People Innovation Excellence
 
Feature Image

Pizza Frenzy: Game yang Melatih Kemampuan Pengambilan Keputusan dengan Cepat

Pizza Frenzy adalah sebuah arcade-style pizza delivery game yang dibuat oleh Sprout Games dan dipublikasikan oleh PopCap Games. Pizza frenzy bercerita tentang keluarga Stromboli yang ingin mengembalikan kejayaan bisnis pizzanya. Pemain bertugas sebagai petugas pengantar pizza dengan cepat dan benar kepada pelanggan. Tingkat permainan berlangsung di sejumlah lokasi yang berbeda, dengan masing-masing lokasi memiliki topografi yang unik, termasuk dua atau lebih dapur pizza. Masing-masing dari dapur ini bertanggung jawab untuk memproduksi dan memberikan pizza dengan topping tertentu. Sebelum setiap level dimulai, pemain memilih topping pizza mana yang dapat dipesan. Terdapat 26 topping yang disediakan dan untuk setiap kenaikan level pemain hanya dapat menambah 1 topping. Selain itu, terdapat beberapa pemesan yang baik maupun yang ingin menjatuhkan bisnis pizza keluarga Stromboli, sehingga pemain harus berhati-hati dalam menerima pesanan.

Dalam game Pizza Frenzy terdapat mode tambahan yaitu Bonus Mode dimana pemain diminta untuk menempatkan topping di atas pizza sesuai dengan contoh yang diberikan.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengantarkan pizza kepada customer dengan tepat dan cepat. Pemain akan berperan sebagai pengantar pizza pada suatu daerah yang memiliki topografi tertentu sesuai dengan tingkat permainan. Pada setiap daerah dapat memiliki dua atau lebih dapur untuk membuat pizza. Masing-masing dapur hanya dapat melayani pemesanan satu topping saja. Sebelum setiap tingkat dimulai, pemain memilih topping pizza apa yang akan tersedia untuk dipesan dalam satu hari. Selama gameplay, pelanggan akan tampil dengan ikon yang mewakili topping pizza yang dipesannya. Untuk menerima pesanan, pemain harus klik pada ikon tersebut dan memilih dapur pizza yang benar sesuai dengan gambar ikon. Jika pemain melayani dengan waktu yang lama dan menerima pesanan pada dapur yang salah, maka pelanggan akan membatalkan pemesanan pizzanya sehingga kepuasan pelanggan yang disimbolkan dengan bintang akan menurun. Selain itu, terdapat pula para kriminal yang ingin menjatuhkan bisnis pizza keluarga Strombolli, yaitu prank caller, pencuri, maupun grafitti artist. Apabila pemain menemukan pemesan kriminal, maka harus diserahkan kepada polisi dengan meletakkan ikon pada pos polisi, sehingga kriminal akan ditangkap dan pemain mendapatkan reward. Apabila pemain menerima pesanan para kriminal, maka kepuasan pelanggan juga akan menurun. Setiap kenaikan level, pemain dapat meng-unlock satu topping pizza sesuai dengan keinginannya. Untuk setiap tingkat, apabila pemain tidak melakukan kesalahan apapun, maka pemain mendapatkan reward berupa uang yang jatuh dari balon udara. Pemain dapat naik tingkat, apabila ia menyelesaikan pemesanan dalam satu hari. Game akan berakhir apabila kepuasan pelanggan tidak terisi.

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Mervyn Riandy

Published at : Updated
Written By
Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
SCC - Game Art | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close