People Innovation Excellence
 
Feature Image

Dynamix: Rhythm Game for Smartphone

 

Dynamix: Rhythm Game for Smartphone

Dynamix merupakan sebuah rhythm game yang dibuat oleh C4CAT. Game yang dikhususkan untuk smartphone ini dapat dimainkan oleh pengguna android dengan versi 4.0.3 ke atas dan oleh pengguna iOS dengan versi 7.0 ke atas. Game ini memiliki ukuran file kurang lebih 265 MB.

Game ini sistemnya mirip dengan Deemo, dimana player harus mengetuk not yang datang ke garis batas sesuai dengan lagu yang dimainkan. Namun, ada perbedaan yang membuat Dynamix tak kalah menarik dibandingkan game lain adalah game ini memiliki 3 garis batas yaitu di kiri, kanan dan bawah. Not datang dari ketiga sisi tersebut. Hal inilah yang menjadikan tantangan tersendiri bagi player yang memainkannya. Untuk garis di sisi kanan dan kiri, terdapat 2 macam garis. Jenis pertama adalah garis batas dimana harus not di ketuk seperti garis yang di bawah, jenis kedua yang hanya perlu digeser – geser saja. Jika player masih baru dan tidak dapat memainkan semuanya, game ini menyediakan fitur auto, auto dapat digunakan untuk sebagian jika player hanya ingin memainkan sisi tertentu ataupun seluruhnya jika player hanya ingin mendengarkan lagu maupun memperhatikan notnya. Game ini juga memiliki option lainnya seperti bleed dan mirror. Jika option bleed di on, maka player akan memiliki semacam bar nyawa yang akan berkurang setiap miss dan dapat bertambah jika player berhasil mengetuk not. Sedangkan mirror, semua notnya akan dibalik secara horizontal sehingga yang seharusnya di kiri akan muncul di kanan.

Dalam game ini, setiap lagunya memiliki antara 2 hingga 3 tingkat kesulitan. Ada Easy, Normal dan Hard. Lalu terdapat pula perbedaan level antara lagu yang satu dengan yang lainnya walaupun tingkat kesulitannya sama. Misalnya lagu yang memiliki kesulitan Easy level 1 tentu lebih mudah dari lagu yang memiliki kesulitan Easy level 3. Jika memilih menu extra, akan muncul 1 tingkat kesulitan lagi yaitu Mega. Namun, tidak semua lagu memiliki tingkat kesulitan ini. Selain itu, kecepatan datangnya not dapat diatur. Ukuran not juga dapat diperkecil agar semakin menantang.

Pada game ini, terdapat banyak lagu yang dapat dimainkan mulai dari pop hingga chiptune. Game ini dapat di-download dengan gratis, namun, tidak semua lagunya dapat dimainkan secara gratis. Beberapa lagu harus dibeli dahulu sebelum dapat dimainkan. Pada game ini juga terdapat level. Beberapa lagu hanya bisa di unlock ketika mencapai level tertentu. Setelah memainkan sebuah lagu, akan muncul hasil dari lagu tersebut. Yang dimaksud dengan hasil disini adalah grade, score, hingga tambahan EXP. Kemudian, toko pada game ini tidak hanya menjual lagu saja, tetapi juga menjual EXP Boost dan karakter. Setiap karakter memiliki kegunaannya masing-masing. Ada yang dapat menambahkan EXP, ada juga yang menambahkan HP.

Dari segi visualnya, game ini memberikan kesan yang cukup futuristik. Font yang digunakan cukup unik namun tetap mudah dibaca. Beberapa bagiannya menggunakan font yang memiliki efek glow. Dalam gamenya pun terdapat efek glow saat not diketuk. Namun, glow tersebut tidak membuat sakit mata. Artwork yang digunakan pada lagunya pun disesuaikan dengan genre musiknya. Misalnya pixel art untuk musik chiptune.

Referensi gameplay bisa merujuk ke: https://www.youtube.com/watch?v=qqoy-kglybo

Penulis:

  1. Yogi Udjaja
  2. Carissa Bela

 

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close