APLIKASI PERMAINAN PLATFORMER MENGGUNAKAN UNITY ENGINE
Oleh : Gerry Hutapea, Hocky Gunardi, Albertus Agung
Game platformer merupakan genre yang sangat populer di era ’90an, yaitu saat video game berada pada masa 16-bit era. Walaupun beberapa game platformer yang sangat terkenal pada masanya melakukan transisi ke teknologi 3D (Contoh: Mario Bros, Sonic, Contra, dll.), namun genre ini tetap bertahan dan tetap memiliki banyak penggemar, bahkan mampu bersaing dengan game-game lainnya. Keunggulan genre platformer terdapat pada mudahnya untuk dipelajari dan memiliki kontrol dasar yang telah akrab bagi kalangan gamer, juga memberikan kepuasan tertentu jika player telah berhasil melewati rintangan yang sangat sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk terciptanya game bergenre action-platformer yang dapat dijalankan pada komputer dengan spesifikasi yang minimal menggunakan Unity Engine. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan requirement definition, design, implementation, integration and system testing, dan operation & maintenance. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan pada tahap akhir, didapatkan bahwa game ini telah memenuhi 5 faktor manusia terukur, ringan, dan dapat dijalankan pada desktop.