People Innovation Excellence
 
Feature Image

PlayStation 2: Konsol terlaris sepanjang masa

Setelah keberhasilan konsol PlayStation generasi pertama, enam tahun kemudian tepatnya pada tanggal 4 Maret 2000 Sony merilis konsol Playstation generasi kedua di Jepang untuk pertama kalinya. Tanggal rilis tersebut didahului dengan adanya pengumuman yang dilakukan pihak Sony dalam acara Tokyo Game Show di tahun 1999 sehingga membuat semua penggemar konsol Playstation penasaran. Setelah pada tahun 2000 konsol ini dirilis di Jepang pada tahun berikutnya konsol ini di release kembali untuk wilayah Amerika Serikat dan Eropa.

Dalam era ini disebut juga sebagai era generasi keenam atau juga bisa disebut era 128-bit. Terdapat beberapa upgrade penting selain di mesin utama yaitu adanya tambahan controller DualShock generasi kedua yang memiliki bentuk mirip dengan DualShock generasi sebelumnya namun di generasi ini konektor yang digunakan berbentuk persegi dan hadirnya tombol analog yang lebih sensitive terhadap tekanan saat di mainkan. Fitur penting lainnya adalah mulai digunakannya kepingan DVD untuk menyimpan dan menjalankan game-game pada konsol ini. Fitur terakhir yang sangat luarbiasa adalah di konsol ini mulai bisa di gunakannya hardiks eksternal sebagai tempat penyimpanan game-game, jadi tidak perlu mengguanakan disc lagi.

 Di konsol Playstation generasi kedua ini bahkan memperoleh hasil yang sangat memuaskan dimana hasil penjualan konsol ini dapat mengalahkan generasi sebelumnya dengan total 150 juta unit. Namun sayangnya konsol ini telah berhenti di buat pada tahun 2012. Sony Computer Entertainment juga mendapatkan lisensi untuk game-game yang penting dan sangat terkenal seperti Final Fantasy X, Grand Thedt Auto III dan Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty. Untuk harga konsol ini pada tahun pertama kali release mencapai 299 dolar AS.

Referensi:

https://web.archive.org/web/20000510172554/http://www.arstechnica.com/cpu/1q99/playstation2-cpu.html

https://www.theguardian.com/technology/2013/jan/04/playstation-2-manufacture-ends-years?INTCMP=SRCH

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Dimas Ramdhan

Published at : Updated
Written By
Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
SCC - Game Art | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close