggunakan google collaboration, atau jika mendesak dipersilahkan menggunakan pc desktop dengan GPU yang disediakan pembimbing menggunakan jaringan di Binus, menguasai python
TI – Artificial Intelligence Dr. Ir. Yaya Heryadi, M.Sc. (YayaHeryadi@binus.edu) Analisis Sentimen dari Media Sosial dengan data teks bersifat code-mixed bahasa Indonesia dan bahasa Daerah ( Silahkan pilih bahasa Daerah mana) Analisis sentimen dari medsos dgn data teks bersifat code-mixed bahasa Indonesia dan bahasa Daerah ( Silahkan pilih bahasa Daerah mana), Mahasiswa diharapkan mampu menggunakan google collaboration, atau jika mendesak dipersilahkan menggunakan pc desktop dengan GPU yang disediakan pembimbing menggunakan jaringan di Binus, menguasai python
TI – Artificial Intelligence Dr. Ir. Yaya Heryadi, M.Sc. (YayaHeryadi@binus.edu) Simulator Pembelajaran AI dengan tampilan grafik Salah satu contohnya adalah Simulator komputasi n-queens (n=4, 6, 8, 10) dengan tampilan grafik, Mahasiswa diharapkan mempersiapkan komputer yang dapat diinstall bahasa pemrogramman tersebut, menguasai openGL atau WebGL, atau sejenisnya
IT – Multimedia and Game Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom. (fpurnomo@binus.edu) Aplikasi VR untuk meeting virtual 360 degree with avatar Membangun sebuah aplikasi Augmented Reality pada perangkat mobile berbasiskan android atau IOS, Mahasiswa diharapkan memiliki smartphone dengan sensor gyro karena sarat ini mutlak untuk membuat aplikasi AR/VR, dan komputer yang sanggup menjalankan game engine tersebut (UNITY atau UNREAL), memahami game engine unity
IT – Multimedia and Game Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom. (fpurnomo@binus.edu) Game untuk pembelajaran sejarah dan budaya Indonesia Membangun sebuah game pembelajaran dan sejarah budaya indonesia, Mahasiswa diharapkan memiliki smartphone dengan sensor gyro karena sarat ini mutlak untuk membuat aplikasi AR/VR, dan komputer yang sanggup menjalankan game engine tersebut (UNITY atau UNREAL), memahami game engine unity
IT – Multimedia and Game Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom. (fpurnomo@binus.edu) Game simulasi untuk visualisasi Smart City Game simulasi untuk visualisasi Smart City, Mahasiswa diharapkan memiliki smartphone dengan sensor gyro karena sarat ini mutlak untuk membuat aplikasi AR/VR, dan komputer yang sanggup menjalankan game engine tersebut (UNITY atau UNREAL), memahami game engine unity
IT-E-App Spits Warnars Harco Leslie Hendric, S.Kom, M.T.I., Ph.D (shendric@binus.edu) Sistem Monitoring Perkuliahan Mahasiswa S3 pada Doctor of Computer Science, Universitas Bina Nusantara sistem atau dashboard untuk monitoring perkuliahan untuk Doctor of Computer Science, yang nantinya semua kegiatan mahasiswa direkam system dan nanti memudahkan dosen, head prodi utk memantau perkembangan kegiatan penelitian mahasiswa S3
IT – Multimedia and Game Prof. Dr. Ir. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom., IPM. (widodob@binus.ac.id) Pengembangan Aplikasi menggunakan teknologi Virtual Reality Membangun sebuah aplikasi dibidang game/gamification/e-application yang menggunakan teknologi Virtual Reality, Dosen akan membantu mahasiswa untuk mengimplementasikan aplikasinya pada perangkat VR dikampus, jika dimungkinkan mahasiswa dapat menyediakan perangkat VR sederhana seperti smartphone yang memiliki sensor gyro, dan memiliki google, joystik dll. (jika tidak memilikinya dapat contact ke calon dosen pembimbing, Mahasiswa mengatahui konsep-konsep dibidang Virtual Reality, Mempunyai pengetahuan dibidang game engine Unity atau Unreal
IT – Artificial Intelligence Dr. Abdul Haris Rangkuti S.Kom, MM, Msi (rangku2000@binus.ac.id) Pengembangan Aplikasi penilaian kinerja pegawai dengan menggunakan model Fuzzy Database Membangun aplikasi penilaian kinerja pegawai dengan menerapkan fitur AI berupa metode fuzzy logic didalamnya
IT-E-App Dr. Abdul Haris Rangkuti S.Kom, MM, Msi (rangku2000@binus.ac.id) Pengembangan Knowlodge Management Information System dalam Mendukung Materi Kuliah untuk Mengingkatkan Kelulusan Mahasiswa Membangun sebuah knowledge management information system yang dapat digunakan badan pendidikan/Universitas untuk meningkatkan kelulusan mahasiswa, diharapkan yayasan pendidikan yang tahu bagaimana kondisi mahasiswanya dapat segera mengambil langkah kongkrit untuk meningkatkan kemampuan mahasiswanya dan pada akhirnya meningkatkan kelulusannya.
