People Innovation Excellence
 
Feature Image

Game Design of Actua Tennis

Game Actua Tennis ini merupakan salah satu series dari Actua Sport game yang diproduksi oleh Gremlin Interactive. Game bergenre sport dan single player mode ini sangat menarik dan mengandung pola permainan yang unik dan seru. Game ini dipublish oleh Gremlin Interactive dan berplatform di Playstation, dan Windows. Game ini dirilis tahun 1998 (untuk Playstation), tahun 1999 (untuk Windows). Game ini mendapat review yang campuran dari GameRangkings berupa 84% untuk versi Windows, serta 53% untuk versi Playstation.

Gameplay

Dari segi gameplay sebenarnya pola permainan dan cara bermain game ini sama dengan olahraga tennis pada umumnya, yaitu setiap pemain harus memukul bola dan menjatuhkannya di area lawan. Setiap bola yang berhasil jatuh di tempat lawan, maka pemain yang berhasil menjatuhkan bola tersebut akan mendapatkan skor. Semakin banyak skor yang didapat oleh pemain maka akan menentukan siapa pemenangnya pada akhir pertandingan. Pemain dengan skor tertinggilah yang akan memenangkan pertandingan. Setiap pertandingan diberi waktu sesuai dengan olahraga tennis pada umumnya. Aturan yang dipakai juga sesuai dengan pertandingan/kejuaran tennis.

Gambar diatas merupakan tampilan saat pertandingan berlangsung (pemain sedang melawan AI)

Art

Dari segi gambar dan grafik yang ada, game ini terbilang bagus untuk saat zamannya. Bila dibanding sekarang tentu jelas berbeda dan tidak pantas untuk dibandingkan karena peralatan dan teknologi yang ada pada zaman tersebut belum secanggih sekarang. Komposisi dari paduan warna warna yang ada juga baik. Variasi lapangannya pun banyak dan kombinasi warna dari setiap lapangannya cukup memuaskan. Gambar dari karakter serta sprite sprite gerakannya pun sudah cukup baik.

Story

Game ini sebenarnya tidak memiliki sisi story, karena game ini bertemakan permainan tennis yang dibuat menjadi sebuah game, dan seperti game sport lainnya yang tentunya tidak memiliki alur cerita. Walaupun tidak memiliki alur cerita, tetapi game ini tetap menarik sebab mode dan stage yang tersedia banyak, sehingga player tidak mudah bosan, dan dapat mengganti mode permainan sesuka hati.

Sound

Game ini memiliki komposisi suara yang sesuai dengan kondisi permainan yang sedang berlangsung. Gaya musiknya juga casual sehingga membuat pemain menjadi lebih santai dan tenang dalam memainkan game ini. Kombinasi ini tentunya juga membuat pemain nyaman dan lebih rileks, khususnya untuk melepas jenuh akibat kegiatan sehari hari. Sound effect yang ada sesuai dengan kondisi yang terjadi, contohnya saat bola masuk ke tempat lawan sehingga mencetak angka, maka akan ada sound effect suara sorak sorai dari para penonton.

Game Balancing

Dari segi game balancing, tidak ada terlalu signifikan, dikarenakan setiap mode permainan kelihatan sesuai dan tidak terlalu sulit untuk dimainkan. Pemain bisa dengan mudah melewati setiap level dan mode apabila sudah terbiasa dan mengetahui titik celah dalam menyelesaikan setiap stage yang ada. AI yang menjadi lawan kita pun juga masih dalam batas yang wajar dan tidak overpower (OP).

Sekian review dari kami, semoga bermanfaat dan bisa dipahami, terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca.

Penulis:

  1. Yogi Udjaja
  2. Samuel

Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close