People Innovation Excellence
 

Network System Elements

Empat Elemen Dasar Pada Jaringan

Jaringan data modern telah menjadi aset penting bagi banyak industri. Sebagian besar jaringan data dasar dirancang untuk menghubungkan pengguna dan memungkinkan mereka untuk mengakses berbagai sumber daya, seperti Internet dan komputer lain yang terhubung ke jaringan. Jaringan terdiri dari empat elemen dasar: perangkat keras, perangkat lunak, protokol, dan media koneksi. Semua jaringan data terdiri dari elemen-elemen ini, dan tidak dapat berfungsi tanpanya.

Hardware
Tulang punggung jaringan apa pun adalah perangkat keras yang menjalankannya. Perangkat keras jaringan mencakup kartu jaringan, router atau sakelar jaringan, modem dan repeater Ethernet. Tanpa perangkat keras ini, komputer tidak dapat mengakses jaringan. Kartu jaringan memberi komputer akses langsung ke media jaringan dan memungkinkannya terhubung ke peralatan lain, termasuk router, sakelar, modem, dan repeater. Router atau sakelar memungkinkan koneksi jaringan tunggal dari modem untuk dibagi di antara beberapa komputer. Repeater menyegarkan sinyal jaringan antara segmen kabel Ethernet, memungkinkan kabel Kategori 5 untuk mencapai panjang maksimum 300 kaki tanpa kehilangan sinyal.

Software
Agar perangkat keras dapat berinteraksi dengan jaringan, perlu perangkat lunak untuk mengeluarkan perintah. Bentuk utama dari perangkat lunak jaringan adalah protokol – perangkat lunak yang menginstruksikan perangkat jaringan tentang cara menghubungkan ke jaringan dan bagaimana berinteraksi satu sama lain. Contoh lain dari perangkat lunak jaringan termasuk perangkat lunak pemantauan koneksi, klien jaringan dan alat lain yang dirancang untuk lebih memudahkan kemampuan komputer Anda untuk terhubung ke jaringan.

Client Devices
Perangkat klien adalah komputer dan perangkat seluler yang terhubung ke jaringan. Perangkat klien adalah komponen penting dari suatu jaringan, karena tanpa klien yang membutuhkan akses jaringan pada dasarnya tidak ada gunanya. Untuk mengklasifikasikan sebagai perangkat klien, komputer atau perangkat seluler harus dapat terhubung ke jaringan dan menggunakannya. Bergantung pada jaringan, perangkat klien juga mungkin memerlukan perangkat lunak khusus untuk membuat koneksi.

Connection Media
Tanpa koneksi, jaringan tidak dapat berfungsi. Media yang digunakan untuk menghubungkan node-node jaringan bervariasi dengan tipe jaringan. Jaringan kabel akan sering menggunakan kabel jaringan seperti kabel Ethernet Kategori 5, sementara jaringan nirkabel membuat koneksi langsung antara perangkat yang menggunakan sinyal radio sebagai media.

Other Models
Walaupun model ini mencantumkan empat elemen jaringan data sebagai perangkat keras, perangkat lunak, perangkat klien, dan media koneksi, ini bukan satu-satunya model untuk jaringan data – model ini juga bukan satu-satunya model yang menggunakan pengaturan “empat elemen”. Sebagai contoh, model TCP / IP juga menggunakan empat elemen, terdaftar sebagai tautan, jaringan, transport dan lapisan aplikasi protokol TCP / IP. University of Illinois sebagai gantinya menggunakan kecepatan jaringan, ukuran jaringan, metode koneksi dan berbagi data dan file sebagai empat karakteristik yang menentukan dari suatu jaringan. Lainnya, ada model yang lebih rumit seperti OSI Network Model Standard, yang terdiri dari pendekatan tujuh titik yang mirip dengan model TCP / IP. 

Daftar Pustaka :

Author : Michael Orien; Bayu Kanigoro


Published at : Updated
Written By
Bayu Kanigoro, S.T.,M.T
Concentration Content Coordinator – Network Technology | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close