People Innovation Excellence

CREATE DATA PADA LARAVEL FRAMEWORK

Laravel merupakan sebuah framework PHP yang dirilis dibawah lisensi MIT, dibangun dengan konsep MVC (model-view-controller), yang merupakan sebuah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi. Laravel framework dibangun oleh Taylor Otwell, proyek Laravel dimulai pada April 2011. Awal mula proyek ini dibangun, karena Otwell sendiri tidak menemukan framework yang up-to-date dengan versi PHP. Mengembangkan framework yang sudah ada juga bukan merupakan ide yang bagus, karena keterbatasan sumbe rdaya. Dikarenakan beberapa keterbatasan tersebut, Otwell mengembangkan sendiri framework dengan nama Laravel. Oleh karena itu, Laravel mensyaratkan PHP versi 5.3 keatas. Laravel merupakan pengembangan website berbasis MVP, yang di create menggunakan PHP dan dirancang untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan biaya pemeliharaan, serta untuk meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi dengan menyediakan sintaks yang ekspresif, jelas dan menghemat waktu. Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar melakukan create data pada laravel framework.

Berikut ini merupakan langkah-langkah melakukan create data pada laravel framework :

Buka File home.blade.php

Create data pada laravel atau menambah data ke database tahap yang harus dilakukan. Pertama buka file home.blade.php ini bertujuan untuk menampilkan form yang akan di input kedalam database. Untuk datanya, isikan home.blade.php seperti gambar dibawah ini :

Az - 1

@extends(‘template/t_index’) Bertujuan mendapatkan design daritemplate bootstrap
@section(‘content’) Bertujuan untuk menampilkan content
@form::open Fungsi sama dengan form method post
@form:text Fungsi sama dengan dengan input type text
@stop Bertujuan untuk menghentikan code tersebut

Sebenarnya form method juga dapat digunakan, namun pada laravel telah tersedia pembuatan yang lebih simple, tergantung dari pemilihan dan kebutuan anda. Apabila sudah sama seperti gambar diatas, selanjutkan kita coba tampilkan dan hasilnya akan sama seperti gambar dibawah ini :

az - 2

Apabila form sudah dibuat, maka selanjutkan proses pembuatan create data.

Create Data

Pada tahap ini, kita akan membuat controller yang berfungsi untuk menyambungkan antara routes dan controller tersebut. Caranya dengan membuka cmd, kemudian masuk ke folder laravel anda dan masuk ke folder privasi dengan cara cd C:\wamp\www\laravel\privasi (tergantung folder yang anda simpan ). Apabila telah dimasukan code tersebut, gunakan controller anda pada laravel :php artisan make:controller Crudcontroller dan hasilnya akan seperti berikut :

az - 3

Gambar diatas menggambarkan bahwa, controller sudah dibuat dan silahkan cek melalui folder privasi>app>http>controllers dan file yang bernama Crudcontroller sudah berhasil dibuat. Tahap selanjutnya,buka file routes.php di privasi>app>http>routes.php apabila file sudah dibuka tambahkan kode seperti gambar berikut :

az - 4

Perbedaan get dan post. Post berfungsi untuk memproses data, sedangkan get untuk menampilkan data. Sedangkan proses tambah yang ada di gambar menunjukan class/function, dan crudcontroller@tambahdata merupakan proses yang akan kemana. File Crudcontroller yang sudah di create dan input data seperti gambar berikut :

az - 5

Berdasarkan gambar diatas, input::get berfungsi mengambil name yang ada pada form yang sudah kita create sebelumnya, sedangkan db::table berfungsi menentukan kemana data tersebutdimasukan, in caseyaituke table siswa. Sedangkanwith message merupakan notification session yang telah tersedia pada laravel,apabila kita berhasil menambah data, maka akan muncul message tersebut. Selanjutnya bagaimana memunculkan notificatin diatas? Kita buka kembali file routes.php dan tambahkan code seperti gambar berikut :

az - 6

Membuat route::get tersebut bertujuan untuk menampilkan file read.blade.php, saat ini kita buat juga file read.blade.php pada privasi>resources>views>read.blade.php apabila file sudah dibuat, tambahkan code berikut pada file tersebut :

az - 7

Apabila sudah sesuai dengan code tersebut, maka kita dapat membuat data di home. Caranya buka browser anda :localhost/laravel dan coba masukan data apakah data tersebut akan masuk ke database atau tidak, pada saat anda mencoba  memasukan data pasti akan muncul error seperti gambar-gambar dibawah ini : , input not found , db not found , redirect not found.

az - 8Cara mengatasinya dengan membuka file Crudcontroller,  kemudian masukan code berikut :

az - 9

Tambahkan use input; use db; use redirect; ini bertujuan agar error kembali normal. Apabila anda menemukan error tersebut,lalukan hal yang sama dengan menggunakan use, Apabila di implementasikan pada localhost/laravel dan masukan data sesuai yang anda input, maka hasilnya akan seperti berikut :

az - 10

 Reference :

http://laravel.id/sejarah-laravel/

https://idcloudhost.com/pengertian-dan-keunggulan-framework-laravel/

https://laravel-news.com/category/laravel-tutorials

http://id-laravel.com/post/kenapa-memilih-laravel/


Published at :
Written By
Azani Cempaka Sari, S.Kom.,M.T.I
Subject Content Coordinator - IT - Net Centric | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close