People Innovation Excellence
 
Feature Image

Information Retrieval: Query Suggestion

Apakah anda pernah mencari sesuatu di internet melalui google, atau mungkin bing, atau semacamnya? Pernah tidak ketika mencari kalian mendapatkan saran kata-kata pelengkap kalimat?

Gambar. Contoh query suggestion di google.

Fenomena sugesti kata-kata ini bisa disebut sebagai query suggestion. Query suggestion (QS) merupakan teknik dari ilmu Information retrieval dimana sistem akan memberikan saran query untuk menggantikan query awal pengguna, contoh pada gambar yaitu query awal adalah “kenapa”. Tujuan dari QS adalah untuk meningkatkan hasil dari pencarian.

Penggunaan QS didasarkan pada asumsi bahwa saat awal pengetikan query, pengguna sistem information retrieval seperti google search belum mengerti ingin mencari apa, atau maksud dari yang diinginkan berbeda dengan apa yang diketik.

Secara umum terdapat dua metode untuk mendapatkan daftar QS:

  1. Clickthrough-based QS, dimana sistem menyimpan historikal url web yang pernah di-klik oleh pengguna. Kemudian, dilakukan pengelompokan terhadap web page tersebut. Kalau ada 2 atau lebih query yang memiliki url yang sama, atau konten page yang mirip, maka query-query tersebut dianggap terkait.
  2. Session-based QS. Jika data yang dilihat pada clicktrough adalah data url, maka dalam session-based data yang dilihat adalah data-data query yang dimasukkan pengguna ke dalam sistem pencarian, dalam rentang waktu tertentu (atau tanpa rentang waktu tergantung keinginan pembangun sistem). Jadi, data yang dianalisa adalah: hostorikal query pencarian pengguna.

Selain diharapkan mampu meningkatkan hasil dari pencarian, QS juga lebih intuitif (jika diberikan User Interface yang intuitif pula) karena bersifat suggestion maka pengguna bisa tidak mengubah query awalnya. Berbeda dengan metode perbaikan query lain seperti query expansion dan query reformulation dimana mengubah query awal tanpa persetujuan pengguna.

Referensi:

  1. Ooei, J., Qin, H., Ma, X., Liew, S. Q., A Survey of Query Expansion, Query Suggestion and Query Refinement Techniques. DOI: 1109/ICSECS.2015.7333094
  2. Meng, L., A Survey on Query Suggestion. DOI: 14257/IJHIT.2014.7.6.04

Published at :
Written By
Muhammad Fikri H, S.Kom., M.T
SCC Basic Programming | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close