People Innovation Excellence
 

Xbox 360 Controller Emulator : Solusi Ubah Joystick Murah Jadi Mahal

(Source : Softonline.net)

 Jakarta –Bagi sebagian kalangan gamers memainkan suatu game PC terkadang menggunakan joystick selayaknya Xbox 360 Controller. Namun beberapa controller yang dijual secara murah di took online terkadang tidak dapat terbaca disebagian game yang hanya menerima Xinput selayaknya Xbox 360 Controller. Oleh karena itu terdapat beberapa tools yang dapat digunakan untuk menyelaraskan agar controller tersebut dapat digunakan selayaknya Xbox 360 Controller. Salah satu cara agar dapat menjadikan contoroller yang bukan Xinput ialah melakukan mapping dengan suatu tools seperti TocaEdit Xbox 360 Controller Emulator. Adapun tools ini tidak hanya dapat membuat controller agar terbaca seperti Xbox 360 Controller namun juga support dalam gamepad, steering wheel dan pedals. Dilansir dari x360ce.com sendiri bahwa tools ini telah digunakan untuk remapping joystick biasa selayaknya Generic USB Joystick ataupun Twin USB Gamepad lebih dari 1 juta kali.

Fitur remapping yang terdapat pada Xbox 360 Emulator ini juga dapat membuat steering wheel dan pedals untuk mengemudikan pesawat pada beberapa games seperti Mafia, Grand Theft Auto V dan Saints Row. Selain itu juga TocaEdit Xbox 360 Controller Emulator ini telah dipakai lebih dari 100 ribu kali pada game Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 dan Grand Theft Auto 5.  Adapun sebenarnya game ini telah support pada beberapa game terkenal diantara lain : Need For Speed Rivals, Need For Speed Payback, Rocket League, Dark Souls Prepare To Die Edition, StreerFighter V, Dark Souls III dan banyak game lain.

Dilain sisi tools TocaEdit Xbox360 Controller Emulator ini telah sampai pada version 3.x dimana tools dapat memiliki user-interface dan dapat ditutup sebelum meluncurkan suatu game. Lalu pada version 4.x untuk mengatasi beberapa game yang memiliki pembaharuan dimana game-game tertentu tidak bisa lagi support pada version sebelumnya. Oleh karena itu, sampai tulisan ini dibuat penulis menyarankan untuk menggunakan versi terbaru yang dikeluarkan pada website resmi TocaEdit Xbox360 Controller Emulator. Adapun terdapat beberapa video tutorial untuk menjelaskan cara kerja tools ini pada Youtube x360ce – YouTube. Sebelum itu kita harus memastikan bahwa System Requirement ialah menggunakan Windows Vista atau yang lebih baru, telah memiliki NET 3.5, memiliki DirectX End-User Runtime (June 2010) dan Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2013.

Refrensi :

  1. x360ce.com

Penulis:

  1. Muhamad Fajar
  2. Yogi Udjaja

 


Published at :
Written By
Muhamad Fajar
Faculty Development Program - 2020 | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close