People Innovation Excellence
 
Feature Image

What Makes A Good Design in Mobile Game Application ?

Game berbasis mobile telah menguasai pasar dunia permainan saat ini. Perusahaan yang punya konsep yang baik dan seni dalam pembuatan game tentunya akan menaikkan profit yang sangat signifikan. Di zaman ini pasti setiap orang memiliki smartphone dan hal inilah yang menjadikan alasan utama kenapa game berbasis mobile sangat digemari juga. Contoh proses perkembangan game yang kita bisa lihat dari zaman awal mula telepon genggam itu berkembang adalah game Snake, dari zaman itu hingga saat ini kita bisa melihat perkembangan dari grafis game itu sangat maju saat ini dibandingkan dengan zaman dahulu. Hal yang termasuk di dalam grafis ini sendiri adalah design dan tampilan dari game itu sendiri. Tampilan dari UI game haruslah konsisten memperhatikan konsistensi dari karakter, rintangan, senjata, latar belakang dan banyak komponen lain. Demikian pula juga dengan warna dan juga tema yang ada di dalam game.

Mobile game design application erat kaitannya dengan UI atau User Interface di mana UI ini merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh seluruh player sebelum bermain game, contohnya seperti tampilan loading screen dan tampilan home screen atau game lobby. Menentukan desain dari sebuah aplikasi tentunya akan menitikberatkan untuk kenyamanan bagi para penggunanya, apalagi jika aplikasi yang di kembangkan berbentuk sebuah permainan yang biasanya dapat dimainkan oleh banyak orang (online), biasanya user atau pengguna tertarik dengan game yang memiliki visual atau grafik yang dapat memanjakan matanya, namun, ketika di lobby dari sebuah game tersebut, kebanyakan dari mereka ini lebih tertarik dengan tampilan yang sederhana, maksud dari sederhana ini bukan berarti kita memotong segala fitur yang ada dari game tersebut, melainkan fitur-fitur tersebut disimpan ke dalam sebuah menu bar ataupun navigation lainnya yang dapat diakses dengan mudah oleh si pengguna aplikasi game tersebut yang tentunya dapat dengan mudah di pahami dan diingat oleh para penggunanya, dan ini tentu sangat mempengaruhi sisi dari user experience ketika kita merancangkan sebuah user interface. jadi semakin user-friendly tampilan yang diberikan oleh developer game, maka tampilan tersebut dapat membuat nilai plus bagi pengguna aplikasi atau player.

Dalam menentukan sebuah desain di game khususnya, kita harus memikirkan cara terbaik untuk memberikan visualisasi yang menarik untuk pengguna. Tetapi memikirkan hal visual juga bisa menjadi salah satu tantangan terbesar. Menyeimbangkan visual yang baik serta memperhatikan estetika adalah sesuatu yang susah dicapai oleh beberapa developer dengan mudah. Pada dasarnya, gaya desain yang baik perlu menarik pengguna untuk masuk ke “dunia” game tersebut, dan merasakan pengalaman (experience) yang dituju oleh developer. Selain dari segi desain, fungsionalitas yang simple patut diperhatikan dalam hal mobile game app. Sederhana memang diperlukan dalam sebuah game guna mendukung desain yang sudah diterapkan. Jika fungsionalitas dalam game terdapat banyak button dan fungsi yang cenderung merepotkan, maka justru akan mengurangi experience pengguna dan estetika desain dari aplikasi game tersebut.

Untuk merancang design UI untuk mobile games, kita harus mengetahui terlebih dahulu demografi dari target player mobile games kita. Selain itu design UI mobile games juga harus sesuai dengan jenis mobile games yang akan kita buat. Design UI mobile games yang baik harus dipertimbangkan dengan kedua faktor tersebut. Tentunya juga ada satu hal penting yang sering dilupakan oleh developer, yakni feedback dari user. Hal ini menurut kami sangat krusial karena untuk mendapatkan tampilan/visual dari game yang baik tentu harus menerima input dari user juga. Kita sebagai mobile Developer tentunya juga harus mendengarkan feedback dari user. Tanpa adanya feedback dari User, tentunya mobile games tersebut tidak dapat berkembang dengan baik. Misalnya dalam game Mobile Legends, banyak user yang mengeluhkan bahwa graphicnya sangat buruk/jelek untuk sekelas game international. Moonton selaku Developer dari game tersebut sangat mendengarkan keluhan dari pada user nya, dan akhirnya memutuskan untuk memperbaiki kekurangan yang ada di game mereka dalam segi graphic, sehingga game tersebut graphicnya sudah lumayan di tingkatkan jika dibandingkan dengan pada saat ia baru memulai membuat game tersebut.

Contoh Design Mobile Games:

Kami memilih contoh game “Angry Bird” karena game ini merupakan salah satu game mobile yang awalnya terkenal/trending di ranah mobile. Game ini cukup sukses karena sudah cukup banyak dikeluarkan versinya oleh Rovio termasuk juga versi spin-off nya yaitu Bad Piggies. Salah satu hal yang membuat game ini dapat trending adalah game ini memiliki daya tarik khusus bagi anak-anak, karena warna yang dipilih di game ini cukup colorful dan menarik. Sound dan ekspresi dari karakter nya lucu untuk dimainkan oleh anak-anak. Dari segi teknis, game ini cara memainkannya cukup sederhana karena hanya mengayunkan si karakter dari katapel. Tetapi hal yang menarik disini adalah UI yang responsif terhadap gerakan tangan user. Semuanya berantung pada gerakan motorik jari dari user bersama dengan kemampuan untuk menghitung/memperkirakan sudut ayunan untuk mengenai struktur bangunan yang dibuat oleh karakter babi yang ada di dalam game tersebut.

Referensi:

h ttps://gameanalytics.com/blog/incredible-game-design-examples/ h ttps://penji.co/mobile-game-adesign/

Author : Ignatius Dillwyn, Richard Lauwinsky , Howard Tanner, Louis Siau Sentra , Sie Yesaya Selvix S
Supervised by : Irma Kartika Wairooy, S.Kom., M.T.I


Published at : Updated
Written By
Irma Kartika Wairooy, S.Kom., M.T.I
Lecturer of Computer Science | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close