People Innovation Excellence
 
Feature Image

BINUS Bekerjasama dengan KOMINFO, Gelar FGA DTS 2022

BINUS melalui SoCS kembali bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyelenggarakan Program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS) 2022. Jumat (15/7/2022), kegiatan ini resmi dibuka secara daring oleh Kepala Program Studi Matematika dan Statistika  Dr. Ir. Alexander Agung Santoso Gunawan, S.Si., M.T., M.Sc., IPM yang mewakili dekan dalam rangkaian acara “Opening Ceremony FGA”.

Pak Alex menyampaikan, FGA DTS merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang bertujuan untuk membekali para lulusan untuk siap terjun ke dalam dunia industry dan tentunya memiliki kompetensi profesional, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu bersaing secara global.

Ibu Syarifah Diana Permai, S.Si., M.Si., sebagai perwakilan panitia FGA di BINUS menyampaikan hal-hal teknis yang perlu diperhatikan selama kegiatan berlangsung. Pada tahun 2022 skema pelaksanaan program FGA yang diselenggarakan bekerja sama dengan mitra Perguruan Tinggi dan 5 mitra global technology companies dengan 19 tema pelatihan dan semua pelaksanaan pelatihan ini bersifat daring.

Sekitar 39 Dosen dari SoCS BINUS ikut berkontribusi sebagai pengajar pada program FGA ini. Tema-tema yang disajikan pada program FGA DTS 2022 merupakan tema yang sudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi yang telah bermitra dengan program ini . Adapun tema pelatihan yang akan dibawakan oleh SoCS adalah Big Data Analytic using Python, AI for Junior Developer, dan Azure for Beginners: Azure Fundamentals,Data Fundamentals, AI Fundamentals.

Pelaksanaan pelatihan ini dimulai senin 18 Juli 2022 dan akan berakhir menyesuaikan tema yang diambil, Big Data using Python akan berakhir hingga 31 Agustus 2022 (32 pertemuan), AI for Junior Developer akan berakhir hingga 18 Agustus 2022 (23 pertemuan) , dan Microsof Azure for Beginners akan berakhir hingga 29 Agustus 2022 (18 pertemuan).

Aktivitas dalam Program FGA DTS 2022 , yaitu:

  1. Self-paced Learning/Belajar Mandiri: peserta belajar secara mandiri melalui laptop/komputer, jadwal pelaksanaan self-paced learning diatur secara mandiri oleh peserta dalam batas durasi pelatihan;
  2. Live Session/Webinar: Sesi tatap muka secara daring/online antara Instruktur dan peserta, peserta akan dipandu langsung dan berinteraksi dengan Instruktur;
  3. Hands-On-Labs/Praktikum: Peserta menyelesaikan tugas atau praktek untuk mengetahui sejauh mana pemahaman terhadap materi yang telah dipelajari;
  4. Grup Kelas: Peserta akan bergabung dalam grup kelas yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan Panitia Penyelenggara, Instruktur dan seluruh peserta FGA DTS;
  5. Evaluasi/Exam: Peserta akan mengikuti proses evaluasi pelatihan dalam bentuk kuis, ujian, atau menyelesaikan sebuah provek;
  6. Program Sertifikasi: Program in diberikan khusus kepada peserta yang memiliki kriteria sesuai dengan ketentuan dan keputusan panitia penyelenggara yaitu KOMINFO.

Benefit yang didapatkan oleh para peserta tentunya sangat bermanfaat sebagai modal untuk bersaing di industri yaitu peserta akan mendapatkan sertifikasi global yang akan dikeluarkan oleh mitra global company seperti dari Azure, AWS, CISCO, dan Certificate of Completion  dari KOMINFO.

Program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kompetensi dan daya saing mahasiswa di dunia industri baik nasional maupun global,  sehingga SDM Indonesia dapat bersaing di tingkat nasional maupun global. Serta mengakselerasi pemenuhan kebutuhan tenaga terampil yang siap pakai di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close