People Innovation Excellence

ANALISIS KESTABILAN DAN BIFURKASI MODEL EPIDEMIK PENYEBARAN VIRUS PADA JARINGAN KOMPUTER BERBASIS DEKSTOP APPLICATION

ANALISIS KESTABILAN DAN BIFURKASI MODEL EPIDEMIK PENYEBARAN VIRUS PADA JARINGAN KOMPUTER BERBASIS DEKSTOP APPLICATION

Oleh : Steven, Viska Noviantri dan Widodo Budiharto

Penelitian ini menjelaskan model komplementer SIRA (Susceptible – Infected – Removed – Antidotal) yang digunakan untuk menganalisis kestabilan dan kondisi jaringan di setiap waktu pada jaringan komputer yang terinfeksi virus. Dengan menerjemahakan metode komplementer SIRA ke dalam persamaan differensial dan menemukan solusinya matriks jacobian akan didapat kestabilan dari titik equilibrium untuk kondisi jaringan bebas virus dan endemik. Sementara itu, kondisi jaringan di setiap waktu dapat diperoleh dengan menggunakan metode numerik runge-kutta orde 4 yang diimplementasikan ke dalam aplikasi untuk analisis. Aplikasi analisis yang dibuat dapat menampilkan jumlah komputer pada kelompok susceptible, infected, removed, dan antidotal di setiap waktu, grafik 2 dimensi, dan grafik 3 dimensi. Grafik 2 dimensi menampilkan perubahan jumlah komputer yang menjadi anggota kelompok susceptible, infected, removed, dan antidotal di setiap waktu, sedangkan grafik 3 dimensi menampilkan bifurkasi dari jaringan komputer tersebut. Seorang administrator jaringan dapat melakukan simulasi dengan memberikan input yang sesuai dengan jaringannya dan mengubah parameter yang dapat dikontrol untuk memberikan keputusan terbaik bagi jaringan komputer yang ia kelola.

Kata Kunci: SIRA (Susceptible – Infected – Removed – Antidotal), Complemeter Model, Bifurcation, Differential Equation Stability, Routh-Hurwitz Criterion

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close