People Innovation Excellence
 

Proses Login Pada Konsol Mikrotik

Untuk melakukan akses ke mikrotik router ada beberapa metoda yang umum digunakan. Metoda tersebut antara lain dengan menggunakan port serial, Telnet, SSH, dan winbox terminal. Port serial, Telnet, SSH masuk dalam kategori konsol login yang menggunakan tampilan layar dan keybard.

Pada proses login, validasi username dan password diselesaikan pada tahapan login. Pada proses tersebut akan ditampilkan beberapa tampilan informasi seperti banner, lisensi, demo version upgrade remainder, software key information, dan default configuration. Pada akhir proses login akan ditampilkan system note, last critical log entries, auto-detects terminal size and capabilities, dan display command prompt untuk menulis perintah yang diinginkan.

Pada saat proses login, opsi konsol dapat ditentukan mulai versi 3.14. Opsi-opsi tersebut dapat menghidupkan dan mematikan beberapa fitur pada konsol seperti warna, terminal detection, dan lainnya. Parameter login dapat ditambahkan pada user name setelah tanda ‘+’. Contoh, admin+c80w akan mematikan warna pada konsol dan set terminal width ke 80.

Berikut ini adalah tampilan prompt pada konsol Mikrotik

  • [admin@MikroTik] /interface> – Default command prompt, menampilkan user name, identitas sistem, dan command path saat ini.
  • [admin@MikroTik] /interface<SAFE> – Prompt yang mengindikasikan bahwa sesi konsol saat ini adalah Safe Mode.
  • [admin@MikroTik] >> – Prompt yang mengindikasikan bahwa HotLock dihidupkan.
  • {(\… – Ketika memasuki baris perintah yang jamak, continuation prompt akan menampilkan open parentheses.
  • line 2 of 3> – Ketika melakukan editing baris perintah yang jamak, command prompt akan menampilkan nomer baris saat ini.While editing multiple line command prompt shows current line number and line count.
  • address: – Perintah memerlukan tambahan masukan. Promp akan menampilkan nilai yang diminta.

Referensi

Console login process, https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Console_login_process


Published at : Updated
Written By
Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T
Concentration Content Coordinator - Network Systems | School of Computer Science
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close