People Innovation Excellence

APLIKASI CUSTOMER PRICING DATABASE BERBASIS WEB PADA PT BANK CENTRAL ASIA TBK

APLIKASI CUSTOMER PRICING DATABASE BERBASIS WEB PADA PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Oleh : Della Lasher, Diana, Noni Tjandra

Dewasa ini perkembangan zaman melaju cukup pesat dengan ditandai banyaknya kemajuan di bidang teknologi dan informasi untuk mendukung pekerjaan manusia agar dapat diselesaikan di dalam waktu singkat. Dengan adanya kemajuan teknologi ini, secara tidak langsung juga menumbuhkan persaingan yang cukup ketat antara perusahaan bisnis yang satu dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan karena semua perusahaan bisnis ingin menjadi yang terdepan dan telah menyadari akan pentingnya penggunaan dari teknologi dan informasi untuk mendukung produktivitas pekerjaan perusahaan itu sendiri.

Dari kesadaran tersebut, teknik komputerisasi merupakan hal yang paling banyak diterapkan oleh perusahaan dalam menjalani proses bisnis sekarang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komputerisasi adalah penggunaan komputer (dalam menghitung, mengolah data, dan sebagainya) secara besar-besaran. Hal ini membuktikan bahwa era globalisasi sekarang merupakan era teknologi modern, karena dilihat dari penggunaannya, jarang sekali ditemui perusahaan yang tidak menggunakan komputer dalam menunjang kesuksesan bisnisnya. Menurut Gunawan, B., Merry, dan Nelly (2011:1), dengan menggunakan sistem komputerisasi, perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan seperti efisiensi dalam hal sumber daya manusia, waktu dan budget, keabsahan kinerja perusahaan dan juga dapat membantu dalam manajemen pengambilan keputusan.

PT Bank Central Asia Tbk atau lebih dikenal dengan BCA merupakan salah satu perusahaan yang menyadari akan perkembangan teknologi sekarang. Perusahaan yang bergerak di dunia perbankan ini berinisiatif untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat Indonesia dari segi keuangan. Berbagai macam produk perbankan dirancang dan diciptakan demi mencapai standar kualitas terbaik dalam memenuhi kebutuhan nasabahnya. Produk-produk yang diciptakan juga tak luput dari penggunaan teknologi terintegritas dengan tujuan agar nasabah BCA selalu merasakan kemudahan dalam bertransaksi. Hal ini juga yang menjadi pokok pemikiran bisnis BCA agar selalu dapat menjadi perusahaan terdepan dalam memenuhi kebutuhan para nasabahnya. Salah satu biro yang bertugas untuk merancang produk BCA adalah Biro International Product Development (IPD) yang berada di bawah Divisi Perbankan Internasional. Biro ini bertugas untuk mendukung kebutuhan biro lain dengan merancang atau mengembangkan suatu produk dan sistem yang berhubungan dengan proses transaksi ekspor-impor. Dilihat dari fungsinya, Biro IPD menyadari adanya kebutuhan dari Biro International Trade Specialist (ITS) untuk melakukan analisis perhitungan transaksi dan mendokumentasikan fees and interest rates. Proses analisis dan dokumentasi ini masih dilakukan secara manual. Hal inilah yang menjadi dasar Biro IPD merancang sebuah aplikasi berbasis web yang diberi nama “Customer Pricing Database”. Customer Pricing yang dimaksud merupakan nilai fees and interest rates berupa biaya dan persentase bunga yang dikenakan pada setiap nasabah untuk masing-masing transaksi perdagangan internasional yang dilakukan.  Aplikasi ini direncanakan akan digunakan oleh Biro ITS sehingga tujuan untuk menghasilkan suatu pekerjaan yang efektif dan efisien dengan menggunakan teknik komputerisasi dapat tercapai dengan baik.

 

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close