People Innovation Excellence

APLIKASI PENGELOLAAN TUGAS KELOMPOK DAN MATERI DENGAN IMPLEMENTASI JARINGAN KOMPUTER

APLIKASI PENGELOLAAN TUGAS KELOMPOK DAN MATERI DENGAN IMPLEMENTASI JARINGAN KOMPUTER

Oleh :  Rudi Sanjaya, Popo Iswanto;Sudarma dan  Alfonsus Bram Radityo Nugroho

Pada dunia pendidikan tidak pernah lepas dari tugas yang dikerjakan secara berkelompok. Saat ini dalam pengerjaan secara kelompok sering dilakukan secara bersama-sama dimana anggota kelompok berkumpul untuk mengerjakan tugas, dengan cara ini dapat ditemukan ketidak efisien dalam mengerjakan tugas. Dengan adanya aplikasi pengelolaan tugas ini dapat mempermudah para user untuk membantu mereka menyelesaikan tugas kelompok yang mereka kerjakan, dan pembagian tugas antar anggota kelompok dapat lebih mudah diatur. Aplikasi tersebut juga akan ditambahkan fitur jaringan komputer seperti kemampuan untuk mengirim email yang membutuhkan protokol jaringan komputer dan penerapan keamanan jaringan untuk mengamankan aplikasi pengelolaan tugas yang akan dibuat. Tujuan penelitian untuk mempermudah mengorganisir pekerjaan yang dikerjakan secara berkelompok dan membuat komunitas kelas yang dapat digunakan untuk saling berbagi materi dan informasi antar anggota kelas. Metode penelitian menggunakan waterfall yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu communication untuk memahami tujuan dan pengumpulan informasi, planning untuk perancangan, modeling untuk membuat suatu permodelan, construction untuk tahap uji coba, dan deployment untuk mendapatkan umpan balik dari user. Hasil yang dicapai berupa aplikasi berbasis web yang berfungsi mengelola tugas kelompok disertai fitur kelas yang digunakan sebagai tempat saling berbagi informasi antar anggota kelas. Kesimpulan yang didapat adalah aplikasi pengelolaan tugas kelompok dapat membantu mempermudah mengatur tugas kelompok dan mempermudah membagi tugas.

Kata Kunci : jaringan, email, pengelolaan, tugas kelompok


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close