LIST TOPIK KP NON-REGULAR 2014


Artificial Intelligence 

Judul Topik Artificial Intelligence , Neural Network , Expert System , Mobile Smart Application
Dosen Pembimbing D3087 – Afan Galih Salman, ST., M.Si.
Judul Topik Model Pengajaran Materi Komputer Grafik dengan OpenGL
Dosen Pembimbing D0533 – Djunaidy Santoso, Dipl.Ing., M.Kom.
Judul Topik 1. Temu Kembali Citra / Pengelompokan Citra2. Klasifikasi Citra Daun

3. Identifikasi Citra Buah

4. Pemanfaatan Sistem Pakar untuk Mendeteksi Penyakit dengan ANFIS

5. Seleksi dan Penentuan Pegawai/Karyawan/Pelajar Terbaik

6. Rekomendasi Penerima Beasiswa dengan Fuzzy Query dan Database

7. Pengenalan Citra Wajah dan Identifikasi Sidik Jari

Dosen Pembimbing D2211 – Abdul Haris Rangkuti, S.Kom., MM., M.Si.
Judul Topik 1. Vision-Based Grasping for Arm Robot2. Development of Multiplayer Educational Games using Android/BB

3. Swarm Robot

Dosen Pembimbing D2637 – Dr. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom.
Judul Topik 1. Automatic Text Summarization2. Automated Essay Scoring/Grading

3. Automated Essay Feedback

4. Question Answering System

5. Speech Recognition

Dosen Pembimbing  D3690 – Derwin Suhartono, S.Kom., MTI.

