PENGEMBANGAN APLIKASI BUSINESS-TO-BUSINESS BERBASIS SOCIAL MEDIA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BIG DATA

Oleh : Herlina Astari, Deska Rayipangesti, Chyntia Stella Oktarina, dan Aditya Kurniawan

Perusahaan pada saat ini sudah mulai menggunakan sistem informasi untuk melakukan transaksi bisnis. Hal tersebut membuat penulis melakukan penelitian dengan tujuan mengembangkan suatu aplikasi social media dengan platform web yang bermanfaat untuk melakukan proses bisnis antar perusahaan secara online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu metode pengumpulan data dan metode pengembangan sistem. Metode pengumpulan data terdiri dari dua bagian, yaitu studi pustaka dan survei yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Untuk metode pengembangan sistem digunakan metode scrum. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah aplikasi yang dapat mempermudah proses bisnis perusahaan yang dilengkapi dengan fitur offer, request dan order. Dengan adanya aplikasi social media ini, perusahaan dapat langsung berinteraksi dengan perusahaan lain yang ada di dalam list partner untuk melakukan penawaran dan pembelian barang dan jasa secara cepat.

Kata Kunci: social media, business-to-business, big data