Oleh :  Cindy Meiliana, Paula, Polly Markurin, Afan Galih Salman

Tujuan penelitianini adalah untuk membangun aplikasi berbasis Android yang membantumengefektifkan waktu tunggu customer di bengkel mobil, klinik, dan restoran. Metodologi Penelitian yang digunakan terbagi atas metode pengumpulan data dan metodologi pengembangan peranti lunak. Metode pengumpulan data terdiri atas studi literatur, kuesioner, dan wawancara. Untuk pengembangan peranti lunak, digunakan waterfallmodel yang terdiri dari tahap communication, planning, modelling, construction, dan deployment.Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah aplikasi Qme, aplikasi yang berjalan pada smartphone dengan operating system Android dan aplikasi yang berjalan pada komputer dengan operating system Windows dan Mac OS. Aplikasi Qme yang berjalan pada smartphone menggantikan posisi pengguna untuk mengambil nomor antrian atau posisi hingga giliran pengguna akan dilayani. Sedangkan aplikasi Qme yang berjalan pada komputer bertindak sebagai sumber informasi pada setiap pusat layanan mengenai customer yang mengambil nomor antrian atau posisi melalui smartphone.Simpulan yang diperoleh adalah aplikasi Qme berbasis Android ini dapat menggantikan pengguna untuk mengambil nomor antrian atau posisi, memberikan estimasi waktu tunggu yang membuat waktu tunggu pengguna menjadi efektif dan mengingatkan pengguna akan antrian atau posisi yang telah diambilnya.