People Innovation Excellence
 
Feature Image

Elasticsearch Curator

Curator adalah merupakan suatu tools terpisah yang dapat terintegrasi dengan elasticsearch, curator berguna untuk membantu dalam mengatur dan mengelola indeks elasticsearch. Cara kerja curator adalah sebagai berikut:
1. Mengambil dan mendata seluruh indeks atau snapshot dari cluster yang ada, dan dijadikan sebagai actionable list.
2. Melakukan iterasi melalui konfigurasi filter yang telah ditentukan oleh user melalui file actions untuk secara progresif menghapus indeks atau snapshot dari actionable list sesuai kebutuhan.
3. Melakukan berbagai tindakan pada items yang terdapat pada actionable list.

Curator akan bekerja melalui dua file konfigurasi yaitu: file config.yml dan file action.yml.

  • Configuration file
    File config.yml merupakan file untuk melakukan konfigurasi curator terhadap cluster elasticsearch yang dituju. Berikut contoh file config.yml untuk elasticsearch cluster yang berjalan pada host dan port secara default:
  • Action File
    File action.yml merupakan file untuk melakukan konfigurasi actions apa yang ingin dilakukan terhadap indeks yang dituju berdasarkan file config.yml. Curator memiliki banyak actions yang dapat dilakukan terhadap indeks, namun terdapat 3 actions yang paling penting dari curator yaitu:
    • Delete index: untuk menghapus indeks.
    • Close index: indeks akan tetap disimpan dalam disk, tetapi indeks tidak dimuat ke memori.
    • Open index: jika Anda ingin melihat indeks yang telah di close, maka Anda dapat reopen indeks yang sebelumnya ditutup.

    Selain 3 actions di atas, terdapat banyak actions yang lain yang Anda bisa lihat pada link berikut:
    https://www.elastic.co/guide/en/elasticsearch/client/curator/current/actions.html
    Berikut ini adalah contoh actions basic untuk menghapus indeks:

    Konfigurasi di atas merupakan konfigurasi basic delete action, dimana curator akan mencari indeks dengan nama prefix (cos_log_* pattern) dan menghapus indeks yang lebih tua dari 30 hari. Jangan lupa untuk mengganti disable_action menjadi False karena secara default adalah True.
    Setelah melakukan konfigurasi pada file config dan action, maka selanjutnya Anda dapat mengeksekusi melalui cli pada Windows, dengan mengetikkan command seperti berikut:

    Fungsi dari –dry-run adalah untuk melakukan simulasi terhadap config yang Anda buat. Tetapi jika Anda sudah yakin dengan konfigurasi yang Anda buat, Anda bisa menghilangkan –dry-run untuk menjalankan curator tersebut.

Author: Muhamad Sean Shandy (1801438656)
Supervisor: Dewi Suryani (D5878)


Published at : Updated
Written By
Muhamad Sean Shandy
Student of Computer Science | School of Computer Science
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close