People Innovation Excellence
 

What Makes A Good Design In Mobile Application

Aplikasi berbasis Mobile sudah sering kita temukan dan menjadi bagian dari kehidupan manusia. Aplikasi Mobile yang kerap digunakan sehari-hari tentu membuat manusia itu bergantung dengan aplikasi yang ia gunakan. Tentu hal ini didasari dengan faktor dasar yaitu kegunaan aplikasi itu sendiri. Dalam mendesain sebuah aplikasi, perlu dipikirkan kegunaan atau fungsinya. Dari fungsi yang ada harus didukung dengan kemudahan fungsionalitas agar mudah digunakan oleh pengguna aplikasi tersebut. Contoh dari kemudahan fungsionalitas itu adalah kemudahan menggunakan aplikasi seperti fitur-fitur di dalamnya, antarmuka pengguna (UI), serta desain aplikasi yang menarik. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam mendesain sebuah aplikasi, antara lain:

1. Pastikan desain terletak didalam grid

Grid sangat membantu untuk memberikan penentuan pada setiap objek aplikasi. Selain itu, grid juga membantu menjaga tata letak objek pada aplikasi agar tetap rapi dan teratur.

2. Jangan menggunakan banyak warna

Semua elemen pada desain aplikasi harus memiliki tujuan yang jelas, khususnya aspek warna. Jangan menggunakan warna yang terlalu cerah, kontras, atau sulit dibaca. Pastinya sebagai programmer, kita ingin user untuk menggunakan aplikasi kita dalam waktu yang lama.

3. Pastikan desain constraint untuk semua aplikasi

Seperti yang kita tahu, setiap perangkat memiliki ukuran resolusinya masing-masing, maka pastikan aplikasi yang dibuat sudah sesuai dengan constraint di setiap objeknya.

4. Pastikan navigasi aplikasi mudah

Pastikan navigasi pada aplikasi mudah dimengerti sehingga aplikasi mudah digunakan. Contohnya, jika kita ingin user ke page selanjutnya, maka user cukup swipe ke kiri untuk ke page selanjutnya, user tidak perlu melakukan scroll atau zoom untuk pindah ke page selanjutnya.

5. Gunakan gambar symbol/icon

Untuk button-button yang berada pada aplikasi, kita menggunakan icon untuk mempermudah user dan menyederhanakan aplikasi. Karena jika menggunakan text, hal itu dapat membuat aplikasi terlihat clustered dengan banyaknya text.

6. Keep it simple

Definisi dari “Keep it simple” adalah jangan terlalu belebihan. Kita ingat bahwa pengguna akan menggunakan aplikasi anda di smartphone, smartphone yang digunakan memiliki kemungkinan resolusi layar yang kecil. Jadi jangan masukan semuanya didalam 1 page.

7. Ikuti design yang sudah terbukti

KIta dapat memakai design-design yang sudah terbukti bagus sebagai referensi dalam membuat design aplikasi kita. Hal ini bukan berarti kita tidak boleh kreatif, tetapi kebanyakan user sudah terbiasa dengan design aplikasi-aplikasi yang sukses. Contoh pada saat user swipe, user akan mengharapkan page untuk bergerak, jadi kita jangan mendesign ulang fungsi swipe tersebut, karena user akan kebingungan.

8. Setiap action harus jelas

Setiap action pada aplikasi seperti penekanan tombol, page loading, dan lainya harus diberitahu kepada user dengan jelas, contoh pada saat page sedang loading, maka harus ada tanda yang memberi tahu user bahwa aplikasi sedang loading, karena jika tidak ada maka user dapat mengira aplikasi error atau hal lainya yang tidak diinginkan.

Author : Christian, Fauzan, Andhika Jaya, Timothy
Supervised By : Irma Kartika Wairooy, s.Kom., M.T.I


Published at :
Written By
Irma Kartika Wairooy, S.Kom., M.T.I
Lecturer of Computer Science | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close