Networking & Database

Judul Topik Sistem pembelian tiket secara online pada New Travel Reflex dengan sistem prepayment
Kompetensi yang dibutuhkan Framework PHP (Codeigniter), Photoshop, CSS3, HTML5, MySQL, Web Service, ajax, jquery
Deskripsi Sistem pembelian tiket secara online pada New Travel Reflex adalah sebuah sistem yang dapat digunakan customer untuk membeli tiket. Pembelian tiket dapat dilakukan oleh member yang sudah mendaftar ataupun yang belum dengan menggunakan account email yang dimiliki. Berbeda dengan sistem pembelian tiket lain, sistem pembelian tiket ini menggunakan metode pembayaran prepayment (khusus member). Data yang digunakan untuk melihat tiket pesawat menggunakan web service sehingga harga tiket mengikuti update tiket dari maskapai penerbangan.
Dosen Pembimbing D4457 – Dion Darmawan, S.Kom., MTI.
Judul Topik Perancangan sebuah Proxy Hardware Appliance  serta monitoringnya berbasiskan Open Source
Kompetensi yang dibutuhkan Jaringan Dasar, Pemrograman Jaringan, Linux
Deskripsi Perancangan sebuah Hardware / Mesin yang berfungsi sebagai proxy limiter, proxy caching, proxy policy yang dapat dengan mudah digunakan dan di maintain oleh seorang nertwork administrator dengan memperhatikan aspek pemilihan hardware, pemilihan jenis proxy software dan desain tampilan yang mudah dimengerti oleh user.
Dosen Pembimbing D4525 – Alfonsus Bram Radityo Nugroho, S.Kom., MTI
Judul Topik Perancangan Unified Threat Management hardware appliance serta monitoringnya  berbasiskan open source
Kompetensi yang dibutuhkan Jaringan Dasar, Security, Linux, Pemahaman hardware
Deskripsi Keamanan jaringan adalah salah 1 topik yang menarik di dunia maya kedepannya. Selama ini banyak sekali produsen perangkat jaringan memunculkan bermacam – macam jenis dan tipe. Tetapi dirasa masih sangat sulit untuk dioperasikan dan dimonitoring. Diharapkan perancangan Unified Threat Management ini dapat digunakan untuk memantau dan memonitor apa saja threat yang terjadi di jaringan tersebut. Tetapi tak pula kita lihat dari sisi hardware nya juga.
Dosen Pembimbing D4525 – Alfonsus Bram Radityo Nugroho, S.Kom., MTI
Judul Topik Perancangan Sistem Monitoring, Diagnosa, dan Pengendali Peralatan Listrik pada Rumah berbasiskan jaringan bergerak (Mobile Network) GSM
Kompetensi yang dibutuhkan Pemahaman hardware, Jaringan, pemrograman sistem dan jaringan
Deskripsi Dalam beberapa situasi kadang diperlukan suatu sistem monitoring dan pengendali peralatan listrik yang terpasang pada rumah atau gedung. Sistem ini akan memberikan informasi dari status dari peralatan listrik yang terpasang ke telepon bergerak milik user dan bila user menginginkan untuk mematikan/menghidupkan perangkat tersebut maka user bisa mematikan/menghidupkan dengan memberikan perintah melalui telepon bergeraknya dengan mengirimkan pesan SMS.Pancu, C., Baraboi, A., Adam, M., & Plesca, A. (2009, July). GSM based solution for monitoring and diagnostic of electrical equipment. In N. E. Mastorakis, V. Mladenov, Z. Bojkovic, S. Kartalopoulos, A. Varonides, & M. Jha (Eds.), WSEAS International Conference. Proceedings. Mathematics and Computers in Science and Engineering (No. 13). World Scientific and Engineering Academy and Society.
Dosen Pembimbing D3366 – Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T
Judul Topik Perancangan Sistem Monitoring, Diagnosa, dan Pengendali Peralatan Listrik pada Rumah berbasiskan Android
Kompetensi yang dibutuhkan Pemahaman hardware, Jaringan, pemrograman sistem dan jaringan
Deskripsi Dalam beberapa situasi kadang diperlukan suatu sistem monitoring dan pengendali peralatan listrik yang terpasang pada rumah atau gedung. Sistem ini akan memberikan informasi dari status dari peralatan listrik yang terpasang ke telepon bergerak milik user dan bila user menginginkan untuk mematikan/menghidupkan perangkat tersebut maka user bisa mematikan/menghidupkan dengan memberikan perintah melalui telepon bergerak nya. Kendali pada sisi perangkat bisa menggunakan Embedded Board (Raspberry PI, Odroid, dsb) dan kendali dari sisi user menggunakan Android.Pancu, C., Baraboi, A., Adam, M., & Plesca, A. (2009, July). GSM based solution for monitoring and diagnostic of electrical equipment. In N. E. Mastorakis, V. Mladenov, Z. Bojkovic, S. Kartalopoulos, A. Varonides, & M. Jha (Eds.), WSEAS International Conference. Proceedings. Mathematics and Computers in Science and Engineering (No. 13). World Scientific and Engineering Academy and Society.
Dosen Pembimbing D3366 – Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T
Judul Topik Perancangan Sistem Monitoring, Diagnosa, dan Pengendali Peralatan Listrik pada Rumah berbasiskan Web
Kompetensi yang dibutuhkan Pemahaman hardware, Jaringan, pemrograman sistem dan jaringan
Deskripsi Dalam beberapa situasi kadang diperlukan suatu sistem monitoring dan pengendali peralatan listrik yang terpasang pada rumah atau gedung. Sistem ini akan memberikan informasi dari status dari peralatan listrik yang terpasang ke telepon bergerak milik user dan bila user menginginkan untuk mematikan/menghidupkan perangkat tersebut maka user bisa mematikan/menghidupkan dengan memberikan perintah melalui telepon bergerak nya. Kendali pada sisi perangkat bisa menggunakan Embedded Board (Raspberry PI, Odroid, dsb) dan kendali dari sisi user menggunakan Web Service.Pancu, C., Baraboi, A., Adam, M., & Plesca, A. (2009, July). GSM based solution for monitoring and diagnostic of electrical equipment. In N. E. Mastorakis, V. Mladenov, Z. Bojkovic, S. Kartalopoulos, A. Varonides, & M. Jha (Eds.), WSEAS International Conference. Proceedings. Mathematics and Computers in Science and Engineering (No. 13). World Scientific and Engineering Academy and Society.
Dosen Pembimbing D3366 – Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T
Judul Topik Flocking Robot
Kompetensi yang dibutuhkan Pemahaman hardware, Jaringan, pemrograman sistem dan jaringan, Robotika
Deskripsi Topik ini akan mengembangkan robot yang mengikuti robot didepannya. Jadi bila robot didepannya berjalan, maka pada jarak tertentu robot dibelakangnya akan mengikuti robot didepannya. Metoda komunikasi antara kedua robot tersebut menggunakan pendekatan Client-Server atau Peer-to-Peer berbasiskan WiFi atau ZigBee.
Dosen Pembimbing D3366 – Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T

