People Innovation Excellence
 
Feature Image

Human Resource Machine: Belajar Pemograman dengan Game

Programming merupakan hal yang dianggap sulit oleh sebagian besar orang. Tidak semua orang dapat melakukannya. Karena itu, game buatan Tomorrow Corporation yang berjudul Human Resource Machine merupakan game yang sesuai bagi orang yang ingin mencoba programming tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman. Pada awal game ini, player akan diminta memilih employee ID yang sebenarnya merupakan save slot. Player akan memulai game sebagai seorang pegawai baru yang ditempatkan di bagian produksi. Untuk dapat menjalankan produksi dengan baik, akan disediakan beberapa perintah untuk dimasukan kedalam program sebelum dijalanjan. Perintah yang tersedia sesuai dengan objective dari level tersebut salah satu contoh perintahnya adalah jump yang digunakan untuk melompati urutan dalam program. Pada game ini juga terdapat story yang disisipkan pada lantai bergambar kopi.

Pada awalnya game ini terasa sangat mudah. Namun tidak membutuhkan waktu lama untuk merasakan challenge dari game ini. Level dalam game ini digambarkan dengan sebuah elevator yang semakin tinggi semakin meningkat pula tinggat kesulitannya. Pada setiap level terdapat 2 challenge yaitu Size Challenge dan Speed Challenge. Size Challenge adalah tantangan yang diberikan tergantung dari berapa banyak perintah yang dimasukkan kedalam program. Sedangkan Speed Challenge adalah tantangan yang diberikan tergantung dari berapa banyak langkah yang harus dilewati untuk menyelesaikan produksi. Saat dalam game, player dapat melihat challenge dan contoh dengan cara mengklik supervisor yang duduk dibagian kanan ruangan. Namun, contoh yang diberikan hanyalah awal dan hasil akhirnya sehingga jika sudah memahami soalnya, contoh ini tidak akan ada gunanya.

Kemudian, dari segi UI, game ini memiliki visual yang sederhana namun beberapa efeknya menarik. Misalnya ketika player salah memasukkan hasil akhir, supervisor akan mengeluarkan balon dialog berwarna merah dan akan ada efek guncangan yang memberi kesan bahwa supervisor sedang berteriak dengan hebatnya. Lalu pada elevator, terdapat efek glow pada tombol level. Tombol yang sudah bersinar menandakan bahwa level tersebut sudah pernah diselesaikan. Tombol yang berkedip menandakan bahwa level tersebut belum terselesaikan. Dan tombol yang tidak bersinar menandakan level masih terkunci karena level sebelumnya belum diselesaikan. Background music yang digunakan pada elevator dan dalam game berbeda. Pada elevator, digunakan background music yang riang sedangkan dalam game musik akan berubah menjadi musik yang tenang. Sound effect yang dihasilkan ketika menjalankan perintah terdengar lucu sehingga player tidak akan mengantuk karena mendengarkan musik yang tenang ketika memainkan game ini.

Referensi gameplay bisa merujuk ke: https://www.youtube.com/watch?v=HDrVlvUGfMI

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Carissa Bela


Published at :
Written By
Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
SCC - Game Art | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close