People Innovation Excellence
 
Feature Image

Indonesia Earthquake Database (InaEQ-DB)

Indonesia earthquake database (InaEQ-DB) merupakan sebuah inisiasi untuk mengumpulkan dan mengembangkan dataset berupa citra satelit/foto udara dan shapefile tapak bangunan hasil survei dampak kerusakan bangunan akibat gempa bumi khususnya di Indonesia. Dataset ini dimaksudkan untuk dapat digunakan bagi masyarakat umum/peneliti yang akan melakukan penelitian mengenai penilaian dampak kerusakan bangunan akibat gempa bumi dengan metode machine learning maupun deep learning.

InaEQ-DB dibuat oleh Bp Dr. Edy Irwansyah dan Bp Dr. Alexander Agung S. G yang merupakan dosen School of Computer Science, BINUS University. Inisiasi ini sangat dibutuhkan dukungan dari peneliti perorangan dan lembaga swasta maupun pemerintah untuk dapat mendukung dengan penelitian bersama serta berbagi data.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negera yang sangat rawan bencana gempa bumi yang tidak hanya berdampak pada korban jiwa tapi juga pada kerusakan bangunan sebagai komponen infrastruktur yang penting.

Semoga InaEQ-DB dapat bermanfaat bagi peneliti serta masyarakat umum yang akan melakukan penelitian mengenai penilaian dampak kerusakan bangunan akibat gempa bumi.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close