People Innovation Excellence
 

Tutorial Membuat Joystick Biasa Agar Terdeteksi Di Game FIFA 22

FIFA 22 (Source : Origin.com)

 Jakarta –FIFA 22 sebagai game simulasi sepakbola yang banyak digemari oleh banyak penggemar sepakbola ini tidak sedikit dimainkan oleh penggemar sepakbola di Indonesia. FIFA 22 sendiri hadir pada beberapa platform next-gen seperti Playstation 5 maupun Xbox Series S. FIFA 22 memiliki banyak mode permainan yang dapat menghadirkan keseruan bagi para penggunanya. Mode-Mode tersebut ialah seperti Pro Club, Career Mode, Volta Football dan lainnya. FIFA 22 sendiri merupakan game dibuat oleh EA Sports ini telah dapat dimiliki oleh pengguna melalui Steam ataupun Origin bagi pengguna PC.

Pada Pengguna PC kita tahu sendiri bahwa joystick original selayaknya joystick Xbox memiliki harga yang tidak murah. Tidak sedikit banyak pengguna PC yang juga penggemar sepakbola ini memilih alternatif lain seperti membeli Joystick biasa yang banyak dijual marketplace dengan harga yang lebih terjangkau. Namun Joystick biasa yang dijual di toko online berkisar 40-90 ribuan ini dikenal tidak dapat terdeteksi oleh game selayaknya FIFA 22. Hal tersebut tentunya membuat beberapa para pemain FIFA 22 yang telah membeli Joystick biasa ini menjadi jengkel karenanya.

Joystick Biasa (Souce : Blibli.com)

Oleh karena itu penulis ingin membahas Bagaimana cara menggunakan joystick biasa agar dapat digunakan pada FIFA 22 secara maksimal menggunakan tool tambahan XOutput. Berikut tahap-tahap cara pengunaannya :

  1. Pertama ialah mendownload XOutput pada Official Github Page XOutput Release XOutput 3.32 · csutorasa/XOutput (github.com)
  2. Kedua mengesktrak file yang telah didownload
  3. Ketiga, mencolok joystick biasa ke PC
  4. Keempat, membuka XOutput.exe
  5. Kelima, pada bagian DirectInput kita menceklis “Show all input devices
  6. Keenam, memilih Controller yang akan dikonfigurasi pada bagian DirectInput
  7. Ketujuh, tekan tombol “Add Controller” pada bagian Game Controllers
  8. Kedelapan, klik tombol edit pada Controller untuk mengkonfigurasi pengunaan tombol pada Controller
  9. Kesembilan, setelahnya muncul pop-up controller klik tombol “configure all
  10. Kesepuluh, selanjutnya dapat menutup pop-up controller all
  11. Terakhir, pada kolom “Game Controllers” kita dapat menekan tombol “Start”. Setelahnya controller anda akan terbaca menjadi Xbox 360 Controller (XInput)

Setelah semua tahap diatas telah dilakukan dengan benar maka kita berhasil mengubah fungsi Joystick biasa (DirectInput) seolah-olah menjadi Xbox 360 Controller (XInput). Bila terdapat kesulitan dapat melihat cara pada tutorial pada video ini : USE ANY GAMEPAD AS XBOX 360 CONTROLLER!!! – YouTube. Tentunya tutorial pada tulisan ini dapat digunakan untuk memaksimalkan pengunaan semua tombol agar berfungsi di game FIFA 22.

Refrensi :

Penulis:

  1. Muhamad Fajar
  2. Yogi Udjaja

 


Published at :
Written By
Muhamad Fajar
Faculty Development Program - 2020 | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close