People Innovation Excellence
 

Rise of Nations Extended Edition : Alternative Game Strategy selain Age of Empires

(Source : idgb.com)

Jakarta – Bagi para pecinta genre game Real-Time Strategy pasti tidak asing dengan Age of Empires yang merupakan sekuel terkenal dari genre. Namun pada tulisan ini penulis ingin membahas salah satu game Real-Time Strategy yang tidak kalah bagus dibandingkan Age of Empires. Rise of Nations merupakan game yang dipublish oleh Microsoft Game Studios pada May 2003 silam. Game ini dikembangkan oleh Big Huge Games dan didesign langsung oleh Brian Reynolds selaku Game Designer.

Pada game ini kita dapat memulai dengan satu kota di zaman kuno lalu dengan mengumpulkan sumber daya kita dapat membangun infrastruktur lalu teknologi dan membangun maskot selayaknya Piramida dan Menara Eiffel. Adapun tersedia berbagai mascot yang dapat dibangun hingga 14 jenis. Saat membangun suatu negara kita juga dituntut untuk bagaimana mengembangkan suatu ilmu pengetahuan agar peradaban yang ada  terus berkembang.

Tersedia juga berbagai jenis permukaan map dari sungai, laut, gurun, gunung salju dan lainnya membuat tantangan dalam mengembangakan suatu negara menjadi lebih kompleks. Rise of Nations sendiri menyajikan hingga 18 jenis negara dimana setiap negara memiliki keunikan tersendiri serta memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Zaman waktunya sendiri juga teridiri dari 7 jenis skala yang membuat perkembangan pembangunan dari waktu ke waktu terasa beragam dan bertumbuh.

(Source : store.steampowered.com)

Tidak lupa kita dapat memperluas kekuatan militer di seluruh dunia dengan tujuan untuk mentaklukkan negara-negara musuh dengan pesawat pengebom, kapal perang, dan tank. Adapun hal tersebut juga berlaku bagi kita dalam melindungi negara agar tidak dapat dijangkau oleh musuh. Terdapat ratusan jenis objek militer (alutista) yang membuat keunikan dan experience dalam berperang menjadi lebih beragam. Hal tersebut meliputi alutista yang dapat beroperasi doi darat, air hingga udara. Kita juga disediakan berbagai opsi strategi berperang dalam suatu squad militer yang dapat diterapkan ketika menyerang maupun bertahan. . Disini juga kita disajikan pengalaman selayaknya menjadi suatu pemimpin yang dapat menentukan bagaimana suatu negara dijalankan. Hal yang dimaksud meliputi apakah suatu negara akan menerapkan demokrasi, monarki ataupun hal lainnya.  Tentunya hal tersebut menambah kompleksitas ketika perang terjadi dan menambah varian strategi.

Sebagai game Real-Time Strategy, Rise of Nations dapat menjadi opsi bagi kamu yang sudah merasa bosan dengan game selayaknya Age of Empires. Rise of Nations dianggap oleh sebagian kalangan menyajikan tingkat kompleksitas yang lebih baik dibandingka Age of Empires. Kompleksitas tersebut dapat terlihat dari bagaimana pemain membangun suatu negara yang meliputi infrastrukturnya secara mendetail untuk mengadakan perang maupun bertahan dari perang Kita juga dituntut untuk mampu bernegoisasi dimana kala kita membutuhkan waktu untuk mencegah, menunda, atau mengadakan perang. Melihat kompleksitas tersebut penulis percaya bahwa game ini cocok bagi mereka yang menginginkan keseruan berupa kompleksitas lebih dibandingkan Age of Empire.

Refrensi :

  1. Store.steampowered.com
  2. Idgb.com

Penulis:

  1. Muhamad Fajar
  2. Yogi Udjaja

Published at :
Written By
Muhamad Fajar
Faculty Development Program - 2020 | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close