People Innovation Excellence

APLIKASI MOBILE “ALARM SELFIE” MENGGUNAKAN FACE DETECTION PADA PLATFORM ANDROID

APLIKASI MOBILE “ALARM SELFIE” MENGGUNAKAN FACE DETECTION PADA PLATFORM ANDROID

Oleh :  Fransin Marshal, Carlos Wirama, Yunito Medio Kusuma dan Bayu Kanigoro

Penelitian pengembangan aplikasi ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi Alarm berbasis Android yang menggunakan face dan smile detection. Aplikasi ini dibuat agar memiliki keunggulan dibandingkan dengan aplikasi alarm lainnya. Fitur-fitur aplikasi alarm lain hanya sebatas menekan tombol untuk mematikan alarm yang sedang menyala. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Extreme Programming. Tahap awal pada prosedur pengembangan XP yang dilakukan adalah Listening, Designing, Coding dan Testing. Hasil dari aplikasi Alarm Selfie ini dinilai oleh pengguna smartphone Android yang sebagian besar merupakan pelajar, mahasiswa, dan karyawan yang memiliki rentang usia sekitar 17-30 tahun. Data diperoleh menggunakan angket kuesioner online. Hasil perbandingan aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi Alarm Selfie berbasis Android yang telah dikembangkan memiliki beberapa keunggulan dibanding aplikasi pembanding lainnya. Selain itu hasil evaluasi pengguna menunjukkan bahwa aplikasi Alarm Selfie memiliki fitur yang menarik dibanding dengan alarm lain dan memiliki petunjuk yang mudah dimengerti. Berdasarkan hasil perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi Alarm Selfie layak digunakan sebagai pengganti aplikasi alarm yang sudah ada di masing-masing smartphone pada platform Android.

Kata Kunci: Android, Alarm, Selfie, Penelitian, Pengembangan


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close