People Innovation Excellence
 
Feature Image

PlayStation 1: Menuju Era Game 3 Dimensi

PlayStation adalah salah satu konsol game yang memiliki cerita panjang dari awal diluncurkan hingga saat ini. Konsol ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan besar bernama Sony Interactive Entertainment pada 3 Desember 1994. Hingga saat ini PlayStation sudah memiliki 5 generasi dan apabila ditotal konsol ini sudah memiliki usia hingga 25 tahun. Tentunya banyak sekali hal-hal yang berubah dan berkembang mulai dari mesin konsol, design, controller, hingga game-game yang terus mengalami peningkatan. Berikut pembahasan konsol Playsation dari generasi awal hingga generasi yang terbaru.

Ini adalah cikal bakal dari konsol plyastation yang hingga saat ini ada. Konsol ini dirilis pada tanggal 3 Desember 1994 di Jepang. Di tahun perilisan konsol ini menjadi awal era baru video game yaitu era generasi kelima atau juga dikenal dengan era 32bit atau era 3Dimensi. Perbedaan yang mencolok dari generasi video game ke lima dibandingkan dengan generasi keempat adalah grafik polygon 3 Dimensi dengan pemetaan tekstur, kemampuan grafis 3Dimensi dengan pencahayaan, bayangan, anti-aliasing, dan pemfilteran tekstur, resolusi tampilan hingga 480i / 480p hingga 576i, dan yang paling penting adalah adanya penyimpanan game disk optic (CD-ROM) yang memungkinkan ruang penyimpanana yang jauh lebih besar hingga 650 MB.

Era tahun 90 an ini menjadi sangat penting bagi kemajuan teknologi di bidang game karena di era ini juga dimulailah pengembangan game-game berbentuk 3Dimensi yang sebelumnya hanya berbentuk 2Dimensi. Di era ini pula penggunaan cakram optic CD-ROM mulai digunakan dari sebelumnya hanya mengguanakan kartrid ROM. Oleh karena itu pengembangan game yang selama ini didominasi oleh genre 2D berubah menjadi game-game bergenre 3Dimensi, seluruh game di konsol ini mencapai 7.300 game dan juga dari sini PlayStation generasi pertama berhasil menjual hingga 120 juta unit. Untuk harga pada tahun perilisan konsol ini diberi harga 360 dolar AS atau 39.800 yen.

Spesifikasi lebih detail dari konsol Playstation generasi pertama ini adalah dapur pacu CPU yang dibekali 3232-bit MIPS yang memiliki kecepatan hingga 33 mhz, untuk GPU konsol ini disematkan 32-bit R900A, serta RAM dengan 2MB.

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Dimas Ramdhan

Published at : Updated
Written By
Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
SCC - Game Art | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close