TI – E-Application Dr Maria Susan Anggreainy, S.Kom,M.Kom (maria.anggreainy@binus.edu) Dashboard Monitoring Pendeteksi Kebakaran Hutan berbasis web dan whatsapp dengan Logika Fuzzy mendeteksi adanya kebakaran hutan dengan indikasi bahwa benar terjadinya kebakaran hutan. Indikator yang dapat dideteksi asap, api dan suhu.Indikator ini akan memberikan notifikasi bahaya ke whatsapp dan menampilkan dashboard monitoring di website.
TI – E-Application Dr Maria Susan Anggreainy, S.Kom,M.Kom (maria.anggreainy@binus.edu) Monitoring keadaan air danau dengan Logika Fuzzy Berbasis Arduino terintegrasi Web Monitoring keadaan air danau berbasis web ini terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras dari alat monitoring keadaan air danau berbasis web di antaranya mikrokontroler arduino. Dashboard monitoring yaitu mendeteksi keasaman serta kekeruhan air
TI – Networking Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T. (b.kanigoro@binus.ac.id) Aplikasi Jaringan dan IoT Fokus pada topik ini adalah mengembangkan aplikasi client server,  Embedded System, dan IoT dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Usulan harus untuk menunjang Program Riset Nasional. Ide dan Kreatifitas sangat diinginkan bagi yang mengambil topik ini.
TI – Networking Dr. Zulfany Erlisa Rasjid, B.Sc., MMSI. (zulfany@binus.ac.id) Network Security Fokus pada topik ini adalah mengembangkan dan menerapkan protokol keamanan pada aplikasi untuk komunikasi data yang aman. Usulan harus menunjang Program Riset Nasional. Ide dan Kreatifitas sangat diinginkan bagi yang mengambil topik ini.
