People Innovation Excellence

LOAD BALANCING DENGAN MENGGUNAKAN METODE GATEWAY LOAD BALANCING PROTOCOL (GLBP) DAN PERANCANGAN TOPOLOGI BARU DENGAN PENAMBAHAN CORE SWITCH

LOAD BALANCING DENGAN MENGGUNAKAN METODE GATEWAY LOAD BALANCING PROTOCOL (GLBP) DAN PERANCANGAN TOPOLOGI BARU DENGAN PENAMBAHAN CORE SWITCH

Oleh :  Mokhamad Irfan Ramadan, Muhammad Gunawan, Rizki Zuhair dan Dahlan Martadiredja

Tujuan penelitian adalah menganalisis dan merancang jaringan pada PT.PLN (PERSERO) Unit Pembangunan V dengan menggunakan teknologi Gateway Load Balancing Protokol (GLBP) sehingga pembagian beban jaringan dalam perusahaan menjadi merata, lebih stabil saat proses berjalan, dan terdapat nya jalur backup. Metode penelitian yang digunakan meliputi analisis berupa survei terhadap sistem yang sedang berjalan,studi literatur dan metode perancangan topologi jaringan. Juga dilakukan analisis terhadap masalah dan kebutuhan user yang menggunakan jaringan tersebut. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah rancangan topologi jaringan yang baru dan penerapan teknologi Gateway Load Balancing Protokol (GLBP). Dengan penerapan ini jaringan di perusahaan lebih stabil, pembagian beban yang lebih merata dan terdapat nya jalur backup. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan Gateway Load Balancing Protokol (GLBP) pembagian beban menjadi lebih merata, pembagian beban kerja core switch menjadi lebih ringan dan mempunyai jalur backup dikarenakan terdapat dua core switch yang menanggani lalu lintas di jaringan. Hal ini dilakukan untuk memberikan kehandalan pada sistem jaringan PT.PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan V.

Kata kunci : Gateway, Load Balancing, Protokol, GLBP


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close