People Innovation Excellence
 

Amnesia : A Machine for Pigs

Amnesia : A Machine for Pigs adalah seri kedua dari game berjudul Amnesia. Setelah di seri sebelumnya yaitu Amnesia : The Dark Descent ditahun 2010, sang developer Frictional Game melakukan hal yang mengejutkan yaitu mereka menyerahkan pembuatan game ini kepada Developer Chinese Room. Bannyak perbedaan style dari seri sebelumnya. Seperti contoh hilangnya fitur seperti Sanity Meter. Namun tetap saja game Amnesia ini menjadi game yang ditunggu oleh penggemar game horror.

Amnesia : A Machine for Pigs direlease pada tahun 2013 untuk OS,Linux,Microsoft windows dan kembali release pada November 2016 untuk PS 4.

Sisi cerita yang disuguhkan masih memiliki style yang sama seperti seri sebelumnya, disini kita akan berperan sebagai Oswald Mandus ,seorang pekerja industrialis yang terjebak dalam sebuah misteri dan harus menyelamatkan dirinya. Diseri ini walapun memiliki cerita yang berbeda Amnesia : A Machine For Pig tetap memiliki settingan di universe yang sama. Yaitu style tahun 1899 yang menjadikan game ini mempunyai nuansa yang mistis.

Permainan dimulai ketika karakter utamamu yang bernama Oswald Mandus terbangun di kamarnya. Ingatan Mandus hilang, sehingga hal tersebut akan memaksanya untuk menjelajahi rumah besar dan kompleks industri yang angker, juga mengikuti bayangan kedua anak kecil yang mengaku sebagai anaknya. Namun semakin dalam Mundus menjelajahi tempat-tempat tersebut dan menemukan sejumlah rahasia yang tersembunyi di dalamnya, Mandus mendapati dirinya harus melarikan diri dari kejaran sesosok monster mengerikan yang ingin membunuhnya!!

Alur permainan awal dalam A Machine for Pigs memang tidak terlalu jauh berbeda dengan The Dark Descent, namun selanjutnya kisah yang dihadirkan tampil sangat unik. Game ini tidak menggunakan sistem inventory dan menghilangkan fitur Sanity Meter, sehingga Mandus tidak akan menjadi gila kalau ia terlalu lama berada di tempat gelap. Sedangkan seluruh puzzle yang gamer temui dapat dipecahkan melalui interaksi dengan obyek dan lingkungan sekitar, dan lampu senter yang dibawanya tidak akan pernah padam akibat kehabisan baterai. Hal-hal yang telah disebutkan membuat permainan menjadi lebih sederhana dan kurang menantang, namun hal itu memang disengaja karena tujuan utama dari A Machine for Pigs bukan menghadirkan permainan yang kompleks atau puzzle-puzzle yang sulit dipecahkan.

Amnesia: A Machine for Pigs lebih mengutamakan narasi alur cerita yang solid. Rasa takut yang pemain temukan tidak hanya bersumber dari kejaran monster atau elemen jump scare saja, tetapi juga dari narasi cerita yang mengejutkan dan atmosfir dunia permainan secara keseluruhan. Amnesia: A Machine for Pigs adalah game yang menarik sekaligus menyeramkan, yang akan menguji nyali sekaligus mencoba melihat sejauh mana keberanian kalian dalam menguak rahasia mengerikan yang tersembunyi, sebelum pada akhirnya berhenti karena merasa takut.

Penulis:

  1. Yogi Udjaja
  2. Dimas Ramdhan

 


Published at :
Written By
Dimas Ramdhan, S.Kom.
Faculty Development Program - 2020 | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close