TI – Data Mining Kristien Margi Suryaningrum., S.Kom., M.Cs Text Mining untuk mengklasifikasikan artikel berbahasa Inggris Sebuah aplikasi yang dapat mengklasifikasikan atau mengkategorikan sebuah artikel berbahasa inggris supaya dapat dikelompokkan otomatis dalam sebuah penyimapanan (database)
TI – Data Mining Kristien Margi Suryaningrum., S.Kom., M.Cs Aplikasi Plagiarisme pada artikel berbahasa inggris berdasarkan abstract Sebuah aplikasi yang dapat mengecek apakah antara artikel yang satu dengan artikel yang lain dalam Bahasa Inggris memiliki kemiripan yang sama
TI – Data Mining Kristien Margi Suryaningrum., S.Kom., M.Cs Perbandingan metode Algoritma pengklasifikasian antar dokumen Sebuah aplikasi yang dapat membandingkan 2 atau lebih algoritma pada pengklasifikasian dokumen atau artikel sehingga didapat mana yang paling optimal
TI – Artificial Intelligence Dr. Derwin Suhartono, S.Kom., M.T.I. Komputasi Pengenalan Kepribadian Menggunakan Analisa Mendalam pada Teks dan Tulisan Tangan Memanfaatkan social media dengan jumlah datanya yang besar (khususnya teks dan gambar) untuk mendeteksi kepribadian seseorang
TI – Artificial Intelligence Dr. Derwin Suhartono, S.Kom., M.T.I. Pengecekan Validitas pada Naskah Paper Internasional melalui Analisa Kalimat Abstrak dilatarbelakangi banyaknya naskah ilmiah yang diragukan kualitasnya, maka akan dibangun sebuah sistem yang bisa melakukan pengecekan apakah sebuah paper internasional itu valid atah tidak
TI – Artificial Intelligence Dr. Derwin Suhartono, S.Kom., M.T.I. Aplikasi Validasi Hoaks dari Berita pada Portal Online melihat dari banyaknya hoaks ketika suatu topik atau kejadian sedang trending, maka dinilai bahwa butuh untuk membuat solusi atas permasalahan tersebut
TI – Artificial Intelligence Dr. Afan Galih Salman, S.T., M.T Weather & Anomaly Forecasting using Deep Learning Penggunaan Deep learning untuk prediksi cuaca ataupun prediksi anomali cuaca
TI – Artificial Intelligence Dr. Ir. Diaz D. Santika, M.Sc Forecasting stock market crashes using LSTM Recurrent Neural Networks LSTM Recurrent Neural Nets for certain applications offer excellent time series and non linear predictions capabilities. This type of RNN, in consequence, is widely used in various time series analysis tasks such as stock market forecasting, currency forex, and sales forecasting, etc
TI – Artificial Intelligence Dr. Ir. Diaz D. Santika, M.Sc Medical image classification using lite convolutional neural networks Medical images such as mammograms have been one of the challenges of many researches in the field. Moreover, finding the best classifier capable of giving state of the arts accuracy in classifying mammographic images is also a difficult and challenge problems.
TI – Artificial Intelligence Andry Chowanda, S.Kom., M.M., Ph.D., MBCS Recommender Systems The project aims to build a recommender system for favourite items in for examples: shops, music lists, learning material, houses, insurance plans, etc.Access to a high spec computer with NVIDIA TITAN V for machine (or deep) learning is provided to the students.
TI – Artificial Intelligence Andry Chowanda, S.Kom., M.M., Ph.D., MBCS Machine (Deep) Learning in Games The project aims to train an agent in games with machine learning. The agent (e.g. player, enemy, or obstacles) can learn how to perform well in the game. Unity, UnityML Kit, and Tensorflow are recommended to be used in this project.
Access to a high spec computer with NVIDIA TITAN V for machine (or deep) learning is provided to the students.
TI – Artificial Intelligence Andry Chowanda, S.Kom., M.M., Ph.D., MBCS Natural Language Processing in Bahasa Indonesia The topics can be varied from collecting datasets that are related to NLP (e.g. conversation, chat, tweets, post, etc.) in Bahasa Indonesia, annotate and process them. Topic in NLP can be very broad, it can be sentiment analysis, conversational, classification e.g. hate speech and hoax, summarisation, etc.
Access to a high spec computer with NVIDIA TITAN V for machine (or deep) learning is provided to the students.
TI – Artificial Intelligence Dr. Reina, S.Kom., M.M. Normalisasi kata dalam Bahasa Indonesia Algoritma untuk normalisasi kata dalam Bahasa Indonesia menggunakan pendekatan n-gram
TI – Artificial Intelligence Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI. Penghitungan jumlah tanaman nanas dengan menggunakan citra dari drone dan metode Convolutional Neural Network Penelitian dilakukan untuk keperluan perusahaan Great Giant Pineapple dalam monitoring perkebunan nanas mereka. Dalam penelitian ini, akan dibangun model Convolutional Neural Network (CNN) yang mampu menghitung jumlah tanaman nanas dari citra yang ditangkap oleh drone. CNN digunakan dengan dasar bahwa algoritma ini telah menjadi state-of-the-art untuk bidang Computer Vision.
