People Innovation Excellence
 
Feature Image

Ragnarok Gravindo, Classic Server Rasa Renewal

Masih ingatkah kalian dengan Ragnarok Online? MMORPG buatan Gravity Co. yang bersarang di Korea. Ragnarok sendiri pertama kali diterbitkan di Korea, pada 31 Agustus 2002. Sedangkan, untuk server official Ragnarok di Indonesia sendiri, baru terbit pada tahun 2003. Awalnya, Ragnarok Indonesia atau yang lebih kita kenal sebagai idRO dipegang oleh LytoGame, salah satu portal game terbesar di Indonesia. Hanya saja, karena beberapa hal, pemain dari idRO mulai berkurang. Hingga akhirnya, pada awal tahun 2017, Ragnarok resmi diambil alih oleh Gravindo.

Gambar 1. Open Beta Ragnarok Gravindo hari pertama

            Ragnarok Gravindo sendiri resmi dibuka pada 8 Februari 2017. Pada server Ragnarok ini, Gravindo melakukan sedikit perubahan pada servernya. Jika biasa kita bermain dengan sistem full renewal/pre-renewal/classic, maka kali ini Gravindo menyajikan campuran antara sistem Renewal dengan Classic. Untuk hal-hal yang menyangkut karakter, seperti equipment, status calculation, dan skills, Ragnarok Gravindo menggunakan sistem Renewal. Sedangkan untuk map dan monster, Ragnarok Gravindo menggunakan sistem Classic. Ragnarok Gravindo juga menghilangkan fixed cast-time, yang membuat class tipe magic caster seperti Wizard dan Priest diuntungkan. Selain itu, Ragnarok Gravindo hanya menampilkan cabang pertama perubahan dari basic class (2-1), yaitu Knight(Swordman), Priest(Acolyte), Wizard(Mage), Hunter(Archer), dan Assassin(Thief), dan Blacksmith(Merchant).

Gambar 2. Job Class Ragnarok Gravindo

 Tips Bermain di Server Ragnarok Gravindo
Seperti yang dikatakan di atas, Ragnarok Gravindo menggunakan dua sistem, yaitu Classic dan Renewal, untuk itu, tentu banyak sekali perubahan terasa, apalagi bagi mereka yang lama bermain dengan sistem Classic, mengingat perubahan sistem yang digunakan pada equipment, skills, dan juga status. Karena itu, penulis berfikir untuk sedikit memberi tips mengenai bermain di server Ragnarok Gravindo.

  1. Selalu ambil item drop dari monster, hidup keras, bro, butuh zeny banyak.
  2. Jika char utama sudah berlevel cukup tinggi, buat merchant untuk mengambil skill Overcharged dan Discount, dua skill tersebut akan memahalkan item yang akan kita jual ke NPC, dan memurahkan item yang akan kita beli dari NPC.
  3. Leveling dengan party berisikan 12 orang dengan settingan exp share: sama rata. Kenapa? Meskipun kita hanya akan mendapat 30% exp monster, namun kita bisa membunuh lebih banyak monster ketimbang solo hunting. Ada beberapa teknik levelling party di RO, yaitu:
  • Spotting
    Seperti namanya, party akan diam di 1 tempat. Job dengan FLEE/HP(Assassin, Knight) akan bertugas menjadi mobber (pengepul monster), dan job tipe DPS(Wizard,Hunter) bertugas membunuh monster yang telah dikumpulkan oleh mobber. Job tipe support (Priest) juga akan tetap di spot untuk memberikan buff dan meng-heal job lain. Ada juga kasus dimana Hunter atau Blacksmith tipe AGI bisa bertugas sebagai mobber. Cocok digunakan pada map berisi monster dengan HP besar dan agresif.
  • Split
    Pada teknik split, semua anggota party akan menyebar ke seluruh pelosok map, dan membunuh monster secara terpisah. Sedangkan Priest akan stay di satu titik. Anggota party yang sekarat atau buffnya habis bisa mendatangi Priest untuk minta buff atau heal. Cocok digunakan pada map berisi monster dengan HP kecil dan tidak agresif. Bisa juga digunakan pada map berisi monster agresif, namun memiliki resiko Priest mati atau anggota yang sekarat juga mati saat perjalanan menuju priest.
  • Split-spotting
    Campuran dari teknik split dan spotting, party dibagi menjadi 2-3 kelompok, tergantung komposisi party dan kekuatan party, lalu ditempatkan di 3 titik pada map.
  • Duet
    Party berdua, biasa berisikan 1 Knight/Assassin/Hunter/Blacksmith dengan 1 Priest.
  1. Informasi mengenai monster, map, equip, dan lain-lain dapat diakses di idrowiki.org.
  2. Kartu damage modifier ras, ukuran, elemen seperti Hydra Card(Damage +20% to Demi-Human) atau Skel-Work Card(Damage +15% to Medium-size monster), hanya berlaku pada ATK senjata, dan bukan ATK total. Jadi, jika ingin meningkatkan damage, lebih baik menggunakan senjata berslot 1-2 dengan ATK tinggi, ketimbang menggunakan senjata berslot 3-4 dengan ATK rendah. Namun, untuk kartu damage modifier critical dan ranged attack seperti The Paper Card dan Archer Skeleton Card berlaku juga pada ATK stat.
  3. MATK dan tingkat tempa senjata jenis staff juga memengaruhi damage skill magic, oleh karena itu, lebih baik menggunakan senjata ber-MATK tinggi, ketimbang menggunakan senjata mainstream di Classic, yaitu Rod[4] diisi 4 Drops Card(Dex+1).
  4. Perbedaan casting time yang diberikan oleh status DEX tidak terlalu signifikan, oleh karena itu job tipe magic caster lebih baik menitikberatkan statnya pada INT, ketimbang DEX. Selain itu, INT juga berperan mengurangi cast time, meskipun efeknya hanya setengah dari DEX.
  5. Jangan lupa bahagia.(G)

Gambar 3. Party levelling

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Gian Ardenichson

Published at : Updated
Written By
Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
SCC - Game Art | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close