People Innovation Excellence

APLIKASI PREDIKSI HARGA KOMODITI BAHAN PANGAN DENGAN MENGGUNAKAN ADAPTIVE NEURO – FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS)

Oleh :  Ferdiansyah, Andy Tju, Stephen, Widodo Budiharto

Komoditi bahan pangan merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki peluang keuntungan yang besar, namun kerugian yang didapat juga tidak dapat dihindari karena investasi di bidang ini juga memiliki resiko yang sebanding dengan peluang keuntungannya juga. Banyak metode serta teknik–teknik yang digunakan untuk menganalisis fluktuasi dari komoditi bahan pangan ini namun tidak ada satupun yang benar – benar membantu meraih keuntungan yang diharapkan. Untuk meminimalisir kerugian yang tidak diiginkan tersebut, kami memilih ANFIS yang merupakan salah satu model dari FIS yang memiliki kelebihan dalam keakuratannya untuk menghitung dan mengadaptasikan data – data yang ada sehingga model ini sangat cocok digunakan untuk prediksi. ANFIS ini sendiri adalah salah satu model Artificial Neural Network (ANN) yang menggunakan logika fuzzy if-then-else serta menggabungkannya dengan Fuzzy Inference System (FIS). Dalam penelitian ini, dijelaskan dasar dan algoritma ANFIS serta penelitiannya untuk memprediksi komoditi bahan pangan. Hasil yang diharapkan dari pengembangan aplikasi menggunakan ANFIS adalah sebuah aplikasi yang mampu memprediksikan harga dalam rentang waktu tertentu secara akurat dengan kesalahan rata-rata yang seminimal mungkin.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close