TI – Artificial Intelligence Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI. Pemilahan buah sawit otomatis berdasarkan tingkat kematangan dengan menggunakan Convolutional Neural Network Penelitian ini merupakan kerjasama BINUS AI R&D Center dengan AI Research and Innovation Center for Agro Industry (AIRICA), Institut Pertanian STIPER. Dalam penelitian ini, akan dibangun model Convolutional Neural Network (CNN) yang mampu memilah buah sawit berdasarkan tingkat kematangannya. Model CNN yang sudah dikembangkan akan diinstalasi ke crane grabber hasil produksi AIRICA untuk selanjutnya digunakan di industri kelapa sawit.
TI – Artificial Intelligence Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI. Sistem diagnosa otomatis breast cancer dari citra mamografi dengan Convolutional Neural Network Dalam penelitian ini, akan dibangun sistem diagnosa otomatis breast cancer dengan input berupa citra mamografi. Algoritma yang digunakan adalah Artificial Intelligence berbasis Convolutional Neural Network (CNN), yang merupakan algoritma state-of-the-art dalam bidang Computer Vision
TI – Artificial Intelligence Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI. Sistem deteksi lung nodule dari citra MRI paru-paru dengan Convolutional Neural Network Dalam penelitian ini, akan dibangun sistem deteksi lung nodule dengan input berupa citra MRI paru-paru. Algoritma yang digunakan adalah Artificial Intelligence berbasis Convolutional Neural Network (CNN), yang merupakan algoritma state-of-the-art dalam bidang Computer Vision
TI – Data Mining Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI. Embedding customer behavior menggunakan deep learning Penelitian dilakukan untuk keperluan perusahaan Eureka Analytics dalam customer behavior modelling. Dalam penelitian ini, akan dibangun model embedding untuk data customer behavior. Embedding merupakan usaha untuk melakukan ekstraksi vektor representasi dari data sehingga dapat diolah dengan Artificial Intelligence (AI). Model yang digunakan berbasiskan deep learning untuk menjamin performa sistem yang tinggi.
TI – Data Mining Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI. Text mining untuk penentuan topik hierarkis berita dengan deep unsupervised learning Penelitian dilakukan untuk keperluan perusahaan Eureka Analytics dalam customer behavior modelling. Dalam penelitian ini, akan dibangun sistem otomatis untukmenentukan topik berita. Metode yang digunakan adalah deep unsupervised learning sehingga tidak memerlukan labelling dari manusia dan memiliki performa yang tinggi.
TI – Artificial Intelligence Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI. Sistem penghitung jumlah orang dari video CCTV dengan Convolutional Neural Network Membangun model deep learning yang mampu menghitung jumlah orang dalam sebuah gambar yang ditangkap dari video CCTV
TI – Data Mining Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI. Image Super Resolution dengan Convolutional Neural Network Membangun sebuah model deep learning yang mampu memperbesar resolusi sebuah citra tanpa efek blur yang berlebih
TI – Data Mining Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI. Konversi citra remote sensing antar satelit dengan beda resolusi spasial dan frekuensi dengan Convolutional Neural Network Membangun sebuah model deep learning yang mampu mengkonversi citra remote sensing dari satelit yang memiliki perbedaan resolusi spasial dan frekuensi
TI – Data Mining Agus Widodo, S. Kom, MT. Mapping emerging research topics in computer science Emerging research topics, such as in the field of computer science, is current topics that is promising to explore yet not widely known. The output of this work will be beneficial especially for researchers, scholars and policy makers in that field. Clustering will be the main method applied to text data extracted from academic search engines.
