People Innovation Excellence
 

Game Lokal Part 1: Coral Island – Mendapat Dana RP. 23 Miliar dalam 2 bulan

Perkembangan industry game dalam negeri semakin menunjukan hasil yang sangat baik. Salah satu hasil yang sangat luar biasa datang dari perusahaan pengembang game yang berasal dari daerah Yogyakarta yaitu Stairway Games dengan game yang mereka kembangkan berjudul Coral Island. Pada awalnya game ini menargetkan pendaan pada website Kickstarter sebesar US$ 70,000 apabila dirupiahkan sebesar RP 1 miliar. Namun dengan besarnya dukungan dari berbagai pihak, Coral Island dapat menyelesaikan target tersebut hanya dalam waktu 36 Jam saja. Dengan besarnya keinginan para calon pemain yang ingin melihat game ini selesai maka Coral Island dapat melewati target pendaan yang mereka ingin capai pada tahap pertama, total pendanaan yang didapatkan yaitu sebesar 23 Miliar yang dapat terpenuhi dalam waktu 2 bulan saja.

Gambar 1. Game Coral Island

               Menurut Soma Putera selaku producer Stairway Game, terdapat empat hal yang menjadi kunci sukses Coral Island mendapat pendaan hingga puluhan miliyar. Pertama adalah daya tarik game itu sendiri, game ini memiliki banyak sekali keunikan seperti terdapat unsur-unsur tradisional yang terinspirasi dari pulau Bali. Kedua adalah kualitas grafis yang ditawarkan kepada pengguna. Hal tersebut dikarenakan Coral Island dikembangkan menggunakan engine game Unreal Engine buatan Epic Games sehingga dapat memaksimalkan kualitas grafik game tersebut selain itu engine tersebut juga mudah dipelajari dan mudah untuk digunakan. Faktor ketiga adalah memaksimalkan ads atau iklan agar game yang dikembangkan dapat dikenal oleh banyak orang, sehingga bisa mendapatkan banyak dukungan. Kunci terakhir beliau menyarankan untuk selalu menjalin hubungan dengan semua komunitas game khususnya semua yang ikut memberikan bantuan pendanaan melalui platform Kickstarters.

               Game yang memiliki kemiripan dengan game Harvest Moon ini juga memiliki banyak sekali fitur yang diberikan. Dalam game ini pemain dapat menjalankan perkebunan dengan bercocok tanam, menambang, beternak, memancing, mendekorasi rumah hingga menyelesaikan semua cerita yang ada. Selain hal tersebut pemain juga dapat melakukan kegiatan yang unik seperti menyelam kedalam laut untuk membersihkan sampah didalam laut untuk menyelamatkan terumbu karang. Dalam game ini terdapat berbagai macam jenis karakter dengan total 46 dan memiliki latar belakang etnis yang berbeda-beda. Game ini akan direncanakan rilis pada tahun 2022 pada platform Steam, namun Stairway Games juga berencana akan memasarkan game Coral Islands pada platform PS4, Xbox One dan Nintendo Switch. Keberhasilan Perusahaan Stairway Game menunjukan bahwa, dalam mengembangkan game tidak harus menggunakan dana pribadi atau perusahaan saja. Modal atau dana juga dapat dicari dengan melalui platform crowd funding seperti Kickstarter.

Ref.

  1. https://www.agi.or.id/id/berita-terbaru/kampanye-kickstarter-coral-island-sukses-raup-rp23-miliar
  2. https://tekno.kompas.com/read/2021/03/31/11480087/game-coral-island-buatan-indonesia-kumpulkan-dana-rp-23-miliar-ini-kuncinya?page=all
  3. https://hybrid.co.id/post/coral-island
  4. https://www.kickstarter.com/projects/coralisland/coral-island-reimagining-the-farm-sim-game
  5. https://www.stairwaygames.com/coral-island

Penulis:

  1. Dimas Ramdhan
  2. Yogi Udjaja

Published at :
Written By
Dimas Ramdhan, S.Kom.
Faculty Development Program - 2020 | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close