Demi GTA VI yang Lebih Realistis, Take-Two Patenkan Teknologi Rendering Terbaru
Gambar 1. Screenshot dari game GTA VI (https://www.rockstargames.com/VI)
Take-Two Interactive, perusahaan induk Rockstar Games, kembali menarik perhatian dunia teknologi dengan paten barunya. Kali ini paten dengan kode US11978162B2 berfokus pada sistem rendering grafis 3D dengan menggunakan teknologi Continuous Level of Detail (LOD). Meskipun tampak teknis, inovasi ini menjadi kunci dalam menciptakan dunia open-world yang imersif dan realistis khususnya pada pengembangan GTA VI.
Efek “Pop-In”, Masalah Lama Dunia 3D
Dalam game 3D, semakin jauh objek dari kamera, semakin sedikit detail yang perlu dirender. Namun selama ini, transisi antar level of detail (LOD) cenderung kasar dan menimbulkan efek seperti “pop” seperti pada saat ketika pohon, gedung, atau mobil tiba-tiba berubah bentuk di depan mata pemain. Take-Two melalui paten ini mengusulkan Continuous LOD, sistem yang memungkinkan transisi antar level detail berlangsung secara mulus dan berkelanjutan. Tak lagi ada loncatan visual yang mengganggu dam tentunya seluruh transisinya halus sesuai jarak pandang dari kamera pemain.
Kuantisasi dan Masking
Sistem ini bekerja dengan mengkuantisasi koordinat verteks (titik-titik penyusun model 3D) ke dalam nilai digital 8-bit atau 16-bit. Dari data ini, berbagai versi model dengan detail berbeda (LOD diskrit) dapat dibuat. Selanjutnya dengan menggunakan bitmask (semacam filter digital) untuk menghapus atau menyatukan vertex, sehingga model menjadi lebih sederhana. Dengan kata lain, sistem dapat menghapus bagian-bagian kecil model tanpa perlu membuat versi model baru secara manual. Hal ini lah yang membuat komputasi dan produksi menjadi lebih efisien karena developer tidak perlu lagi untuk membuat model baru untuk LOD yang berbeda.
fLOD dan iLOD
Paten ini juga memperkenalkan konsep fractional Level of Detail (fLOD), di mana detail model tidak lagi dibatasi dengan angka-angka yang bulat. Jika jarak kamera terhadap objek berada di antara dua LOD, sistem akan menginterpolasi vertex untuk menciptakan versi model di antara dua LOD tersebut. Konsep ini dapat disebut sebagai interpolated LOD (iLOD). Hal ini menjelaskan bahwa setiap kali pemain berjalan, mengemudi, atau terbang melintasi peta, semua objek akan menyesuaikan tingkat detailnya secara bertahap dan halus, tanpa adanya gangguan visual seperti efek “pop”.

Gambar 2. Screenshot dari game GTA VI (https://www.rockstargames.com/VI)
Dunia Game Tanpa Loading
Dokumen paten juga menyebutkan integerasi sistem ke dalam platform game yang lengkap seperti melibatkan peran server, display device, dan input system. Ini memberi indikasi bahwa rendering yang berbasis jaringan (networked rendering) juga bisa digunakan dan dapat membuka peluang untuk melakukan streaming dunia game secara dinamis. Bila hal ini diimplementasikan pada GTA VI, maka dunia yang dihadirkan akan terasa lebih hidup, lebih besar, dan lebih cepat untuk diakses tanpa waktu loading panjang atau penurunan frame-rate saat melakukan perpindahan area.

Gambar 3. Framework dari networked Rendering (paten US11978162B2)
Apa Artinya untuk Masa Depan GTA VI?
Media seperti Icy Veins dan NoobFeed berspekulasi bahwa paten ini bukan sekadar eksperimen teknis, tetapi pondasi sistem untuk dunia GTA VI yang lebih dinamis yang dimana setiap kota, karakter, dan object beradaptasi terhadap pandangan pemain secara real-time. Dengan teknologi Continuous LOD, Rockstar dapat menghadirkan berbagai fitur yang menarik untuk GTA VI seperti dunia open-world yang berskala masif dengan transisi yang halus antar area, pengalaman sinematik yang minim gangguan untuk visualnya, serta mengoptimalisasi kinerja konsol generasi baru seperti PS5 dan Xbox Series X.
Kesimpulan
Paten US11978162B2 menunjukkan bahwa Take-Two Interactive sedang membangun pondasi untuk teknologi rendering grafis computer. Dunia virtual yang bertransformasi secara real-time, tanpa adanya batasan teknis yang dulu seringkali menjadi momok pada saat mengembangkan game. Apabila benar teknologi ini diaplikasikan di dalam game GTA VI, maka kita dapat menyaksikan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya seperti dunia digital yang hidup, berubah, dan bereaksi selayaknya dunia nyata. Oleh sebab itu, marilah menjaga kesehatan sampai kita dapat menyaksikan bagaimana Rockstar memasak GTA VI ini nantinya.
Penulis
Daniel Kevin Jhon Feko Wahyudi, S.Kom – FDP Scholar
Referensi
Take-Two Interactive Software, Inc. (2024). Systems and methods for rendering computer graphic models using continuous level of detail (U.S. Patent No. US11978162B2). United States Patent and Trademark Office. https://patents.google.com/patent/US11978162B2
Icy Veins. (2023, December 6). GTA VI: Top ten patents owned by Take-Two that might redefine gaming. https://www.icy-veins.com/other-games/news/gta-vi-top-ten-patents-owned-by-take-two
NoobFeed. (2024, January 10). GTA 6 patents redefine gaming’s future: Take-Two’s innovations revealed. https://www.noobfeed.com/articles/gta-6-patents-redefine-gaming-future
Comments :