FORMULA VLOOKUP PADA EXCEL
Dalam Excel, terdapat beberapa fungsi yang dapat membantu kita mencari informasi dengan mudah.
VLOOKUP merupakan salah satu fungsi yang paling banyak digunakan dalam pemrosesan data, dimana dengan VLOOKUP ini kita dapat menggabungkan informasi dari lebih 1 worksheet / file ke dalam 1 sheet yang sedang kita kerjakan dengan data vertical.
Apabila kita memiliki 1 buah file dengan sheet terpisah dan ingin menggabungkannya ke dalam 1 sheet recap:
- Sheet Nilai TM mahasiswa
Sheet berisikan nilai TM mahasiswa dari pertemuan 1 hingga 13
- Sheet Nilai UTS mahasiswa
Sheet berisikan komponen penilaian UTS mahasiswa
- Sheet Nilai UAS mahasiswa
Sheet berisikan komponen penilaian UAS mahasiswa
- Sheet Recap Nilai Mahasiswa
Sheet berisikan gabungan nilai TM, UTS, UAS mahasiswa untuk menghitung nilai akhir mahasiswa
Contoh isi file dapat dilihat pada gambaran berikut ini:
Untuk menggabungkan data akhir dari ketiga sheets tersebut (yang berwarna biru), maka kita dapat menggunakan VLOOKUP dengan menjadikan NIM sebagai kode unik.
Sebagai catatan, data yang akan menjadi acuan harus berada di paling kiri dari area tabel yang diinginkan.
Contoh sheet rekap untuk mencari nilai TM Julian adalah sbb:
Sebagai catatan, fungsi dasar VLOOKUP adalah:
= VLOOKUP(a,b,c,d), dimana:
a = kode acuan, dalam hal ini NIM yang terletak pada posisi A3 (1234567800).
b = TM yang didapatkan dari: sheet TM, area nya adari A2 hingga M7.
c = posisi urutan yang akan diambil nilainya, yakni posisi ke-13 dari A yakni: M. Oleh karena pada posisi row 3 (A3) nilai kode acuan sama, maka nilai M3 diambil, yakni 90
Untuk UTS dan UAS bisa didapatkan sebagai berikut: