People Innovation Excellence
 
Feature Image

Nostalgia Bersama Super Mario Bros

Super Mario Bros adalah game video platform yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo untuk konsol home Nintendo Entertainment System. Dirilis sebagai sekuel permainan Mario Bros tahun 1983, Super Mario Bros. dirilis di Jepang dan Amerika Utara pada tahun 1985, dan di Eropa dan Australia dua tahun kemudian. Di Super Mario Bros, pemain mengendalikan Mario dan dalam permainan dua pemain, pemain kedua mengendalikan saudara Mario Luigi saat ia melakukan perjalanan melalui Kerajaan Jamur untuk menyelamatkan Putri Toadstool dari antagonis Bowser.

Super Mario Bros secara kritis diakui. Pada tahun 2005, sebuah jajak pendapat oleh IGN menamai judul “perintis” dan “sangat berpengaruh” sebagai “permainan terbesar sepanjang masa”, mengingat hal itu membantu menghidupkan kembali pasar video game Amerika yang jatuh pada tahun 1980an. Rilisan pertengahan 1980an game ini berfungsi untuk mempopulerkan subgenre bergulir samping dari genre game video platform yang sudah populer pada awal 1980an. Selain fitur definitifnya, game ini juga terjual dengan baik, dan merupakan game terlaris sepanjang masa untuk platform tunggal selama kurang lebih tiga dekade di lebih dari 40 juta unit, sampai Nintendo Wii Sports mengambil judul itu di akhir tahun 2000an. Keberhasilan komersial Super Mario Bros telah menyebabkannya menjadi porting ke hampir semua game konsol utama Nintendo. Nintendo merilis varian merah khusus dari konsol Nintendo Wii dan Nintendo DSi dalam kemasan ulang paket bundel bertema Mario pada akhir 2010 sebagai bagian dari ulang tahun ke 25 dari rilis asli game tersebut. Kesuksesan permainan ini membawa serangkaian sekuel dan franchise yang ekspansif, termasuk adaptasi ke serial televisi, anime, dan film layar panjang.

Gameplay

Pemain mengambil peran protagonis utama dari seri, Mario dan adik Mario (Luigi), hanya Luigi yang bisa dimainkan pada mode multiplayer dan mengasumsikan peran dan fungsi plot yang sama seperti Mario. Tujuannya adalah untuk berlomba melewati Kerajaan Jamur, bertahan melawan kekuatan antagonis, dan menyelamatkan Putri yang di sandera. Pemain bergerak dari sisi kiri layar ke sisi kanan untuk mencapai tiang bendera di Akhir setiap level.

Dunia permainan ini memiliki koin yang berserakan di sekelilingnya agar Mario bisa mengumpulkannya, dan batu bata khusus yang ditandai dengan tanda tanya (?), Yang saat ditabrak dari bawah oleh Mario, bisa mengeluarkan lebih banyak koin atau barang spesial. Batu bata “rahasia” lain yang sering tak terlihat mungkin mengandung lebih banyak koin atau barang langka. Jika pemain mendapatkan Jamur Super merah dan kuning, Mario tumbuh dua kali lipat ukurannya dan dapat mengambil satu pukulan ekstra dari kebanyakan musuh dan rintangan, selain bisa mematahkan batu bata di atasnya. Pemain juga dapat memperoleh nyawa tambahan dengan memungut jamur 1-Up hijau dan oranye. Satu nyawa akan hilang saat Mario mengambil kerusakan saat kecil seperti menabrak musuh, jatuh dalam lubang, atau kehabisan waktu. Permainan berakhir saat semua nyawa hilang.

Serangan utama Mario adalah melompat di atas musuh, meskipun banyak musuh memiliki reaksi dan hasil yang berbeda terhadap hal ini. Misalnya, Goomba akan merata dan kalah, sementara Koopa Troopa untuk sementara akan menarik kembali cangkangnya, memungkinkan Mario menggunakannya sebagai senjata. Cangkang ini dapat dibelokkan dari dinding ke Menghancurkan musuh-musuh lain, meskipun mereka juga bisa bangkit melawan Mario, yang akan menyakiti atau membunuhnya. Yang lainnya adalah Bunga Api, Ketika mengenainya, item ini akan mengubah warna pakaian Super Mario dan memungkinkannya melempar bola api, atau hanya mengupgrade Mario ke Super Mario jika belum terupgrade sebelumnya. Item yang kurang umum/ langka adalah Starman, yang sering muncul saat Mario menyentuh blok tersembunyi tertentu atau yang tidak terlihat. Item ini membuat Mario sementara tak terkalahkan untuk sebagian besar bahaya dan mampu mengalahkan musuh saat kontak langsung.

Permainan terdiri dari delapan dunia dengan empat sub tingkat yang disebut “stage” di setiap dunia permainan. Tahap akhir setiap dunia terjadi di sebuah benteng di mana Bowser atau salah satu umpannya diperjuangkan. Permainan juga mencakup beberapa stage yang berlangsung di bawah air, yang terdapat musuh yang berbeda. Selain itu, ada bonus dan area rahasia dalam game. Sebagian besar wilayah rahasia terdapat lebih banyak koin untuk dikumpulkan oleh Mario, namun ada juga yang berisi “pipa warp” yang memungkinkan Mario untuk maju ke dunia nanti dalam permainan (skip stage).

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Bento Putra Hermanto

Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close