People Innovation Excellence
 
Feature Image

Nostalgia 5 Game Online yang Tutup Tetapi Selalu Dirindukan oleh Pemainnya

Nostalgia 5 Game Online yang Tutup Tetapi Selalu Dirindukan oleh Pemainnya

Pasang surut dunia game online Indonesia memang sudah bukan menjadi hal yang biasa. Game online seperti hal yang biasa datang dan pergi begitu saja. Namun diantara beberapa game online masih menyimpan kenangan tersendiri. Kenangan yang berupa bertemu dengan pasangan hati di game online, ataupun kenangan memiliki sahabat sejati didalam game.

  1. NEXIA ONLINE
    Game ini merupakan perintis game MMORPG pertama di Indonesia. Banyak kenangan dalam game ini mengingat tidak ada game online lain yang bisa dimainkan selain game ini. Selain itu tampilan pixel yang khas menjadikan game ini sangat dirindukan oleh para gamers. Selain itu juga game ini memiliki fitur yang bisa dibilang aneh, seperti harus ke pendeta sebelum menempa senjata. Game ini mulai tutup karena mulai muncul game baru seperti Ragnarok Online yang menggerus game ini sehingga tutup pada Agustus 2004.

  1. XIAN ONLINE
    Game ini mengajarkan kita menjadi pedagang yang baik serta menjadi kepala pasukan yang bijaksana. Xian Online memberikan sensasi yang berbeda dalam bermain game online, yaitu masuk kedalam dungeon dan membawa serta pasukan melawan monster. Sistem mencari uang-nya pun unik, yaitu dengan cara berdagang dan bermain puzzle.


  1. GUNBOUND
    Game yang pertama kali mengajarkan kita berlatih ketepatan menembak ini sungguh fenomenal pada jamannya. Gunbound membuat kita betah duduk berjam-jam di depan komputer hanya dengan bermain bersama teman-teman sambil chating. Pada masanya yang paling populer adalah anak ayam dan palu batu yang menjadi tingkatan dalam game Gunbound. Game ini cukup lama bertahan dalam ranah game online Indonesia, hampir 8 tahun mulai dari tahun 2002 sampai November 2010.

  1. O2JAM
    Lagu-lagu dari komposer ternama menjadi sangat terkenal dalam game ini. O2 Jam Online sangat berjaya pada masanya, game ini melatih kecepatan tangan dan penglihatan kita. Lagu yang paling sering dimainkan dalam game ini adalah Canon. Game ini menjadi kenangan bertukar lagu dan memainkannya bersama orang yang disayangi pada jaman dulu. Game ini ditutup karena kontraknya tidak diperpanjang oleh pihak pengembang.

  1. PANGYA
    Game bertema sport ini selalu menjadi andalan dalam mengisi waktu luang. Menguji ketelitian kita dalam memasukan bola dan melawan arah angin. Dengan menggunakan potion tambahan serta Pet yang membuat permainan tambah asyik. Game ini sangat dirindukan karena gameplay-nya yang unik dan belum tergantikan sampai sekarang. Game ini tutup pada 4 April 2008 karena kurang peminatnya.

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Leonardo Wijaya

Published at :
Written By
Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
SCC - Game Art | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close