People Innovation Excellence
 
Feature Image

Workshop : Pengembangan Perangkat Lunak Berbasis Sistem Cerdas

Senin, 18 Oktober 2022, berlokasi di Universitas Bina Nusantara, Kampus Anggrek, pada pukul 13.30 – 15.30 WIB, diadakan Workshop bertemakan “Pengembangan Perangkat Lunak Berbasis Sistem Cerdas”. Workshop ini diadakan secara onsite dan online oleh Universitas Bina Nusantara yang berkolaborasi dengan PT Pharos Indonesia, dengan pembicara pertama yang dibawakan oleh Bapak Hidayaturrahman dengan topik mengenai AutoCopywriting with AI dan pembicara kedua adalah Bapak Yoga Pratama Aliarham, dengan topik mengenai Machine Learning in Production. Acara ini dibuka dengan kata sambutan dari Bapak Dr. Ir. Derwin Suhartono, S.Kom., M.TI. sebagai Head of Computer Science Department of BINUS University.

Pada sesi pertama dengan topik AutoCopywriting with Artificial Intelligence (AI), dibawakan oleh Bapak Hidayaturrahman yang merupakan seorang professional di bidang AI Solution Developer. Sebagai pembuka, Bapak Hidayat melaksanakan demo untuk menampilkan kehebatan Artificial Intelligence (AI) untuk melaksanakan proses copywriting yang lebih cepat dan efisien dibandingkan manusia. Dengan menerapkan AI di dalam tugas copywriting, maka tidak diperlukan banyak tenaga ahli atau expertis untuk membentuk tulisan tersebut, sehingga bisa menghemat dari segi biaya dan waktu pengerjaan.

Namun, bentuk copywriting yang dihasilkan oleh AI masih bersifat terlalu umum dan acak sehingga masih diperlukan pengaturan untuk mengoptimalisasi performa dari AI tersebut agar kalimat ataupun paragraf yang dihasilkan bisa terlihat lebih alami dan penuh dengan logika dasar manusia. Bentuk pengaturan yang dimaksudkan pada AI atau model yang disebut sebagai AutoCopywriting berada pada atribut model, seperti panjang kalimat, jumlah cabang kata yang menjadi potensi kata berikutnya, tingkat kemunculan suatu kata, dan masih banyak lagi. Pengaturan dari AI tersebut bisa dikostumisasi ketika sedang dikembangkan dengan tujuan memperoleh teks atau paragraf yang bisa disesuaikan dengan preferensi target audience.

Pada sesi kedua workshop, dibawakan oleh Bapak Yoga Pratama Aliarham dari perusahan Tiket.com dengan topik Machine Learning in Production yaitu penerapan machine learning di dalam industri dan bagaimana machine learning dapat mengembangkan proses bisnis menjadi lebih baik. Pada dasarnya model machine learning tidak dapat dikatakan pintar karena masih membutuhkan banyak peningkatan dan berbagai pengaturan dari operator. Namun, dengan menggunakan machine learning, maka mencapai tujuan utama di dalam bisnis bisa menjadi lebih efisien dan lebih hemat, khususnya dalam hal pengolahan data. Salah satu fungsi machine learning adalah Recommendation System untuk memberi rekomendasi produk kepada pengguna berdasarkan produk yang telah digunakan atau telah dibeli. Berdasarkan pengalaman Bapak Yoga, data yang digunakan untuk melatih model machine learning khususnya untuk proses bisnis harus diperbarui (update) secara berkala demi memperoleh performa optimal terhadap pemahaman data yang diperlajari model machine learning.

Melalui workshop ini, telah ditampilkan penerapan Artificial Intelligence dan Machine Learning yang bisa dikembangkan untuk mencapai tujuan bisnis sehingga proses pengolahan data bisa optimal dan sesuai dengan target bisnis yang ingin dicapai. Hal lain yang bisa disimpan sebagai catatan adalah Artificial Intelligence dan Machine Learning memiliki peluang di dalam dunia bisnis yang akan terus bertumbuh berkat ketersediaan data yang sangat luas dan permintaan publik yang terus meningkat dan beragam sesuai perkembangan jaman. Maka dari itu, melalui workshop ini diharapkan para peserta bisa ikut serta untuk mengembangkan Artificial Intelligence dan Machine Learning sehingga mampu menggapai peluang yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi pada masa terkini.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close