People Innovation Excellence
 
Feature Image

JEVON AVERILL (BINUSIAN 2018)

Melanjutkan studi ke jenjang universitas merupakan impian saya setelah lulus dari SMA. Saya sangat bersyukur dapat diberi kesempatan untuk menjalani perkuliahan di BINUS University dan menjadi mahasiswa yang mempelajari bidang Teknik Informatika selama 3.5 tahun. Hal ini merupakan suatu pengalaman yang berarti dan tidak akan terlupakan dalam hidup saya karena saya banyak mendapatkan ilmu baru dan kesempatan dalam mempersiapkan diri untuk berkarir di masa depan. Awalnya saya takut untuk memilih jurusan Teknik Informatika karena saya tidak memiliki latar belakang di bidang IT, namun saya harus bisa melawan rasa takut saya untuk mencapai kesuksesan.

Sebagai BINUSIAN, perjalanan saya diawali dengan mengikuti masa orientasi mahasiswa atau Freshmen Enrichment Program (FEP). Program ini mengajarkan saya banyak hal mulai dari pengenalan lingkungan kampus, pandangan hidup, hingga gaya belajar di BINUS University. Selama saya berkuliah, saya memiliki berbagai tujuan yang ingin saya capai di antaranya adalah mendapatkan IPK yang tinggi, pekerjaan, dan beasiswa. Semua itu saya lakukan karena saya ingin membanggakan orang tua saya yang telah mengorbankan waktu dan energi mereka supaya saya dapat berkuliah.

Seluruh kegiatan perkuliahan yang berlangsung di BINUS University telah disusun secara rapi dan teratur sehingga saya tidak merasa kesulitan untuk memeriksa jadwal kuliah yang berlangsung, tugas, ujian, forum, dan sebagainya karena adanya aplikasi BinusMaya yang berperan sebagai learning management system. Tingkat semangat belajar saya menjadi tinggi karena didukung oleh banyak fasilitas yang berguna dan lingkungan kampus yang sangat nyaman. Saat perkuliahan, saya diajarkan oleh dosen-dosen yang hebat dan suportif karena mereka dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang mudah dipahami dan membuat suasana kegiatan belajar menjadi fun dan interaktif. Saya selalu mencatat hal-hal penting yang diajarkan dan berdiskusi dengan dosen karena kegiatan belajar mengajar dibuat sangat terbuka. Saya bersyukur dapat bertemu dengan teman-teman sekelas yang kooperatif karena saya selalu mengajak mereka untuk berdiskusi tentang mata kuliah yang diajarkan, serta mengerjakan tugas dan belajar menghadapi ujian bersama-sama.

Banyak sekali kesempatan yang diberikan oleh BINUS University untuk mencapai tujuan saya dalam mengembangkan karakter serta meningkatkan hard skill dan soft skill, di antaranya adalah bekerja, mendapatkan beasiswa, aktif di organisasi kemahasiswaan dan kegiatan sosial, serta mengikuti workshop, seminar, dan perlombaan. Tidak hanya belajar di kelas, namun saya dapat mengimplementasi apa yang sudah saya pelajari di perkuliahan terhadap projek-projek nyata yang ada di dunia industri. BINUS University menyediakan platform seperti IT DIVISION, di mana saya dapat belajar mengenai job description dari posisi Software Developer di dunia industri yang sebenarnya. Saya mendapatkan banyak pengetahuan secara praktis terhadap pengembangan suatu sistem seperti BinusMaya.

Saya juga mendapatkan kesempatan untuk memperoleh beasiswa dari Student Advisory Center (SAC) sebagai Student Mentor (Duta Binusian) di mana saya memiliki tanggung jawab untuk memberikan tutorial dan memotivasi sesama mahasiswa di departemen School of Computer Science (SoCS) dengan menerapkan praktik pembelajaran dan kebiasaan yang baik untuk meningkatkan nilai akademik mereka. Tidak berhenti di situ, saya juga aktif mengikuti perlombaan di luar kampus. Saya ingin membuktikan diri saya untuk dapat bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai kampus di luar sana. Ketika saya mendapatkan juara, BINUS University sangat mengapresiasi pencapaian saya. Hal tersebut yang selalu menambah semangat saya untuk terus menjadi juara dan selalu memberikan kontribusi yang nyata bagi BINUS University.

Tidak hanya di bidang akademik, saya juga berkesempatan untuk ikut serta dalam organisasi kemahasiswaan. Saya menjadi pengurus di BINUS English Club (BNEC) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI). Dari pengalaman saya bergabung di organisasi kemahasiswaan, saya banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam berkomunikasi, mengatur sebuah acara sebagai koordinator, dan mengatur waktu antara kuliah, pekerjaan, dan organisasi supaya tidak saling bertabrakan. Beragam soft skill yang saya dapatkan sangat bermanfaat untuk mengembangkan karakter saya menjadi pribadi yang lebih baik dari segi mental dan pola pikir.

Fortunately, mulai dari angkatan saya yaitu BINUSIAN 2018, Enrichment Program (3+1) diwajibkan bagi seluruh mahasiswa. Menurut saya, program ini sangat bermanfaat karena mahasiswa dapat menekuni bidang impiannya langsung di lapangan. Bidang-bidang yang disediakan sangat bervariasi mulai dari Magang Kerja di Perusahaan, Penelitian, Merintis Perusahaan (Business Start-Up), Pengabdian Sosial, dan Studi ke Luar Negeri. Saya pun memilih kegiatan Internship yang dilaksanakan di salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia yaitu Blibli.com. Dengan adanya kegiatan seperti ini, saya dapat menambah pengalaman bekerja saya dan saya dapat berkesempatan untuk langsung direkrut menjadi karyawan oleh perusahaan.

Berkuliah di jurusan Teknik Informatika telah merubah pola pikir saya dari seseorang yang bidang Kimia menjadi seseorang yang sangat passionate terhadap dunia IT. Saya sangat bersyukur diberi kepercayaan untuk mewakili departemen SoCS dalam mengikuti Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di BINUS University. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada BINUS University, School of Computer Science, SAC, Student Creativity Development Center (SCDC), HIMTI, BNEC, para dosen dan staff, dan tidak lupa teman-teman yang telah membantu saya selama proses perkuliahan baik teman satu kelas, teman satu himpunan mahasiswa maupun unit kegiatan mahasiswa, serta teman-teman lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu.

Semoga ilmu yang saya dapatkan dari BINUS University dapat saya gunakan untuk membantu orang sekitar dan terus berkarya bagi bangsa Indonesia.

Thank you, BINUS University! Thanks for having me!

Jevon Averill
BINUSIAN 2018
Computer Science Study Program
School of Computer Science


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close