TI – Database Application Ayuliana, S.T., MMSI Normalisasi kata dalam Bahasa IndonesiaWeb/mobile apps untuk manajemen file rancangan desain di perusahaan fashion/boneka PT. XYZ Aplikasi ini akan membantu pengusaha boneka/fashion untuk menyimpan pola (desain), dan informasi lain yang pernah dibuat sebelumnya, sehingga jika mereka
TI – E-Application Meiliana, S.Kom., MSc. Forum diskusi berbasis web untuk mendukung pembelajaran online Mengembangkan aplikasi web berupa forum diskusi yg collaborative dengan feature lengkap seperti akumulasi, private reply, mark post, dll untuk mendukung diskusi yang kolaboratif pada online learning.
TI – Multimedia and Game Meiliana, S.Kom., MSc. Augmented Reality for Library Interaktif Tour Pengembangan augmented untuk memberikan pengalaman pencarian buku yg interaktif pada library Binus
TI – Networking Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T. Simulasi Protokol Jaringan Komputer Berbasiskan Software Define Network menggunakan Mininet merekonstruksi penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya dengan mengembangkan topologi jaringan dan protokol yang disimulasi
TI – Artificial Intelligence Dr. Edy Irwansyah, S.T., M.Si. Klasifikasi tingkat kerusakan bangunan rumah akibat gempabumi dengan metode Machine Learning Penelitian yang bertujuan untuk penentuan tingkat kerusakan bangunan rumah akibat gempabumi dengan pendekatan klasifikasi dari pengembangan metode gabungan (hibrid) machine learning. Data yang digunakan merupakan data hasil survei lapangan kerusakan bangunan rumah akibat gempa bumi.
TI – GIS Dr. Edy Irwansyah, S.T., M.Si. Health and poverty geo-spatial database Pengembangan basisdata geospasial kesehatan, kemiskinan dan struktur penduduk hingga level RW di DKI. Jakarta berbasis web menggunakan platform MAPID
TI – GIS Dr. Edy Irwansyah, S.T., M.Si. Forest density measurement using Small-medium satellite imagery Pengembangan Teknik pengukuran tingkat kerapatan hutan di Indonesia menggunakan citra satelite resolusi rendah dan menengah pada platform google earth engine.
TI – GIS Dr. Edy Irwansyah, S.T., M.Si. Klasifikasi tingkat kesehatan tanaman Kelapa/Kelapa Sawit Pengembangan teknik penilaian tingkat kesehatan tanaman kelapa/kelapa sawit menggunakan data citra satellite Pleiades (Resolusi 0,5 meter) dengan algoritma machine learning pada platform ArcGIS Pro
TI – GIS Dr. Edy Irwansyah, S.T., M.Si. Perhitungan secara otomatis jumlah tanaman kelapa/kelapa sawit (tree counting) Pengembangan teknik perhitungan secara otomatis jumlah tanaman kelapa/kelapa sawit menggunakan data citra satellite Pleiades (Resolusi 0,5 meter) dengan algoritma machine learning pada platform ArcGIS Pro
TI – GIS Dr. Edy Irwansyah, S.T., M.Si. Dashboard Informasi Spasial Penyebaran COVID 19 di Indonesia Pengembangan dashboard informasi geografis untuk mendukung penyebarluasan informasi secara spasial mengenai prediksi dan penyebaran COVID 19 di Indonesia
TI – GIS Dr. Edy Irwansyah, S.T., M.Si. Aplikasi Prediksi Pola Bencana di Indonesia menggunakan platform GEE Pengembangan aplikasi berbasis AI untuk prediksi pola bencana di Indonesia menggunakan platform Google Earth Engine
TI – Artificial Intelligence Evawaty Tanuar, S.Kom., M.Info.Tech Education – Personalized learning Analyzed the current ability of student, correct and enhance each of students according to their own ability
TI – E Application Gredion Prajena, S.Kom., MTI Pengembangan Manajemen Aset Digital Menggunakan Sharepoint Online Berbasis Website Pengembangan Manajemen Aset Digital Menggunakan Sharepoint Online Berbasis Website. Teknologi: Go/.Net Core, Vue.js, DB
TI – E Application Gredion Prajena, S.Kom., MTI Pengembangan Employee Profiling dengan Peringkat Pencarian Berbasis Website Pengembangan Employee Profiling dengan Peringkat Pencarian Berbasis Website.
