Bocoran Paten Rahasia GTA VI Ungkap Teknologi Keringat dan Hujan Super Realistis!

Gambar 1. Screenshot Game GTA VI (https://www.rockstargames.com/VI)
Trailer kedua dari game GTA VI telah menunjukan kepada dunia bahwa game ini telah berada di level yang berbeda. Kali ini GTA VI berlatar di wilayah subtropis yang penuh dengan cuaca ekstrim dan kelembaban tinggi yaitu di negara bagian Leonida. Salah satu paten menarik milik Take-Two Interactive, bernomor US10685152B2, meceritakan fluid simulation ke tingkat yang lebih lanjut dan dirancang untuk menghadirkan efek seperti keringat, darah, hujan, hingga genangan air dengan tingkat kerealistisan yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Teknologi ini berpotensi menjadi pilar utama dalam game GTA VI.
Paten ini menjelaskan metode hyperrealistic fluid simulation pada permukaan 3D yang memungkinkan berbagai macam cairan seperti air, keringat, atau minuman berinteraksi secara alami dengan karakter maupun dengan environment yang ada di dalam gamenya. Sistem ini tidak hanya membuat karakter tampak basah saat kehujanan, tetapi juga mengkalkulasikan bagaimana tetesan air mengalir di atas kulit, menempel pada pakaian, dan juga membentuk genangan di permukaan datar.
Latar belakang
Industri game, khususnya game yang mensimulasikan acara olahraga profesional, akan selalu berusaha untuk memasukkan sebanyak mungkin realisme ke dalam game yang sedang dibuatnya. Salah satu contohnya adalah membuat karakter pemain, seorang atlit basket, berkeringat sepanjang permainan. Teknik konvesinal yang digunakan untuk menampilkan keringat pada pemain umumnya menggunakan animasi normal map yang mengonsumsi storage dan daya pemrosesan yang besar. Selain itu, animasi normal map memerlukan serangkaian normal map beresolusi tinggi, misalnya 30-60 frame dengan resolusi 512×512 px. Untuk mempercepat pemrosesan, animasi berulang diperlukan dengan hanya satu animasi yang disimpan, artinya setiap karakter harus berbagi animasi tersebut. Oleh karena itu, diperlukanlah sistem dan metode yang memfasilitasi simulasi dan visualisasi cepat dari cairan seperti keringat pada model karakter secara real-time.

Gambar 2. cScreenshot game GTA VI (https://www.rockstargames.com/VI)
Bagaimana Teknologi ini Bekerja?
Dalam dokumen paten ini, sistem ini menggunakan data-fluid system mapping dimana setiap permukaan baik itu permukaan dari kulit dari karakter, kendaraan, maupun jalanan memiliki parameter khusus yang menentukan bagaimana cairan bereaksi di atas permukaan objek tersebut. Bahkan sistem ini dapat menentukan memperhitungkan gravitasi, arah dan kecepatan angin, dan suhu untuk mengubah perilaku cairan secara dinamis. Nantinya setiap permukaan dari objek akan diproyeksikan menjadi objek 2D dan akan ditambahkan grid pada permukaannya. Perubahan jumlah cairan yang ada pada tiap bagian grid nantinya akan dikalkulasikan berdasarkan berbagai parameter seperti di antaranya force (gravitasi, angin), neighbour, ukuran tetesan air, debit penguapan, dan sistem produksi cairan seperti melalui kelenjar keringat. Seluruh kalkulasi ini kompatibel arsitektur paralel seperti GPU sehingga kalkulasi menjadi efisien dan menghasilkan hasil yang realistis secara real time.
Aplikasi Praktis
Pada game-game open world, sistem ini dapat memberikan detil kecil yang dapat meningkatkan imersif pada pemain saat memainkan game-nya. Seperti pada saat karakter yang berkeringat setelah berkejar-kejaran, darah yang mengotori jaket, jalanan yang mengkilap setelah hujan. Banyak liputan populer yang menyinggung bagaimana paten ini akan diaplikasikan di berbagai judul game AAA di masa depan.

Gambar 3. Screenshot game GTA VI (https://www.rockstargames.com/VI)
Kesimpulan
Paten ini menandai sebuah kemajuan yang cukup penting dalam teknologi fluid physics dalam menampilkan simulasi grafis secara real-time. Dengan metode yang efisien dalam mensimulasikan cairan seperti keringat, darah, dan air pada permukaan objek 3D yang diproyeksikan dalam mapping 2D, sistem ini akan menghasilkan efek visual dari simulasi cairan yang sangat realistis tanpa membebani sumber daya maupun memori. Pendekatan ini membuka peluang besar untuk GTA VI menghasilkan visual yang sangat memukau dan layak ditunggu kerilisannya.
Penulis
Daniel Kevin Jhon Feko Wahyudi, S.Kom – FDP Scholar
Referensi
Wloka, M. M. (2020, June 16). Systems and methods for fast simulation and visualization of sparse fluids (U.S. Patent No. 10,685,152 B2). U.S. Patent and Trademark Office. https://patentimages.storage.googleapis.com/9e/25/7f/fe40ba91d19cf0/US10685152.pdf
GameGPU. (2025, May 19). GTA 6 can get realistic animation and NPC behavior — found more than 7 patents from Take-Two. GameGPU. https://en.gamegpu.com/game/gta-6-can-get-realistic-animation-and-npc-behavior-and-instant-downloads-found-more-than-7-patents-from-take-two
Icy-Veins. (2025, May). GTA VI Top Ten Patents Owned by Take-Two! Icy-Veins. https://www.icy-veins.com/other-games/news/gta-vi-top-ten-patents-owned-by-take-two
Comments :