People Innovation Excellence
 

Program Game Talent Indonesia – Jembatan antara Dunia Pendidikan dan Dunia Industri Game

Gambar 1. Penjelasan mengenai Game Talent ID

Talent atau bakat merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan sebuah industry. Dalam industry game salah satu talent yang paling banyak dicari adalah talenta-talenta dari lulusan perguruan tinggi. Melihat perkembangan indusrti game di Indonesia yang semakin pesat, para developer game yang diwakili oleh Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Agate Academy melihat bahwa masih adanya gap yang memisahkan antara industry game dan institusi pendidikan. Oleh karena itu kedua perwakilan tersebut bekerjasama dan meluncurkan program yang diberi nama Game Talen ID yang berguna untuk menjembatani komunikasi dan Kerjasama antar industry game dan institusi pendidikan. Beberapa program yang sudah direncanakan seperti acara webinar, internship sampai dengan pengadaan lomba dan kompetisi pengembangan game. Program ini telah di rilis pada tanggal 8 Maret 2021 memalui sebuah pertemuan yang mempertemukan perwakilan AGI, Agate Academy dan Institusi pendidikan yang memiliki program atau jurusan pengembanga Game. Pada acara tersebut dihadiri oleh 18 universitas anggota pertama pada Game Talent ID, salah satunya adalah jurusan Game Application and Technology Universitas BINUS Grater Jakarta yang diwakili oleh Bapak Ir. Andry Chowanda, S.Kom., MM., Ph.D., MBCS, CCP.

Menurut Cipto Adiguno selaku ketua AGI memaparkan bahwa, Program Talent Game Talent ID ini bertujuan untuk menyatukan para akademisi dengan pelaku industry serta supaya usaha-usaha AGI dalam mengembangkan talenta di industry game lebih merata. Hal tersebut sejalan dengan pemaparan oleh Aditia Dwiperdana selaku Vice President of Talent dari Agate yang menjelaskan bagwa dulunya Agate juga dibentuk dari para mahasiswa pada tahun 2009 sehingga program ini diharapkan dapat membantu para akademisi untuk membuat program bagi para mahasiswanya.

Dalam program ini Agate Academy dan AGI telah mempersiapkan beberapa program yang akan segera diselenggarakan. Program pertama adalah program yang ditujukan kepada para dosen, dimana Agate Academy dan AGI akan mengadakan webinar yang akan membahas progress industry game dan tren teknologi game yang sedang digunakan. Dengan adanya program webinar ini diaharapkan para dosen mendapat pengetahuan baru dan terus update. Program kedua adalah adanya diskusi yang membahas kurikulum dalam pembelajaran. Dari diskusi tersebut diharapkan dapat menyelaraskan kurikulum pendidikan dengan kebutuhan yang ada di industry, sehingga dari sisi industry akan lebih mudah untuk mendapatkan talenta-talenta yang dibutuhkan. Program ketiga adalah OMG atau yang disebut dengan Oh My Game Pitch Your Idea. Program tersebut memberikan kesempatan bagi para Mahasiswa untuk dapat mempresentasikan ide game yang mereka miliki dan kemudian ide tersebut akan diniliai dan diberimasukan oleh para pelaku industry game. Program terakhir adalah DiLO Game Academy, program tersebut adalah program magang di industry game, kompetisi pengembangan game, hingga adanya kuliah tamu yang akan mendatangkan pembicara-pembicara dari industry.

Dengan adanya program Game Talent Indinesia, dapat dilihat bahwa industry game di Indonesia telah memasuki babak baru. Dimana telah terhubungnya antara dunia Industri dan dunia Pendidikan yang saling berkolaborasi kedepannya. Hal ini akan membuka kesempatan-kesempatan yang besar bagi para mahasiswa untuk dapat memasuki dunia industry Game di Indonesia kedepannya.

Gambar 2. Penjelasan Jurusan Game Application and Technology BINUS oleh Bapak Ir. Andry Chowanda, S.Kom., MM., Ph.D., MBCS, CCP

Penulis:

  1. Dimas Ramdhan
  2. Yogi Udjaja

Published at :
Written By
Dimas Ramdhan, S.Kom.
Faculty Development Program - 2020 | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close