People Innovation Excellence
 
Feature Image

Kedaireka Workshop Series 3 : Development of Simple Apps for Object Detection

Merangkum dari seri workshop sebelumnya, dengan tema Introduction to Python dan Model in Machine Learning. Seri Pertama workshop menjabarkan salah satu bahasa pemrograman beserta struktur data dan berbagai fungsinya yang digunakan untuk penerapan Artificial Intelligence, yaitu Python. Seri Kedua workshop menjabarkan beberapa model yang bisa digunakan untuk Machine Learning di dalam tugas berupa clustering dan classification.

Pada tanggal 04 Oktober 2022, pada pukul 13.30-15.30 WIB, berlokasi di Gedung Century Healthcare, Jakarta Selatan, dilaksanakan Seri Ketiga yang merupakan seri terakhir dari acara WORKSHOP ENCHANCE YOUR APPS WITH AI CAPABILITIES dengan tema berupa “Development of Simple Apps for Object Detection” yang diselenggarakan oleh Universitas Bina Nusantara yang berkolaborasi dengan PT Pharos Indonesia. Materi pada Seri Ketiga workshop dibawakan oleh Bapak Ivan Sebastian Edbert, S.Kom., M.Kom.

Seri Ketiga workshop berfokus kepada tata cara untuk membuat atau mengembangkan suatu aplikasi sederhana yang berbasis algoritma atau model Machine Learning didalamnya, dengan tugas berupa pendeteksian objek oleh komputer (computer vision). Dalam acara ini, dilakukan demo penerapan langkah demi langkah kepada para peserta workshop dalam merancang aplikasi tersebut. Perancangan aplikasi sederhana ini memanfaatkan model machine learning berupa YOLO (You Only Look Once) Version 4 yang berbasis arsitektur CNN (Convolutional Neural Networks) yang dilatih dengan menggunakan dataset untuk tugas object detection, yaitu COCO (Common Object in Context). Aplikasi ini mampu melaksanakan tugas deteksi objek untuk identifikasi berupa manusia, kendaraan, hewan dan objek lainnya.

YOLO merupakan salah satu model machine learning yang banyak digunakan untuk pelaksanaan tugas deteksi objek menggunakan komputer karena kecepatan dan efisiensinya yang tinggi dalam mendeteksi objek, seperti pada rekaman video ataupun live stream. Pada saat ini, model YOLO sudah memasuki Version 7 sebagai varian tertingginya untuk menyesuaikan dengan kualitas gambar dan video yang terus bertumbuh seiring perkembangan teknologi.

Melalui Seri Ketiga yang merupakan sesi penutup dari WORKSHOP ENCHANCE YOUR APPS WITH AI CAPABILITIES, ditampilkan bahwa komputer akan terus bertumbuh mendekati perilaku kehidupan manusia melalui bidang Artificial Intelligence, seperti contoh yang telah ditunjukkan melalui seri ini berupa pembentukan aplikasi komputer sederhana yang mampu mendeteksi bermacam – macam objek yang terdapat di dalam kehidupan sehari – hari. Melalui workshop yang diadakan oleh Universitas Bina Nusantara bersama PT Pharos Indonesia, muda-mudi diajak untuk terus mengembangkan kemampuan dalam pembentukan aplikasi & teknologi, yang tentunya juga menerapkan kemampuan Artificial Intelligence di dalam aplikasi tersebut untuk bisa terus meningkatkan proses kerja manusia menjadi lebih efektif dan efisien.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close