People Innovation Excellence
 
Feature Image

PlayStation 5: New Concept & New Experience

Kembali dengan waktu 6 tahun Sony akhirnya merilis generasi terbaru dari konsol PlayStation yaitu PlayStation 5 tepat pada tanggal 12 November 2020 untuk daerah Amerika Serikat, Jepang, Canada, Mexico, Australia, New Zealand dan Korea Selatan dan untuk negara lainnya dipastikan akan di release pada tanggal 19 November 2020. Untuk seri PlayStation 5 ini akan terdapat dua varian yaitu PS5 non-Digital dengan harga USD 499.99 dan untuk varin Digital dengan harga USD 399.

Beberapa upgrade terbaru dari mesin dan komponen PS 5 adalah adanya Disc Drive yang mendukung graphic hingga Ultra HD Blu-Ray, Modul antenna Wifi versi 6 dan ditambah Bluetooth 5.1. Untuk CPU PS5 dibekali dengan AMD Zen 2 8 Cores/ 16 threads dengan kecepatan hingga 3,5 GHz. Sedangkan untuk GPU dipasang AMD Radeon RDNA 2 yang memiliki kecepatan hingga 2,23 GHz yang dapat memproses operasi hingga 10,3 teraflops (TFLOPs). Sedangkan untuk memori digunakan RAM dengan kapasitas 8 GB GDDR6 yang memiliki kapasitas bandwidth hingga mencapai 448 GB/s. Untuk masalah penyimpanan PS5 dibekali dengan SSD berkapasitas 825 GB.

Untuk versi ini PlayStation dibilang memiliki upgrade yang sangat jauh dari generasi sebelumnya dimana dapat dilihat dari model bentuk yang sangat modern dan tidak terbatas memiliki bentuk persegi saja. Selain upgrade dalam model bentuk dan kapasitas mesin , PS 5 juga hadir dengan controller baru yang diberi nama DualSense selain memiliki desain yang futuristik controller ini juga memiliki fitur tambahan yang sangat berbeda apabila dibandingkan dengan pendahulunya yaitu adanya Mikrofon yang sudah disematkan dalam controller ini sehingga pengguana tidak perlu lagi untuk mengguanakn headset atau mikrofon tambahan lagi.

 Fitur kedua adalah Haptic Feedback, fitur ini memungkinkan pengguna dapat merasakan pengalaman bermain yang lebih hidup atau real dimana seperti situasi saat mengendarai sebuah mobil di berbagai macam bentuk jalan contohnya jalan yang berlumpur atau jalan yang memiliki aspal yang kurang rata, dengan menggunakan controller ini pemain akan merasakan feedback yang berbeda disetiap tracknya.

Fitur terakhir yang mengalami upgrade yang cukup jauh adalah adanya fitur Adaptive Triggers yang disematkan pada tombol R2 dan L2. Fitur ini memungkinkan pemain dapat merasakan feedback saat menekan tombol tersebut seperti contohnya saat bermain game bergenre shooter dimana pemain dapat merasakan perbedaan beban saat menekan tombol untuk setiap senjata api yang sedang  digunakan. Fitur-fitur tersebut pasti akan menambah game experience yang akan dirasakan pemain sehingga pemain dapat lebih menikmati game-game terbaru yang akan segera dirilis.

Untuk jadwal release di Indonesia PlayStation generasi ke lima ini dipastikan akan segera hadir pada tanggal 22 Januari 2021 dengan harga RP 7,299,000 untuk Digital Edition dan RP 8,799,000 untuk varian Ultra HD Blu-Ray Disc Drive. Adapula beberapa part aksesoris yang nantinya juga dapat dibeli yaitu DualSense Wireless Controller (Standalone) dengan harga RP 1,269,000.  HD Camera – dengan dual 1080p dibandol dengan harga RP 999.999. Media Remote dengan harga RP 499,00 dan terakhir adalah DualSense Charging Station dengan harga RP 499,000.

Referensi:

https://www.playstation.com/en-id/local/news/playstation5-launch-day/

https://www.playstation.com/en-id/ps5/

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Dimas Ramdhan

Published at : Updated
Written By
Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
SCC - Game Art | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close