People Innovation Excellence
 

Sejarah Singkat Age Of Empire

Age of Empire IV (Source : PCGamesn)

Jakarta – Setelah sekian lama menanti, Microsoft mengumumkan pada acara Gamescom 2017 bahwa mereka sedang mengerjakan Age of Empires IV. Sekuel Age of Empires sendiri dikenal sebagai game bergenre Real-Time Strategy yang memiliki basis penggemar sendiri. Sekuel ini dikembangkan pertama kali oleh Ensemble Studios dan dipublikasikan oleh Microsoft Games pada tahun 1997. Sekuel pertama dari Age of Empire bertemakan sejarah diantara zamazn batu hingga zaman besi. Lalu Mirosoft sendiri mengeluarkan paket ekspansi Rise of Rome yang pada akhirnya dirilis kembali dengan nama Age of Empire : The Rise of Rome pada October 1998.

Dikarenakan kesuksesan pada sekuel pertama maka setelahnya Microsoft meluncurkan sekuel kedua dari series Age of Empire II setahun berselang. Pada 30 September 1999 game ini dirilis untuk Windows dan Macintosh. Game yang dirancang oleh Greg Streer, Sandy Petersen, Karen Sparks dan Bruce Shelley ini memiliki dua mode yakni single player dan multiplayer. Age of Empires II sendiri dikembangkan menggunakan Genie Engines dimana Stephen Ripphy bertindak sebagai Composer pada game ini. Adapun game ini mengangkat tema sejarah pada zaman kegelapan hingga zaman penaklukan

Age of Empire II (Source : Steam)

Setelah berselang setengah dasawarsa, Mirosoft kembali merilis Age of Empires 3 pada 18 Oktober 2005. Berbeda dari sekuel sebelumnya, Age of Empires 3 untuk versi Mac OS di develop dan publish oleh Destineer Macsoft. Adapun berselang beberapa tahun kemudian game ini juga tersedia untuk platform mobile N-Gage yang dikembangkan oleh Glu Mobile. Game ini sendiri bertemanakan dimana ketika penaklukan Amerika oleh negara-negara dari eropa. Adapun pada Age of Empire 3 terdiri dari beberapa negara yang dapat digunakan. Beberapa negaranya antara lain ialah Turki Utsmani, Jeman, Rusia, Belanda, Inggris dan Perancis. Terdapat juga seri ekspansi dari game ini yang menghadirkan bangsa Aztek, Iroquis dan Sioux

Setelah lebih dari satu dekade akhirnya Microsoft kembali merilis lanjutan dari sekuel Age of Empires, yakni Age of Empire IV. Game yang dirilis pada 28 Oktober 2021 ini dikembangkan oleh Worlds Edge yang berkerja sama dengan Relic Entertainment. Game yang dapat berjalan pada Operating System Windows ini dipublish oleh Xbox Game Studios yang merupakan bagian dari Microsoft. Pada game ini para penggemar Age of Empires dapat memakai beberapa peradaban yang tersedia. Adapun peradaban tersebut antara lain adalah Peradaban Tiongkok, Peradaban Inggris, Peradaban Mongol, Kesultanan  Delhi, Peradaban Perancis, Abassid Dynasty, Holy Roman Empires dan The Rus.

Itulah rangkuman Age of Empires sekuel dari kesatu sampai yang terakhir saat ini. Buat kamu yang tertarik memainkannya Microsoft telah merilis beberapa sekuel yang telah di remastered. Hal tersebut membuat tampilan sekuel yang lama menjadi lebih menarik secara visual. Pastinya membuat keseruan dan nostalgia dipadukan menjadi hal yang menarik bagi para penggemar game Real-Time Strategy.

Refrences

  1. pcgamesn.com
  2. store.steampowered.com
  3. Wikipedia

Penulis:

  1. Muhamad Fajar
  2. Yogi Udjaja

Published at :
Written By
Muhamad Fajar
Faculty Development Program - 2020 | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close