Teknologi: Go/.NET Core, Vue.js, DB
TI – E Application Gredion Prajena, S.Kom., MTI Pengembangan Website untuk Shorten URL Menggunakan Go & Vue.js Pengembangan Website untuk Shorten URL Menggunakan Go & Vue.js.
Teknologi: Go, Vue.js, DB
TI -Artificial Intelligence Hanry Ham, S.Kom., M.Eng Smart CCTV Surveillance System Monitoring

Now adays, there are some CCTV installed in Binus University, in this case we have several CCTV install in campus. there are some restriction in some area to enter by the following time

1. The emergency door can not be entered in the normal condition.
2. Starts from 9.00 PM, there wont be any students or staff walking around the corridoor.

By implement this such program, could help the work of our campus security that usually go around the campus secure the corridor. Those 2 conditions above will trigger an alert to security applications to check that area.

You will have to matching with all of our student face database to track who break those 2 roles above or non-binusian who enter binus area also will trigger an alert

TI -Artificial Intelligence Hanry Ham, S.Kom., M.Eng Security Smart CCTV Location Tracking

When, we would like to find people from the command center, all the CCTV integrated inside the campus will execute to find the specific person, and will locate the history of that people during that time.

The implementation will be in campus area as the state of the art.

This advanced technology will help security to trace all the suspicious person during certain event.

TI – E APplication Hendra, S.Kom., M.T Pengambangan Aplikasi Persediaan Barang Pada Perusahaan Pemotong Besi dan Baja Berbasis Web Progressive dengan Metode Prototyping Pengambangan Aplikasi berbasis PWA dengan Backend PHP dan database MySQL. Metode Proyek pengembangannya dengan Prototyping sesuai kebutuhan user.
TI – E Application Junita Juwita Siregar, S.T., M.Kom Apllikasi pemanfaatan web applikasi atau mobile applikasi pada bidang bisnis Pemanfaatan teknologi web atau mobile di di dalam pengembamngan bisnis dan pengambikan keputusan
TI – Artificial Intelligence Novita Hanafiah, S.Kom.,M.Sc OCR for document transcript record

Pengenalan karakter pada dokumen transkrip nilai mahasiswa dari hasil Scan.

Goal: dapat menghasilkan nama matakuliah dan grade yang tertera.

TI – Artificial Intelligence Novita Hanafiah, S.Kom.,M.Sc Course Mapping generator using Clustering/Classification method Mengelompokan matakuliah yang sejenis dan memetakan matakuliah yang ada
TI – Artificial Intelligence Spits Warnars Harco Leslie Hendric, S.Kom., M.T.I., Ph.D. Pengelolaan pola data virus dengan menggunakan algoritma Skripsi ini akan dikerjakan oleh mahasiswa dalam Rangka pencarian pola pattern yang dapat mereka pilih seperti karakteristik/diskriminasi/klasifikasi/asosiasi/klustering/regression dengan menggunakan data time series dan non time series dengan menggunakan berbagai macam algoritma
TI – Big Data Application Spits Warnars Harco Leslie Hendric, S.Kom., M.T.I., Ph.D. Pencarian pola data besar dengan menggunakan algoritma Skripsi ini akan dikerjakan oleh mahasiswa dalam Rangka pencarian pola pattern yang dapat mereka pilih seperti karakteristik/diskriminasi/klasifikasi/asosiasi/klustering/regression dengan menggunakan data time series dan non time series dengan menggunakan berbagai macam algoritma yang menerapkan pada konsep secara paralel/distributed/Big Data
