People Innovation Excellence
 

Pembuatan Sockets

Socket adalah titik komunikasi dari lalu lintas komunikasi antar proses di dalam sebuah jaringan komputer. Hampir semua komunikasi antar komputer sekarang berdasarkan protokol internet, oleh karena itu hampir semua socket di jaringan komputer adalah Socket Internet.

Socket adalah sebuah Class yang disediakan oleh beberapa bahasa pemrograman. Dengan socket, sebuah aplikasi di suatu komputer dapat Tentu saja aplikasi di komputer yang dihubungi menerima koneksi juga menggunakan socket. Dengan kata lain socket adalah suatu Class yang digunakan oleh aplikasi untuk saling berhubungan.

Hampir semua sistem operasi menyediakan application programming interface (API) yang memungkinkan sebuah aplikasi komputer mengkontrol dan menggunakan socket jaringan komputer. API socket internet biasanya berdasarkan pada standar berkeley sockets.

Sebuah alamat socket terdiri atas kombinasi sebuah alamat ip dan sebuah nomor port, mirip seperti sebuah koneksi telpon yang memiliki nomor telpon dan nomor ekstensinya. Berdasarkan alamat ini, socket internet mengirim paket data yang masuk ke sebuah proses atau thread aplikasi tujuan.

Socket programming adalah pemrograman yang menggunakan socket. Socket ini semacam terowongan/tunnel yang bisa dipakai untuk komunikasi/pertukaran arah secara bolak-balik. Dengan socket programming, komunikasi dapat terjalin antara bahasa pemrograman yang berbeda, antara tingkatan user yang berbeda, bahkan antar komputer yang berbeda atau gabungan ketiganya.

Contoh Pembuatan Socket :

int socket(int domain, int type, int protocol);

fungsi socket memiliki 3 parameter dan mengembalikan nilai integer, nilai integer inilah yang akan digunakan sebagai identifier file descriptor untuk melakukan Inter Process Communication (IPC). fungsi ini juga membutuhkan tambahan library yaitu :

#include <sys/types.h>

#include <sys/socket.h>

Parameter pertama kita gunakan AF_INET, ini menunjukan bahwa kita akan membuat aplikasi yang berbasis pada IPv4.

Parameter kedua kita akan menggunakan SOCK_STREAM, ini menunjukan bahwa kita akan membuat aplikasi yang menggunakan protocol TCP yaitu koneksi yang datanya ditransmisikan secara reliable atau bersifat connection oriented, koneksinya terbuat dulu baru data bisa dikirim dan diterima.

Parameter ketiga adalah kita menggunakan angka 0, kita gunakan 0 agar penerapan protocol yang digunakan dapat diserahkan pengaturannya pada sistem operasi. Contoh pemakaian:

int socketfd = socket(AF_INET, SOCK_STREAM, 0);

Daftar Pustaka : ·

https://id.wikipedia.org/wiki/Socket_jaringan_komputer·     https://www.proweb.co.id/articles/web_application/socket_programming.html·         http://blog.nostratech.com/2014/09/aplikasi-client-server-sederhana.html

Author : Ryan Tiarno, Bayu Kanigoro


Published at : Updated
Written By
Bayu Kanigoro, S.T.,M.T
Concentration Content Coordinator – Network Technology | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close