People Innovation Excellence
 
Feature Image

Cytus: Experience of Rhythm Game

Cytus adalah rhythm game yang dikhususkan untuk android. Game ini dibuat oleh studio game Rayark Inc. studio game yang sama yang telah membuat Deemo. Game ini menceritakan tentang kehidupan di masa depan ketika yang tersisa di dunia hanyalah robot. Pada masa itu, terdapat sebuah teknologi yang dapat mentransfer kenangan ke robot. Namun, dengan terbatasnya ruang penyimpanan, kenangan lama akan tertimpa dengan yang baru. Untuk mencegah hilangnya perasaan manusia dari kenangan, para robot mengubah wujud perasaan manusia menjadi musik dan menyimpannya di tempat yang dinamakan Cytus. Robot juga menggunakan musik ini untuk merasakan emosi dan bermimpi bahwa mereka juga memiliki jiwa sendiri. Ceritanya memang tidak terlalu berpengaruh dalam game, tapi hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi player.

Dari segi gameplay, Cytus memiliki gameplay yang sangat simpel. Dengan mengikuti musiknya, player harus mengetuk lingkaran sesuai dengan waktunya. Lalu, disetiap lagunya, ada 2 tingkat kesulitan yaitu easy dan hard. Namun pada 1 tingkatan tersebut, ada level yang menunjukaan kesulitan. Jadi, walaupun player memilih tingkat kesulitan easy, player masih dapat merasakan tantangan tergantung levelnya. Lalu untuk memainkannya, Cytus membutuhkan kedua tangan. Memang bisa dimainkan dengan 1 tangan jika memiliki kecepatan dan timing yang bagus.

Dalam Cytus, terdapat berbagai musik dengan berbagai genre yang dibuat oleh composer ternama. Terkadang memang ada bagian yang agak off-beat tapi scan line yang terdapat dalam game membantu kita memperoleh perfect timing. Lalu, ada pula sistem combo pada game ini. Lalu, setelah selesai memainkan sebuah lagu, akan muncul score sebagai hasil kuantitatif dan grade sebagai penunjuk kualitatif dari pemain. Grade terendah adalah Fail yang artinya player gagal dalam memperoleh nilai tuntas dan Master yang artinya player memperoleh full perfect pada lagu tersebut.

Lalu, UI dari game ini sangat memberikan kesan futuristik. Mulai dari menu, font dan dalam gamenya juga. Saat memainkan game ini, lingkaran yang harus di-tap menyala dengan warna – warna tertentu tetapi efek glow-nya masih dalam tahap wajar sehingga tidak membuat mata player sakit. Kemudian artwork yang digunakan memberikan kesan tersendiri dan sangat cocok dengan musiknya.

Pada free versionnya, game ini memberikan 10 chapter dan pada setiap chapternya terdapat 10 musik. Lalu ada pula hidden song dalam game ini. Hidden song merupakan versi lain dari musik yang bersangkutan. Untuk chapter lainnya, dapat dibuka jika membeli game ini.

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Carissa Bela


Published at : Updated
Written By
Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
SCC - Game Art | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close