People Innovation Excellence
 
Feature Image

User Interface In Mobile Game Aplication

Dalam mengembangkan sebuah aplikasi jenis apapun aspek pertama yang harus di rancang adalah mengenai UI/UX Mengapa? Karena kenyamanan dari sebuah aplikasi sangat tergantung dari design Ui yang di berikan oleh aplikasi tersebut dan tentunya juga User Experience ketika pengguna mengeksplore sebuah apalikasi tersebut. Perlu diketahui Ui atau User Interface sendiri memiliki pengertian yaitu tampilan visual sebuah produk yang menjembatani sistem dengan pengguna (user). Tampilan UI dapat berupa bentuk, warna, dan tulisan yang didesain semenarik mungkin. Secara sederhana, UI adalah bagaimana tampilan sebuah produk dilihat oleh pengguna.

Jika kita meliahat zaman sekarang pengguna atau pemain game mobile sangatlah banyak jumlahnya bisa jutaan bahkan hingga puluhan juta pemain. Sehingga ketika Kita membahas aplikasi yang berbasis game mobile tentu aspek UI sangat penting, karena ketika munculnya sebuah aplikasi game mobile yang baru tentu harus memiliki design UI nya semenarik mungkin agar dapat menyaingi game mobile yang sejenis lainnya. Dan tentu ketika mendesign sebuah UI dalam mobile game harus di perhatikan jenis target market dari game tersebut misalnya di targetkan game tersebut untuk Anak-anak, Remaja bahkan dewasa. Sehingga design User Interfacenya juga harus mengikuti tema dari jenis game tersebut.

Dibawah ini 2 contoh game mobile yang memiliki peminat cukup banyak

  1. PUBG Mobile
    PUBG adalah sebuah game multiplayer kompetitif yang menjadikan “Battle-Royale” sebagai genre utama, game ini berjenis First- Person Shooter dan third-Person Shooter. Pada tahun 2020 ini Pubg Mobile telah mencacat adanya 198 juta unduhan, Pubg mobile ini memiliki target market yang cukup tinggi karena jika ingin bermain game ini dengan lancar maka device harus menyamai minimal standart dari game ini. Jika berbicara mengenai UI dari game Pubg Mobile sendiri dapat dilihat dari foto diatas memiliki user interface yang menarik dan simple, sehingga tidak membuat user merasa bosan saat bermain game Pubg Mobile. Pubg Mobile sendiri memiliki spesifikasi cukup tinggi untuk sebuah game mobile, namun hal itu tidak membuat game ini menjadi tidak banyak peminatnya.

  2. Free Fire
    Free Fire merupakan salah satu game mobile yang bersaing cukup ketat dengan game Pubg Mobile. Hal ini di karenakan target market yang di pasarkan oleh game Free Fire adalah semua kalangan device baik yang memiliki spesifikasi tinggi maupun spesifikasi rendah, hal itu yang membuat game Free Fire memiliki jumlah unduhan yang lebih banyak ketimbang Pubg Mobile. Jika berbicara dari segi UI Free Fire tidak kalah menarik dari Pubg Mobile, Free Fire memiliki Ui yang hampir sama dengan PUBG Mobile. Namun dari segi user experience game ini sedikit kalah dengan Pubg Mobile karena game ini memiliki grafik yang tidak sebagus yang dimiliki oleh Pubg Mobile, Karena game ini mengincar target market ke semua kalangan device maka mereka harus membuat grafik gamplaynya sedikit lebih rendah agar device rendah dapat merasakan game Free Fire ini.

Kesimpulan:

Jadi dari ini kita dapat memahami bahwa UI juga berpengaruh terhadap UX yang akan didapat oleh user, dengan adanya UI user menjadi terbantu untuk beradaptasi dengan jenis game yang user mainkan.

Author : Andhika putra permana , Alfawi Mikola Pelawi , Ryan Hernawan, Muhammad Devin Ardiansyah , Achmad Machbuby
Supervised by : Irma Kartika Wairooy, S.Kom., M.T.I


Published at : Updated
Written By
Irma Kartika Wairooy, S.Kom., M.T.I
Lecturer of Computer Science | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close