TI – Artificial Intelligence Yulyani Arifin, S.Kom., MM Pendeteksian kemiripan antar bahasa Indonesia dan bahasa Inggris Pengembangan metode untuk mendeteksi kemiripan teks antar bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
TI – Multimedia and Game Yulyani Arifin, S.Kom., MM Pengembangan game untuk edukasi Penerapan game untuk pengajaran secara online learning
TI – E Application Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I Sistem Otentifikasi dan Pencatatan Kehadiran mahasiswa Universitas Bina Nusantara menggunakan Pengenalan Wajah Sebuah sistem otentifikasi pencatatan kehadiran mahasiswa bina nusantara dengan menggunakan pengenalan wajah
TI – Multimedia and Game Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I Location base Augmented reality for historical site Sebuah Aplikasi Augemented Reality untuk memperkenalkan tempat-tempat sejarah, ketika berada di site sejarah tertentu aplikasi dapat menampilkan informasi
TI – Multimedia and Game Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I Augmented reality for museum visit Sebuah Aplikasi Augmented Reality untuk memperkenalkan benda-benda sejarah dalam musium, ketika melihat benda tersebut applikasi akan menampilkan keterangan atau cerita benda tersebut
TI – Multimedia and Game Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I Board game to introduce indonesian culture Sebuah Game bertipe board game, untuk memperkenalkan budaya indonesia
TI – Multimedia and Game Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I 2 D platformer game to introduce tourism in indonesia Sebuah Game 2D untuk memperkenalkan tempat-tempat wisata di indonesia
TI – Multimedia and Game Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I 2D platformer game to introduce indonesian hero. Sebuah Game 2D untuk memperkenalkan pahlawan Indonesia
TI – Multimedia and Game Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I 2d hidden quest game to introduce indonesian culture Sebuah game 2d bertipe pencarian petunjuk teka-teki sambil memperkenalkan budaya indonesia
TI – Multimedia and Game Aisha Gemala Jondya, S.Kom, M.T.I Aplikasi mobile untuk penderita disleksia Aplikasi bimbingan belajar yang ramah terhadap penderita disleksia
TI – Mobile Application Aisha Gemala Jondya, S.Kom, M.T.I Aplikasi mobile penunjang aktivitas sehari-hari penderita parkinson Penyakit parkinson adalah penyakit seumur hidup yang dapat mengganggu berjalannya aktivitas sehari-hari pengidapnya. Sebuah aplikasi khusus untuk menunjang atau memudahkan aktivitas pengidap penyakit parkinson dapat dikembangkan berdasarkan gejala, ciri-ciri dan data-data penunjang pengidap penyakit parkinson
IT – Artificial Intelligence Jeklin Harefa, S.Kom., M.T.I. Optical Character Recognition for ID Card using Android Mobile Phone Pengenalan karakter pada e-KTP dengan menggunakan Android smartphone
IT – Artificial Intelligence Jeklin Harefa, S.Kom., M.T.I. Intelligent OCR for Invoice Processing Penggunaan Intelligent OCR untuk pemrosesan invoice
IT – Artificial Intelligence Iman Herwidiana Kartowisastro, Ph.D. Object (still picture/ moving picture/ audio) classification with the use of machine learning and/ or mathematical model approaches. Exploring object (still picture/ moving picture/ audio) features and finding the best method (machine learning, convolution techniques, physics law) to classify and recognize them. For some students, it can be extended to system identificatin and parameter estimation.
