People Innovation Excellence

PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE DISTRIBUSI DAN PENJUALAN ROKOK PADA PT DJARUM BERBASIS ANDROID

PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE DISTRIBUSI DAN PENJUALAN ROKOK PADA PT DJARUM BERBASIS ANDROID

Oleh : Andrew Winata, Rizky Paskalis Totong, Hendrik Prayogo, dan Franky Hadinata Marpaung

PT Djarum merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang berpusat di Kudus, Jawa Tengah. Saat ini, PT Djarum memiliki marketing office yang mendistribusikan dan menjual rokok ke perantara pemasaran. Pencatatan transaksi pembelian yang dilakukan perantara pemasaran berjalan secara manual dengan menggunakan kertas formulir yang bervariasi yang dibawa oleh salesman, sehingga menyulitkan salesman dalam membawa semua formulir dan mencatat transaksi pada formulir tersebut, meningkatkan beban memori salesman dalam menghafal variasi poin transaksi, dan data tidak terintegrasi dengan sistem dengan otomatis. Untuk mengatasi masalah yang muncul, dikembangkan aplikasi “Sales and Distribution” yang bertujuan untuk mendukung kegiatan distribusi dan penjualan rokok di lapangan menggunakan tablet berbasis Android. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode pengumpulan data dan metode pengembangan aplikasi. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari studi pustaka, pengumpulanuser requirements melalui wawancara. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Waterfall Development. Hasil yang dicapai berupa terbentukanya aplikasi “Sales and Distrbution” yang memudahkan salesman dalam melakukan pencatatan kegiatan transaksi, memudahkan salesman dalam pembuatan laporan rekapitulasi, mengurangi beban memori salesman, dan mengurangi beban kerja admin dalam melakukan input data transaksi. Simpulan yang didapat adalah aplikasi Sales and Distribution memiliki semua fitur yang membantu salesman dalam melakukan kegiatan distribusi dan penjualan rokok PT Djarum.

Kata kunci: distribusi, penjualan, Android, transaksi, aplikasi mobile


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close