Multimedia 

Judul Topik Dynamic Game Balancing in Tower Defence Games
Kompetensi yang dibutuhkan Tower Defence Experience (or Passionate), Game Balancing Theory, Programming Language (C or Java)
Deskripsi Tower Defence (TD) adalah permainan yang dimainkan dengan cara membangun tower untuk menghalangi creeps ke suatu poin tertentu. Dengan menggunakan konsep Dynamic Game Balancing atau Dynamic Difficulty Adjustment (DDA), diharapkan permainan yang dikembangkan akan mampu beradaptasi terhadap kemampuan semua pemain. Karena itu, tidak akan ada game yang terlalu sulit ataupun game yang terlalu mudah.Experienced players akan selalu mendapatkan pengalaman baru pada game yang ada dikarenakan musuh yang datang akan berganti sesuai dengan skill dari pemain.
Dosen Pembimbing D4740 – Rhio Sutoyo, S.Kom., M.Sc.
Judul Topik Desk Friend
Kompetensi yang dibutuhkan Mobile Programming, Augmented Reality (e.g. ARToolKit, ATOMIC Authoring Tool, flartoolkit), 3D Modelling
Deskripsi Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah pembuatan aplikasi mobile augmented reality tentang binatan peliharaan digital. Sebagai contoh, lihat-lah aplikasi berikut: : “http://www.cuttherope.net/ar/”Binatang peliharaan (pet) di-buat dengan menggunakan teknologi augmented reality agar user dapat lebih interactive dengan pet. Fitur yang disediakan adalah training, pet, play, competition, social media share, and more.
Dosen Pembimbing D4740 – Rhio Sutoyo, S.Kom., M.Sc.
Judul Topik What to Eat? Whatever is not an answer!
Kompetensi yang dibutuhkan Mobile Programming, Excellent UI Design, Good Understanding of Database Concept, Living in Dormitory near BINUS (if applicable), HTML 5 (draft)
Deskripsi Program akan dibagi menjadi dua tahap pengerjaan:1. Pengumpulan Data Makanan, UI Design, Simple Random Algorithm, Share to Social Media, Ads, Food Filters / Dietary
Pada tahap pertama, kalian akan mengumpulkan menu beberapa restoran ter-lezat di sekitar BINUS University, merancang UI dari aplikasi, merancang database yang akan di-gunakan. Setelah itu, akan restoran akan dipilih berdasarkan simple random algorithm. Daftar list restoran dapat di-filter dengan menu yang tersedia.

2. Food Journal, Recommendation, Diet Program, Social-Based Improvement (similiar like Waze)
Pada tahap kedua, kalian diminta untuk mengimprove sistem pemilihan restoran yang ada dengan melihat data yang di-input oleh users ke dalam aplikasi. Data yang dimaksud adalah data makanan yang telah dimakannya, apa yang kurang dari makanan dia tersebut, misalnya aplikasi dapat memberi tahu bahwa dia kurang makan sayur dan buah dalam minggu ini dan sebagainya. Selain itu, kalian juga harus membuat sistem diet (dengan perhitungan kalori yang dimakan) untuk mempermudah user dalam menghitung kalori yang dia makan. Fitur terakhir adalah dengan menghadirkan social-crowd improvement agar user dapat menambahkan restoran yang ada pada aplikasi dan juga memberikan rekomendasi restoran,

Dosen Pembimbing D4740 – Rhio Sutoyo, S.Kom., M.Sc.
Judul Topik AstroKids v2.0
Kompetensi yang dibutuhkan HTML 5, Cell Shading Technique,
Deskripsi – Membuat mini games (replace the quiz feature)
– Membuat materi baru untuk hal yang sudah ada
– Penambahan suara yang orisinil (e.g. narasi, background, effects, dll.)
– Pembuatan animasi dalam berbagai object (e.g. blinking, moving, etc.)
Dosen Pembimbing D4740 – Rhio Sutoyo, S.Kom., M.Sc.
Judul Topik Game Development dengan Focus pada Storytelling Berdasar Budaya Indonesia / Fantasi
Kompetensi yang dibutuhkan Kebutuhan Program Akan Berdasarkan Implementasi, Pengetahuan Budaya Indonesia
Deskripsi Pengembangan game mengenai cerita budaya Indonesia / Fantasy digabungkan dengan pengembangan cerita yang baik.
Dosen Pembimbing D1892 – Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom.
Judul Topik Pengembangan Game untuk Orang dengan Keterbatasan Fisik Tertentu
Kompetensi yang dibutuhkan Kebutuhan Program Akan Berdasarkan Implementasi
Deskripsi Game yang akan di-rancang adalah suatu game yang spesifik untuk orang yang memiliki keterbatasan fisik tertentu.
Dosen Pembimbing D1892 – Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom.
Judul Topik  Virtual Integrated Library
Kompetensi yang dibutuhkan Framework PHP (Codeigniter), Photoshop, CSS3, HTML5, MySQL, Web Service, ajax, jquery, Pano2VR
Deskripsi Sistem perpustakaan yang terintegrasi dari beberapa perpustakaan, sehingga anggota di suatu perpustakaan bisa melihat dan meminjam buku / referensi yang beradai di perpustakaan lain yang terintegrasi. Dalam view perpustakaan, user memiliki experience berada dalam perpustakaan yang dituju dengan menggunakan virtual tour. Kemudian setiap buku bisa dilihat data dan informasi dari buku, summary buku dan resensi buku dari para peminjam sebelumnya. Pembayaran peminjaman buku dapat dilakukan secara online.
Dosen Pembimbing  D2923 – Yen Lina Prasetio, MCompSc