GAT – Multimedia and Game Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. Game for Human Life Membuat game yang berdampak terhadap kehidupan manusia
GAT – Multimedia and Game Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. Dynamic Environment System Membuat game dengan environment yang dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi berdasarkan game design yang dibuat
GAT – Multimedia and Game Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. Game Engine Mengembangkan model game engine / library / plugin untuk mempermudah pembuatan game
GAT – Multimedia and Game Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. Holographic Control System Membuat hologram game dengan dynamic controller yang multifungsi
GAT – Multimedia and Game Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. Volumetric Imaging Display Membuat hologram game menggunakan photonics engine
GAT – Multimedia and Game Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. Gamification System Membuat aplikasi yang memiliki elemen-elemen game untuk meningkatkan user experience
GAT – Multimedia and Game Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. Arcade Game Membuat game arcade beserta mesin arcade menggunakan Raspberry Pi atau Arduino atau perangkat-perangkat IoT lainnya
GAT – Multimedia and Game Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. Disaster Mitigation Game Membuat game simulasi untuk mitigasi bencana
GAT – Multimedia and Game Yogi Udjaja, S.Kom., M.TI. Japanese Learning Game Membuat game sebagai media pembelajaran bahasa Jepang yang menarik dan menyenangkan
TI – Artificial Intelligence Abdul Haris Rangkuti, S.Kom., MM, M.Si. Optimalisasi Klasifikasi terhadap citra yang mengalami perubahan skala dan rotasi secara bersamaan. Mengoptimalkan proses klasifikasi terhadap citra yang citra nya mengalami perubahan skala dan Rotasi / kemiringan secara bersamaan
TI – Artificial Intelligence Abdul Haris Rangkuti, S.Kom., MM, M.Si. Temu kembali citra berdasarkan isi citra yang mengalami perubahan rotasi dan skala secara bersamaan Meningkat proses temu kembali citra yang mengalami perubahan rotasi dan skala.
TI – Artificial Intelligence Abdul Haris Rangkuti, S.Kom., MM, M.Si. Identifikasi dan pengenalan terhadap sel citra sehat dan sel citra kanker Mengidentifikasi citra sel sehat yagn masih sehat dan yang sudah terkena kanker
TI – Artificial Intelligence Abdul Haris Rangkuti, S.Kom., MM, M.Si. Pengenalan wajah manusia pada saat mengalami perubahan rotasi Mengidentifikasi citra sel sehat yagn masih sehat dan yang sudah terkena kanker
TI – Artificial Intelligence Abdul Haris Rangkuti, S.Kom., MM, M.Si. Sistem informasi Manajemen pengetahuan (Knowledge management infomation System) pada e-learning Mengambarkan bahwa selain informasi yang disampaikan dari proses belajar secara e-learning tapi juga ada pengetahuan yang dapat meningkat pengetahuan mahasiswa.
TI – Artificial Intelligence Abdul Haris Rangkuti, S.Kom., MM, M.Si. Sistem Temu kembali dan klasifikasi citra nusantara berdasarkan kemiripan ciri citra. Pada dasarnya setiap daerah di Indonesia mempunyai motif citra yang berbeda beda seperti di Sumatra Utara dengan kain ulos, di jogjakarta dan jawa dengan kain batik dan propinsi Bengkulu dengan Kain Bisurek. Walaupun mempunyai motif yang berbeda beda pada setiap daerah, namun mempunyai khas masing masing.
TI – Artificial Intelligence Dewi Suryani, S.Kom., M.Eng. Offline handwriting recognition for examination system Ujian yang dilakukan secara tertulis dapat dideteksi tulisannya apa dan dari sistem bisa melakukan penilaian.
TI – Artificial Intelligence Dewi Suryani, S.Kom., M.Eng. Digital signature verification Pengenalan tanda tangan seseorang apakah asli atau dipalsukan oleh orang lain
TI – Mobile Application Hendra, S.Kom., M.T. Perancangan aplikasi mobile smart cluster perumahan purinusa karawaci tangerang tujuan penelitian untuk memberikan bantuan kepada warga cluster purinusa karawaci dalam berkorespondensi antar warga dan ketua RT baik masalah iuran lingkungan maupun keamanan termasuk di dalamnya forum diskusi bagi warga untuk berinteraksi satu sama lain. smart cluster perumahan purinusa karawaci tangerang ini menggunakan aplikasi mobile baik android maupun ios. aplikasi ini dapat digunakan sebagai media untuk tetap berhubungan dengan warga setempat. penelitian menggunakan metode pengembangan sistem RAD ( rapid application development ). sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan melakukan wawancara dan observasi. hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hubungan positif bagi warga di cluster purinusa karawaci.